Skenario Indonesia Lolos ke Babak Perempat Final AFC U-19 2018

Berita

by redaksi

Skenario Indonesia Lolos ke Babak Perempat Final AFC U-19 2018

Tim Nasional Indonesia saat ini menduduki peringkat tiga klasemen sementara AFC U-19 2018. Kesempatan untuk lolos ke fase gugur masih terbuka karena persaingan yang cukup ketat di grup A ini. Qatar dan Uni Emirat Arab (lawan Indonesia berikutnya (24/10)) adalah dua kesebelasan yang bisa menjegal langkah Indonesia ke fase gugur.

Indonesia baru mengumpulkan tiga poin hasil sekali menang dan sekali kalah. Poin sama diraih Qatar, dengan keunggulan head-to-head (mengalahkan Indonesia dengan skor 6-5). UEA di puncak klasemen dengan poin 6 hasil dua kemenangan.

Walaupun begitu, kemenangan melawan UAE akan memastikan Indonesia lolos ke babak berikutnya, entah itu jadi juara grup (jika Indonesia menang dengan skor lebih tinggi dari Qatar melawan Tionghoa Taipei atau Qatar tak menang lawan Tionghoa Taipei) atau jadi runner-up grup (Indonesia mengalahkan UAE, Qatar mengalahkan Tionghoa Taipei dengan skor yang sama). Tapi jika pun Indonesia imbang, Indonesia masih punya peluang lolos, asalkan Tionghoa Taipei mampu mengalahkan Qatar.

Hitungan head-to-head memang bisa menguntungkan Indonesia jika berhasil mengalahkan UEA. Dalam regulasi AFC U-19, aturan head-to-head antara dua atau lebih kesebelasan dengan poin sama ditentukan hingga selisih gol dan mencetak gol di antara peraih poin sama. Poin, selisih gol, jumlah gol melawan Tionghoa Taipei, menjadi ukuran berikutnya untuk menentukan klasemen dengan adanya kesebelasan yang poinnya sama.

Sebagai contoh, jika Indonesia mengalahkan UEA dengan skor 1-0 dan di saat bersamaan Qatar menang 1-0 melawan Tionghoa Taipei, maka Indonesia, Qatar dan UEA akan punya poin sama, yakni 6 poin. Tapi hasil tersebut akan menempatkan Qatar sebagai pemuncak klasemen dan Indonesia berada di posisi kedua karena keunggulan mencetak gol di antara kesebelasan dengan poin sama. UEA "hanya" menang 2-1 saat mengalahkan Qatar dan kemenangan 8-1 atas Tionghoa Taipei tidak dihitung (lihat kolom ketiga pada grafis di bawah ini).

Lima gol yang dicetak Indonesia ke gawang Qatar memang menjadi modal berharga untuk head-to-head bersama Qatar dan UEA. Tapi lima gol tersebut akan menjadi sia-sia jika nyatanya Indonesia kalah dari UEA, berapapun skor akhir laga antara Qatar melawan Tionghoa Taipei. Saat ini, Indonesia sudah kalah head-to-head menghadapi Qatar karenanya kemenangan akan menjadi cara terbaik bagi Indonesia untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

Jika lolos, Indonesia akan menghadapi dua kesebelasan di antara Jepang, Irak, Korea Utara, dan Thailand di babak perempat final. Menang di perempat final dan mencapai babak semi-final sudah cukup buat skuat asuhan Indra Sjafrie ini untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Polandia pada Mei 2019 mendatang.

Komentar