Liverpool Rekrut Pelatih Lemparan ke Dalam

Berita

by Redaksi 16

Redaksi 16

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Liverpool Rekrut Pelatih Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam, atau throw-in, pasti dilakukan setiap kesebelasan. Meski terkesan sepele, lemparan ke dalam dapat menentukan hasil pertandingan. Berhasil, maka lemparan ke dalam bisa menjadi gol. Gagal, maka bola menjadi milik lawan.

Menyadari pentingnya lemparan ke dalam, Liverpool baru-baru ini mempekerjakan seorang pelatih khusus lemparan ke dalam. Namanya Thomas Gronnemark.

Dikutip dari laman resmi klub, Gronnemark akan terlebih dulu ditugaskan di akademi. Jika terbukti berhasil, pria berkebangsaan Denmark itu akan melatih pemain-pemain tim utama.

Sebelumnya, Gronnemark sempat bergabung dengan beberapa klub Denmark. Di antaranya Viborg, AC Horsen, dan FC Midtjylland. Bersama nama terakhir Gronnemark mampu menunjukkan kesuksesan dalam menerapkan strategi lemparan ke dalam yang efektif.

Dari 80 gol yang dicetak Midtjylland di musim 2017/18, 10 di antaranya berasal dari lemparan ke dalam. Midtjylland menjuarai Superliga Denmark musim itu.

“Midtjylland menunjukkan bahwa lemparan jauh bisa menjadi senjata, jika kamu melakukannya dengan teknik yang benar, presisi dan kesadaran akan taktik,” ucap Gronnemark, dikutip dari Sky Sports.

Pelatih berusia 42 tahun tersebut menekankan bahwa lemparan yang dilakukan harus mendatar. Bukan hanya untuk mempertahankan penguasaan bola, melainkan juga menciptakan peluang mencetak gol.

“Sangat penting untuk melakukan lemparan yang datar, karena jika itu terlalu tinggi maka terlalu mudah untuk direbut [lawan],” tutur Gronnemark. “Jika kamu bisa melakukan lemparan [ke dalam] panjang yang presisi dan datar, juga diikuti dengan aspek taktik, maka lebih mudah untuk mencetak gol."

Selain pelbagai keberhasilan Gronnemark dengan tim yang ia latih dalam hal lemparan ke dalam, ia juga sempat memecahkan rekor dunia. Guinness World Record mencatat lemparan ke dalam terjauh sepanjang 51,33 meter yang dilakukan oleh dirinya. Menarik tentunya untuk bisa melihat apa yang bisa dilakukan Gronnemark dalam melatih skuat Liverpool untuk melakukan lemparan ke dalam yang tidak hanya sekadar mengumpan, tapi juga berbuah gol.

Komentar