Ronaldo Diliburkan dari Timnas Portugal Sampai November

Berita

by redaksi

Ronaldo Diliburkan dari Timnas Portugal Sampai November

Cristiano Ronaldo belum menyatakan pensiun dari Tim Nasional. Kegagalan menjuarai Piala Dunia 2018 tak membuatnya patah arang. Tapi untuk pertandingan internasional pada Oktober 2018 melawan Polandia dan Skotlandia, Ronaldo ternyata tak dipilih oleh pelatih Portugal, Fernando Santos.

Santos mengatakan keputusan tak dipanggilnya Ronaldo bukan karena sang pemain yang menolak panggilan Timnas, bukan juga karena Timnas Portugal sudah tak lagi membutuhkan tenaganya. Namun ada alasan yang tak bisa diungkapkan pada publik terkait absennya Ronaldo membela Timnas, bahkan hingga laga internasional November bulan depan.

"Ada sebuah pembicaraan antara sang pemain [Ronaldo], Presiden Federasi [Fernando Gomes] dan saya. Kami sepakat bahwa sang pemain tidak akan dipanggil untuk dua laga internasional, laga ini [Oktober] dan yang berikutnya di November," kata Fernando Santos dikutip dari Independent.

"Dia [Ronaldo] belum ingin pensiun," kata Santos dalam wawancara lain, seperti yang dikutip Football-Italia. "Ronaldo sudah mengatakannya beberapa kali, secara eksplisit, bahwa ia akan selalu bersedia mengenakan seragam Timnas Portugal."

Pernyataan itu diperkuat dengan perkataan Santos lewat cuitan akun Timnas Portugal yang berbunyi: "Di masa depan, tidak akan ada yang bisa menghalangi Cristiano untuk memberikan kontribusinya terhadap Tim Nasional."

Pengumuman absennya Ronaldo untuk Timnas Portugal ini disebut-sebut sebagai konseksuensi masalah pribadi Ronaldo di luar lapangan. Belakangan, Ronaldo dituduh telah melakukan pemerkosaan terhadap seorang perempuan bernama Kathryn Mayorga pada 2009 di Amerika Serikat. Kasusnya tengah diselidiki kepolisian AS saat ini.

Walau begitu, Ronaldo membantah segala tuduhan yang beredar di media, termasuk yang dituduhkan sang korban, Kathryn Mayorga. Bahkan menurut Ronaldo, berita ini muncul karena "sang korban" ingin mencari sensasi dengan memanfaatkan ketenaran Ronaldo. Ia pun akan berusaha membersihkan namanya dari segala tuduhan negatif.

"Saya selalu mendukung para pemain saya. Bagaimana pun, ini bukan pertanyaan solidaritas. Saya percaya apa yang dikatakan pemain saya pada publik, bahwa pemerkosaan adalah tindakan kriminal yang keji, sementara dia pun mengatakan bahwa dirinya tak bersalah. Saya sangat tahu Ronaldo, jadi karena alasan itu, saya percaya sepenuhnya atas apa yang dikatakannya," kata Santos.

Selain Ronaldo, pemain lain yang tidak dipanggil Timnas Portugal adalah pemain senior berusia di atas 30 tahun seperti Ricardo Quaresma, Luis Nani, Joao Moutinho, Bruno Alves, dan Jose Fonte. Hanya Pepe (35 tahun) pemain senior yang masih dipanggil oleh Santos untuk laga melawan Polandia (11/10) dan Skotlandia (14/10) kali ini.

Sebagai gantinya, pemain-pemain muda seperti Andre Silva, Goncalo Guedes, Ruben Neves, Gedson Fernandes, Ruben Dias, dan Helder Costa akan mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi dalam berseragam Timnas Portugal.

Komentar