Wales Menang di Debut Kompetitif Giggs

Berita

by Redaksi 16

Redaksi 16

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Wales Menang di Debut Kompetitif Giggs

Menghadapi Irlandia pada laga UEFA Nations League, Wales memenangi pertandingan dengan skor 4-1. Masing-masing gol Wales dicetak Tom Lawrence (6’), Gareth Bale (18’), Aaron Ramsey (37’), dan Connor Roberts (55’). Irlandia hanya mampu membalas lewat gol Shaun Williams (66’). Ryan Giggs, yang diangkat menjadi Kepala Pelatih Tim Nasional Wales pada 15 Januari 2018, menjalani debut kompetitifnya di pertandingan tersebut.

The Dragons menunjukkan performa mengesankan. Statistik menunjukkan Wales menguasai jalannya pertandingan, dengan 67% penguasaan bola. Wales juga melepas 18 tembakan, dengan 8 di antaranya tepat sasaran.

“Pujian [harus] diberikan kepada kami sendiri, tidak banyak tim yang bisa bermain [baik] seperti kami malam ini. Saya pikir kami telah memberikan sebuah permainan kepada semuanya,” ujar Giggs, dikutip dari The Guardian.

Pada pertandingan yang digelar di Cardiff City Stadium itu, Giggs banyak menurunkan pemain berusia muda. Ia memainkan David Brooks (21), Connor Roberts (22), Chris Mepham (20), Tyler Roberts (19), Matthew Smith (18), serta Ethan Ampadu (17).

Ampadu sendiri menjadi pemain muda yang paling menonjol pada pertandingan ini. Meski menjadi pemain yang paling muda dalam skuat Wales, ia memperlihatkan kematangan sebagai pemain dan menunjukkan performa yang apik.

Satu asis berhasil dicetak Ampadu, untuk gol Ramsey. Selain itu, ia menunjukkan kualitas dalam membantu pertahanan. Tercatat, ia melakukan 4 tekel, 2 intersep, serta 2 sapuan bola. Performa yang ditunjukkan dirinya menjadi salah satu kunci kemenangan Wales.

“Ethan merupakan pemain yang bertalenta. Bukan hanya sekedar itu, sebagai pribadi, dirinya sangat seimbang dan dewasa untuk ukuran pemain muda. Ia akan menjadi pemain penting,” tutur Giggs, dikutip dari BBC.

Setelah pertandingan melawan Irlandia ini, mereka akan bertandang ke Denmark untuk melanjutkan perjalanan di Grup 4 UEFA Nations League B. Meski berhasil meraih 3 poin pada pertandingan awal, Giggs melihat bahwa permainan Wales belum sempurna. Melawan Denmark akan menjadi pembuktian dari kualitas mereka.

“Akan tetapi [Wales] harus menjadi lebih baik, kamu harus berkembang. Ada banyak hal yang bisa diperbaiki. Kami akan memperbaikinya dalam beberapa hari ke depan,” ucap Giggs.

Komentar