100 Persen Akurasi Operan Sergio Busquets

Berita

by redaksi

100 Persen Akurasi Operan Sergio Busquets

Barcelona menumbangkan Tottenham Hotspur pada matchday 2 Liga Champions 2018/19 dengan skor 4-2. Pada laga yang digelar di Wembley Stadium itu, Sergio Busquets tidak mencatatkan namanya di papan skor. Tapi bukan berarti 90 menit permainannya (diganti pada menit ke-91) tak berpengaruh. Nyatanya, seperti biasa, ia sangat berpengaruh walau tak banyak orang menyadarinya.

Busquets, menurut catatan WhoScored, berhasil melepaskan 67 operan dari total 681 operan yang dilakukan Barca di markas Spurs itu. Artinya, nyaris 10 persen operan yang dilakukan Barca dilakukan oleh gelandang asal Spanyol tersebut.

Tapi yang paling menjadi perhatian, dari 67 operan yang dilepaskannya, ternyata 67 operan juga yang berhasil mendarat di rekan setimnya. Ya, Busquets mencatatkan 100 persen akurasi operan di atas rumput Wembley. Tak satu pun operannya melenceng atau dipotong lawan.

Statistik operan sebenarnya bisa "menipu". Kualitas operan patut dipertanyakan. Boleh jadi banyak operan akurat karena operan lebih sering dilakukan ke belakang, di mana lawan jarang berusaha membendungnya. Walaupun begitu, operan-operan Busquets bukanlah operan-operan tanpa makna.

Total 41 operan dilakukan Busquets mengarah ke depan. Angka tersebut dapat diartikan bahwa sekitar 61 persen operannya menjadi awal serangan Barcelona. Operan ke depan berarti sebuah upaya untuk memindahkan bola dari zona pertahanan ke zona tengah, atau dari zona tengah ke zona sepertiga akhir.

Lalu di mana operan-operan Busquets terjadi? Ternyata hampir setengahnya dilakukan di area middle third. Catatan dua umpan kunci pun menunjukkan bahwa ia cukup sering berupaya melakukan operan positif (mengarah ke gawang lawan). Pada laga ini, jumlah umpan kunci Busquets hanya kalah dari Lionel Messi (3).

Messi memang tampil luar biasa sepanjang pertandingan. Peluang-peluang Barcelona kerap lahir dari inisiasi serangan yang dilakukan oleh pemain asal Argentina tersebut. Belum lagi dua gol berhasil dicetaknya. Dua kali juga tendangannya membentur tiang. Karenanya Busquets pun memuji Messi setinggi langit."Dia [Messi] membawa kami lebih maju lewat gol, asis dan kemampuan bertahannya. Dia sangat berpengaruh ketika menyerang dan bertahan," katanya seperti yang dikutip laman resmi UEFA.

Selain Messi dan Busquets, satu pemain Barca yang juga memiliki statistik mengesankan adalah Jordi Alba. Berposisi sebagai bek kiri, ia menjadi pemain dengan jumlah operan terbanyak, yakni 99 kali dengan akurasi operan 85%. Hebatnya, bek kiri Timnas Spanyol itu mencetak tiga asis pada laga ini.

Dua gol Messi pada laga ini dilengkapi oleh gol Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic. Sementara itu Spurs hanya mampu membalas lewat gol Harry Kane dan Erik Lamela. Hasil ini membuat Barca meraih poin enam, sama dengan Inter, dan memuncaki klasemen sementara Grup B. Spurs menelan dua kekalahan, belum meraih satu poin bersama PSV Eindhoven.

baca juga: Misteri yang Belum Terpecahkan dari Sosok Sergio Busquets

Komentar