Penerus Lewandowski Ada di Genoa

Berita

by redaksi

Penerus Lewandowski Ada di Genoa

Robert Lewandowski memang masih berusia 30 tahun. Dia masih bisa berkompetisi di level tertinggi tiga atau empat tahun ke depan. Tapi sang istri, Anna Lewandowska, belum lama ini mengatakan bahwa sang suami berencana mengakhiri kariernya di Major League Soccer alias sepakbola Amerika Serikat, cepat atau lambat.

Namun publik Polandia tak perlu khawatir akan kehilangan penyerang terbaiknya itu. Beberapa pemain muda sudah siap meneruskan jejaknya sebagai juru gedor Timnas Polandia. Sebelumnya nama Arkadiusz Milik mencuri perhatian sampai namanya kembali meredup karena cedera lutut. Kini ada bintang baru Polandia yang siap memamerkan kehebatannya dalam mencetak gol: Krzysztof Piatek.

Piatek langsung menunjukkan ketajamannya di liga top Eropa musim 2018/19 ini. Dibeli kesebelasan Serie A Italia, Genoa, seharga 4,5 juta euro dari Cracovia, ia langsung menjadi lumbung gol tim. Dari tiga laga Serie A, empat gol sudah dicetaknya. Saat artikel ini ditulis, ia baru saja mencetak gol tunggal pembawa kemenangan Genoa atas Bologna (17/9).

Pelatih Genoa, Davide Ballardini, langsung terkesima dengan kemampuan pemain anyarnya itu sejak pertama kali datang. Bahkan pelatih berusia 54 tahun itu langsung khawatir bakal kehilangannya dalam waktu dekat karena ia berpotensi dilirik kesebelasan-kesebelasan besar.

"Saya agak takut membicarakan Piatek," ujar Ballardini setelah Piatek mencetak gol ke gawang Empoli pada debutnya di Serie A. "Itu akan membuatnya terbebani. Dia benar-benar paket komplit. Saya rasa dia akan menjadi pemain penting. Tapi saya hanya akan berbisik saja tentangnya."

Sebenarnya, Piatek sempat diincar Barcelona juga pada bursa transfer musim panas ini. Hal itu sempat membuat presiden Genoa, Enrico Preziosi, sempat khawatir tidak akan bisa mendatangkannya. Beruntung baginya Barca urung mendatangkan Piatek dan Genoa bisa mendapatkan pemain kelahiran Dzierdzoniow itu dengan harga murah.

"Saya pergi untuk melihatnya langsung setelah menyaksikan cuplikan videonya," tutur Preziosi pada Corriere dello Sport. "Saya melihat beberapa tayangannya, di hari yang sama saya langsung menyelesaikan kesepakatan untuknya karena takut orang lain akan memboyongnya. Saya membayar 4,5 juta euro, tapi kalian akan lihat kelayakan nilainya dalam beberapa tahun ke depan."

Usia Piatek yang masih 23 tahun membuat kualitasnya masih bisa terus berkembang. Piatek datang dari Cracovia dengan catatan 21 gol dari 36 pertandingan Ekstraklaksa (divisi teratas Polandia). Musim lalu, torehan golnya itu merupakan yang terbanyak di antara pemain Polandia dan hanya kalah dari dua pemain asing, Carlitos (25 gol) dan Igor Angulo (24 gol). Cracovia sendiri mengakhiri musim di peringkat kesembilan.

Gol seolah menjadi sobat karib Piatek sejak musim lalu. Di laga terakhirnya untuk Cracovia, ia mencetak satu gol. Hijrah ke Genoa, ia langsung mencetak gol resmi pertamanya tujuh detik setelah sepak mula babak pertama pada ajang Coppa Italia melawan Lecce. Di laga debutnya itu, ia bahkan memborong semua gol kemenangan 4-0 Genoa.

Pundi-pundi gol Piatek berlanjut ke laga Serie A saat menghadapi Empoli, Sassuolo (dua gol) dan terakhir Bologna. Penampilan impresifnya itu langsung diganjar debut di Timnas Polandia melawan Republik Irlandia pada awal September lalu. Pemain bertinggi 183 cm ini pun mulai disebut-sebut sebagai "Lewandowski Baru" karena postur, perawakan, dan gaya bermainnya tak jauh berbeda dengan sang kapten Timnas Polandia tersebut.

Komentar