Panggung Phil Foden

Berita

by redaksi

Panggung Phil Foden

Manchester City berhasil mengawali musim 2018/19 dengan gelar juara. Menghadapi Chelsea pada Community Shield, City menang 2-0. Dua gol Sergio Aguero menjadi penentu kemenangan duel antara juara Liga Primer Inggris melawan juara Piala FA tersebut.

Tak hanya Aguero. Terdapat satu pemain City lain yang menjadi pusat perhatian. Ia adalah Phil Foden.

Foden tampil sejak menit pertama. Mengisi lini tengah City, ia bertandem dengan Bernardo Silva di depan Fernandinho dalam skema 4-3-3.

Pemain berusia 18 tahun tersebut kemudian terlibat dalam proses terciptanya gol pertama City. Pergerakannya di depan kotak penalti dituntaskan dengan operan pendek pada Aguero yang tak terkawal.

Foden bermain hingga menit ke-76, sebelum akhirnya digantikan Brahim Diaz. Saat itulah Foden mendapatkan aplaus berdiri. Foden membuat para pendukung City "melupakan" sosok Jorginho sejenak. Di laga ini, Jorginho terus mendapatkan teriakan dari para pendukung City yang kecewa karena ia lebih memilih Chelsea.

Usai laga, manajer City, Pep Guardiola, memuji Foden yang seolah mendapat panggungnya pada laga ini. Dapat dipastikan bahwa gelandang kelahiran Stockport tersebut akan tetap bersama skuat utama musim ini. "Ya, dia akan bermain di liga musim ini. Ia sudah melakukannya musim lalu dan berlatih bersama kami sepanjang musim. Bagus buat kami punya pemain seorang fans Manchester City, Mancunian, dengan talenta seperti dia," kata Pep usai laga.

Foden tercatat sudah lima kali bermain di Liga Primer. Tidak hanya itu, ia juga sudah bermain tiga kali di Liga Champions. Tambahan dua laga di Piala Liga, total 10 laga ia mainkan pada musim lalu.

Pujian Pep pada Foden bukan hanya pada laga ini saja. Sejak musim lalu, Pep sudah menyukai dan percaya pada kemampuan Foden.

"Sebenarnya berbahaya untuk memuji pemain muda karena mereka, ya, masih muda. Mereka masih harus tumbuh dan belajar banyak hal. Tapi kami percaya bisa membantu perkembangannya, karena kami percaya dia (Foden) punya potensi. Meski ia tidak kuat dan tidak tinggi, ia punya potensi yang bisa dimaksimalkan. Itulah yang sedang kami kerjakan," kata Pep seperti yang dikutip Goal.

Musim lalu, Foden menjadi bagian skuat Timnas Inggris U17 yang menjuarai Piala Dunia U17 bersama pemain muda Inggris lain seperti Callum Hudson-Odoi (Chelsea), Rhian Bhewster (Liverpool), Morgan Ghibs-White (Wolves) dan Jodan Sancho. Di laga final ia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 Inggris atas Spanyol. Ia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik turnamen.

Sebelum itu, Foden juga mengantarkan Inggris ke Final Piala Eropa U17. Namun kalah lewat adu penalti oleh Spanyol.

Akan tetapi melihat skuat City musim ini, Foden tetap harus bersabar untuk bisa menembus skuat utama. Kesempatannya bermain di laga Community Shield pun karena pemain seperti Kevin De Bruyne dan David Silva belum bergabung dengan tim. Ilkay Guendogan juga belum fit, baru masuk pada babak kedua.

Lagipula dengan usianya yang masih 18 tahun, tentu masih banyak waktu bagi Foden menentukan nasib di skuat City. Yang jelas, seperti kata Pep, ia masih perlu banyak belajar untuk bisa tampil lebih matang dan mencapai kemampuan terbaiknya.

[ar]

Komentar