Dominasi Pemain Real Madrid di Skuat Spanyol

Berita

by Redaksi 16

Redaksi 16

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Dominasi Pemain Real Madrid di Skuat Spanyol

Kegagalan di perhelatan Piala Dunia 2018 membuat Timnas Spanyol berbenah. Carut-marut ketika harus mengganti Julen Lopetegui dengan Fernando Hierro ketiga gelaran tersebut dimulai akan coba dilupakan oleh Spanyol.

Luis Enrique kini ditunjuk menjadi penerus dari tonggak kepelatihan La Furia Roja untuk memulai perubahan tersebut. Kapabilitas dirinya bersama Barcelona menjadi pertimbangan. Raihan trigelar pada 2014/15 bersama Blaugrana menjadi salah satu prestasi yang dianggap pantas bagi dirinya menukangi Spanyol.

Namun meski keberhasilan yang diraih bersama Barcelona, Enrique kini lebih mengandalkan pemain-pemain Real Madrid untuk mengisi skuat. Bahkan line-up utama diisi oleh para pemain yang memperkuat Los Blancos. Pada jeda internasional September 2018 ini, tercatat ada enam pemain yang dipanggil oleh Enrique yang berasal dari Real Madrid. Mereka adalah Nacho, Sergio Ramos, Dani Carvajal, Dani Ceballos, Isco, serta Marco Asensio.

Bahkan Enrique hanya memanggil dua pemain yang berasal dari Barcelona. Sergi Roberto dan Sergio Busquets menjadi pemain yang memperkuat Spanyol pada pertandingan melawan Inggris dan Kroasia.

Pelatih yang pernah memperkuat Madrid dan Barcelona ketika masih aktif bermain itu memang tidak mempermasalahkan asal klub dari para pemain yang dipanggil. Rivalitas kedua klub itu tidak dihiraukan sama sekali oleh Enrique ketika menentukan komposisi skuat bagi Spanyol.

“Mereka adalah pemain Spanyol dan itulah keadaannya. Asal [klub] mereka dari Madrid dan itu sepertinya bagus. Tapi saya hanya melihat jersi Spanyol [ketika bermain],” ucap Enrique, dikutip dari ESPN.

Jordi Alba menjadi salah satu pemain yang tidak ikut dipanggil oleh Enrique. Sejak melakukan debut pada 2011, ia menjadi pemain yang sering dipanggil untuk memperkuat sisi kiri pertahanan. Bahkan ia merupakan bagian dari Spanyol ketika berlaga pada Piala Dunia 2018 yang digelar di Russia.

Kini Alba digantikan oleh Jose Gaya dan Marcos Alonso. Mengejutkan memang, mengingat performa apik yang diperlihatkan oleh Alba baik ketika berseragam Barcelona maupun Spanyol.

“Tentu saja, keputusan [tidak mengikutsertakan] mengejutkan saya. Hal tersebut bukan sesuatu yang saya harapkan,” ucap Alba, dikutip dari Goal.

Pemanggilan mayoritas para pemain Madrid tersebut memang beralasan. Perlahan kini Blaugrana mulai menggunakan para pemain asing dalam susunan utama mereka. Berbanding terbalik dengan Los Blancos yang menggunakan para pemain Spanyol dalam tim inti.

Meski begitu, Spanyol tetap mampu mengeluarkan permainan terbaik dan meraih kemenangan. Para pemain Madrid menampilkan performa yang patut mendapatkan pujian. Inggris pun berhasil ditumbangkan dengan skor 2-1. Pada laga persahabatan itu, hanya Ceballos yang tidak dimainkan oleh Enrique.

Bahkan menghadapi Kroasia yang merupakan finalis Piala Dunia 2018, Spanyol berhasil memenangi pertandingan dengan skor 6-0. Gelontoran enam gol berhasil diciptakan pada laga UEFA Nations League tersebut, tiga di antaranya berasal dari pemain Madrid. Asensio sendiri menjadi bintang permainan pada laga itu. Ia berhasil menciptakan 1 gol serta 3 asis bagi kemenangan Spanyol.

Keputusan Enrique untuk memanggil para pemain yang lebih banyak berasal dari Madrid memang mendapatkan hasil yang maksimal. Meski dirinya pernah menjadi Pelatih Barcelona, ia tetap mengedepankan kebutuhan tim dibandingkan dengan kedekatan secara personal.

foto: managingmadrid.com

Komentar