Ronaldo Lebih Sering Mendapat Kartu Merah Langsung

Berita

by redaksi

Ronaldo Lebih Sering Mendapat Kartu Merah Langsung

Sebuah insiden di Estadio Mestalla, Kamis (20/09) dini hari WIB, menghasilkan kartu merah ke-11 dalam karier Cristiano Ronaldo. Oleh wasit pertandingan, Felix Brych, CR7 dianggap dengan sengaja "menyentuh" kepala bek Valencia, Jeison Murillo, secara agresif. Kartu merah itu pun menambah panjang daftar kartu merah langsung Ronaldo.

Sebelum melawan Valencia, Ronaldo mengoleksi 10 kartu merah dari 762 kali bertanding. Artinya, kemungkinan Ronaldo mendapatkan kartu merah pada sebuah pertandingan hanya sekitar 1,3%. Namun sepakbola bukan matematika. Kartu merah ke-11 Ronaldo terjadi pada laga Liga Champions perdananya bersama Juventus.

Menariknya, dari 11 kartu merah Ronaldo, ia lebih sering mendapatkan kartu merah langsung ketimbang kartu merah hasil dua kali kartu kuning. Kartu merah pada laga yang dimenangi Juventus dengan skor 2-0 itu merupakan kartu merah langsung ke-7 Ronaldo. Cuma empat kali Ronaldo mendapatkan kartu merah setelah dihadiahi dua kartu kuning.

Kartu merah pertama dalam karier Ronaldo terjadi ketika ia menjalani pertandingan terakhir musim perdananya bersama Manchester United. Melawan Aston Villa pada 15 Mei 2004, Ronaldo mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-75, melengkapi kartu kuning pertama pada menit ke-38.

Sementara itu kartu merah langsung perdana Ronaldo merupakan kartu merah kedua dalam kariernya. Pada musim 2005/06, bertandang ke City of Manchester Stadium markas Manchester City, pemain Timnas Portugal itu diusir wasit usai mengangkat kaki terlalu tinggi dengan sengaja. Ronaldo saat itu seolah membalas tekel yang beberapa detik sebelumnya mendarat ke kakinya namun tak diganjar pelanggaran oleh wasit.

Di laga melawan Portsmouth setahun berselang kartu merah langsung kembali diberikan pada Ronaldo. Kali ini ia dihukum meninggalkan lapangan setelah menanduk salah satu pemain Portsmouth.

Kartu merah melawan Manchester City pada 2008 merupakan kartu merah terakhirnya di United. Walaupun begitu, dua kartu kuning yang diterima Ronaldo pada menit ke-68 tak memengaruhi hasil akhir pertandingan di mana United menang 1-0 lewat gol spektakuler Wayne Rooney.

Ternyata tidak hanya di Juventus dan Manchester United. Di Real Madrid pun Ronaldo mendapatkan kartu merah pada musim perdananya. Bersama Los Galacticos, Ronaldo diganjar kartu merah pertamanya pada laga melawan Almeria. Sebelum diusir wasit pada menit ke-88, drama terjadi pada Ronaldo. Ia gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-82, kemudian mencetak gol pada menit ke-84 dan dirayakan dengan membuka seragamnya sehingga membuahkan kartu kuning pertama, akhirnya kartu kuning kedua membuatnya terusir dari pertandingan tiga menit berselang.

Kartu merah langsung pertama Ronaldo bersama Real Madrid didapat pada final Copa del Rey 2013 melawan Atletico Madrid. Pada babak tambahan, Ronaldo secara agresif berusaha menendang wajah Gabi ketika kapten Atletico itu menjatuhkannya. Real Madrid kalah 1-2 di akhir laga.

Setahun berselang, kartu merah langsung kembali didapatkan Ronaldo setelah ia "mencakar" kapten Athletic Bilbao, Carlos Gurpegui, yang merasa Ronaldo tidak seharusnya meminta penalti. Aksi Ronaldo itu berbuah larangan tiga kali bertanding di La Liga.

Tapi kartu merah langsung Ronaldo yang paling ikonik terjadi pada musim 2014/15. Ia "memukul" bek Cordoba yang mencengkeramnya dengan erat dalam sebuah perebutan bola. Setelah mendapatkan kartu merah langsung, pemain yang kini berusia 33 tahun itu berjalan keluar lapangan sambil "memamerkan" badge emas pada seragam Real Madrid yang merupakan tanda Real Madrid baru saja menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Ronaldo dengan santai keluar lapangan sambil menunjukkan badge emas pada jersey Real Madrid

***

Kartu merah Ronaldo pada laga melawan Valencia pun membuatnya terancam tak bisa tampil untuk beberapa laga. Dari kartu merah-kartu merah yang pernah ia dapatkan, hanya sekali ia dihukum larangan sekali bermain karena kartu merah. Ronaldo kerap mendapatkan larangan bertanding tiga hingga empat pertandingan karena kartu merahnya itu.

baca juga: Rekam Jejak Felix Brych, Wasit Final Liga Champions 2017

Kali ini, Ronaldo bisa saja absen hingga tiga laga jika ia terbukti bersalah melakukan tindakan tidak sportif pada Murillo. Namun kartu merahnya itu dipastikan membuatnya absen pada laga Liga Champions berikutnya, di mana Juventus dijadwalkan menghadapi Young Boys pada matchday kedua. Tapi jika Ronaldo absen hingga tiga pertandingan, itu artinya ia dipastikan tidak bisa diturunkan saat Juventus melawan mantan kesebelasan yang membesarkannya, Manchester United, baik saat bermain di Old Trafford pada matchday ketiga atau di Allianz Stadium pada matchday keempat.

Komentar