Grup UEFA Nations League A 2018/19

Berita

by redaksi

Grup UEFA Nations League A 2018/19

Timnas-timnas kesebelasan Eropa kini punya kompetisi baru. Mulai September 2018, sebanyak 55 negara Eropa akan berkompetisi pada turnamen UEFA Nations League alias Liga Negara Eropa. Ke-55 kesebelasan tersebut dibagi ke dalam empat divisi yang nantinya akan menentukan promosi dan degradasi seperti liga pada umumnya.

Untuk musim perdana, pembagian grup ditentukan oleh nilai koefisien masing-masing negara. Namun musim berikutnya, di liga mana sebuah kesebelasan akan bermain ditentukan dari hasil UEFA Nations League musim ini.

UEFA Nations League A diisii oleh 12 negara dengan nilai koefisien tertinggi. League B diisi oleh negara dengan nilai koefisien tertinggi dari ke-13 hingga 24. Sementara itu League C diisi oleh 15 negara, League D diisi oleh 16 negara.


Setiap liga akan dibagi ke empat grup berbeda. Untuk League A dan League B setiap grupnya diisi oleh tiga negara. Untuk League C dan League D terdapat grup yang berisi empat negara. Kecuali League D, nantinya, negara yang menempati juru kunci di masing-masing grup akan terdegradasi ke divisi yang lebih rendah.

Untuk League A, masing-masing juara grup akan langsung bertemu di semi-final yang berlangsung dua leg sampai akhirnya mempertemukan dua negara terbaik yang berlaga di final. Untuk League B, C dan D, mereka hanya perlu menjuarai masing-masing grup untuk promosi ke divisi atasnya.

Karena masih berdasarkan nilai koefisien, League A musim 2018/19 mempertemukan negara-negara besar. Karena masih memakai nilai koefisien pada akhir 2017, 12 negara yang berlaga di League A adalah: Jerman, Portugal, Belgia, Spanyol, Perancis, Inggris, Swiss, Italia, Polandia, Islandia, Kroasia, dan Belanda. Pembagian grupnya seperti ini:

Grup 1: Jerman, Perancis, Belanda

Grup 2: Belgia, Swiss, Islandia

Grup 3: Portugal, Italia, Polandia

Grup 4: Spanyol, Inggris, Kroasia

Pada masing-masing grup, ketiga kesebelasan akan saling bertemu dengan menjalani laga kandang-tandang. Empat laga itulah yang akan menentukan nasib setiap kesebelasan: lolos ke fase gugur dan tetap di League A atau terdegradasi.

Untuk tanggal pertandingan sendiri adalah sebagai berikut:

BabakPekanTanggal
Fase LigaMatchday 16–8 September 2018
Matchday 29–11 September 2018
Matchday 311–13 Oktober 2018
Matchday 414–16 Oktober 2018
Matchday 515–17 November 2018
Matchday 618–20 November 2018
FinalSemi-final5–6 Juni 2019
Perebutan ketiga9 June 2019
Final

Laga semi-final, perebutan ketiga, dan final akan berlangsung satu leg. Tuan rumah penyelenggara laga fase gugur ini baru akan ditentukan pada Desember 2018 mendatang berdasarkan bidding. Namun pada Maret 2018, hanya ada tiga negara yang siap menjadi tuan rumah, yaitu Portugal, Italia dan Polandia. Karena ketiganya berada di grup yang sama, akhirnya juara grup 3-lah yang akan dipilih sebagai tuan rumah fase gugur.

Baca juga: Segala Hal yang Harus Diketahui Tentang UEFA Nations League

Komentar