Saat yang Buruk untuk Melawan Valencia

Berita

by redaksi

Saat yang Buruk untuk Melawan Valencia

Meski memiliki kapten Luis Antonio Valencia, Manchester United akan menjamu Luis Antonio Valencia pada pertandingan matchday kedua Liga Champions UEFA pada Rabu (03/10) dini hari WIB. Berarti Valencia bisa berhadapan dengan Valencia.

Pada saat masih menjadi pelatih di La Liga Spanyol bersama Real Madrid, Jose Mourinho enam kali menang dan empat kali imbang melawan Valencia. Ia tidak pernah kalah. Namun Man United bukan Real Madrid, dan mereka sedang dalam performa tak menggembirakan setelah tak berhasil menang dalam tiga pertandingan terakhir. Setan Merah imbang dua kali dan kalah sekali.

Dalam tujuh pertandingan pertama di Liga Primer, United hanya bisa meraih 10 poin. Ini adalah start terburuk Setan Merah sejak 1989/90; sebelum Liga Inggris memiliki nama Premier League.

Berkebalikan dengan United, Valencia baru mulai menang lagi pada pertandingan terakhir mereka melawan Real Sociedad (1-0), meski pada dua pertandingan sebelumnya meraih hasil imbang.

Hal berbeda ditunjukkan pada matchday pertama Liga Champions, di mana Man United menang 3-0 di kandang Ashley Young Boys, sementara Valencia kalah 0-2 dari tamunya, Juventus. Secara keseluruhan, Los Blanquinegros bahkan sudah kalah empat kali di pertandingan Liga Champions terakhir mereka.

Salah satu pemain United, Juan Manuel Mata, adalah mantan pemain Valencia. Ia 129 kali tampil berseragam Valencia dari 2007 hingga 2011; mencetak 33 gol.

"Aku berpikir empat tahun karierku di Valencia lebih sebagai gelar master-ku, karena di situ lah aku belajar seni sepakbola dan mendapatkan perspektif berharga soal kehidupan," kata Mata, dikutip dari tulisannya di The Players` Tribune.

Sementara itu pemain Spanyol lainnya, Ander Herrera, dipastikan tak bisa bermain. "Selain Marcos Rojo, sekarang ada Ander Herrera, Ashley Young, dan Jesse Lingard yang tak bisa bermain," kata Mourinho pada jumpa pers sebelum pertandingan. Valencia adalah lawan yang familier bagi Herrera. Selama sembilan pertandingan melawan Valencia bersama Real Zaragoza dan Athletic Bilbao, Herrera sudah dikartumerah dua kali.

Saat ini hanya ada satu pemain Man United yang pernah bermain di Valencia, yaitu Andreas Pereira yang musim lalu dipinjamkan ke sana.

Tidak ada pemain Valencia yang pernah bermain bagi Man United. Meski begitu Eric Bertrand Baily pernah bermain di bawah asuhan Pelatih Valencia saat ini, Marcelino García Toral, saat mereka masih di Villarreal.

Terakhir kali kedua kesebelasan bertemu adalah pada pertandingan persahabatan musim panas 2014. Saat itu United menang 2-1. Jika melihat Liga Champions saja, keduanya terakhir kali bertemu pada 2010: United menang 1-0 di Mestalla dan imbang 1-1 di Old Trafford.

Melihat United yang sedang dalam performa buruk, Valencia bisa berharap meraih kemenangan. Masalahnya United hanya mampu menang dua kali dalam 13 pertandingan terakhir mereka melawan kesebelasan asal Spanyol. Terakhir kali mereka bertemu kesebelasan Spanyol adalah saat Setan Merah disingkirkan di babak 16 besar Liga Champions musim lalu.

Di saat Valencia berharap United masih dalam performa buruk, United juga berharap mereka bisa mendapatkan titik balik pada pertandingan di Old Trafford nanti.

Meski Mourinho menyatakan jika hanya ada beberapa pemain yang benar-benar peduli kepada performa buruk United, Nemanja Matic membantahnya pada konferensi pers: "Aku tak percaya ada beberapa pemain yang masuk ke lapangan dengan tak ingin memberikan yang terbaik."

[dex]

Komentar