Bernard: Gratis, Muda, dan Berkualitas

Berita

by redaksi

Bernard: Gratis, Muda, dan Berkualitas

Pemain gratisan atau pemain yang kontraknya baru habis di kesebelasannya terdahulu namun belum menemukan klub baru bisa jadi alternatif pembelian sebuah kesebelasan yang masih kesulitan mendapatkan pemain incarannya. Dari sekian banyak pemain free transfer, ada satu nama yang cukup berkualitas; Bernard Duarte.

Meski namanya kurang familiar, Bernard adalah andalan Shakhtar Donetsk dalam lima musim terakhir. Shakthar pun sebenarnya tak mau begitu saja melepas pemain yang telah mempersembahkan sembilan gelar juara. Tapi konflik dalam negeri yang terjadi di Ukraina membuat Bernard bulat meninggalkan Shakhtar di akhir kontraknya, yakni 30 Juni 2018.

"Demonstrasi terjadi di pusat kota, depan alun-alun. Kedua orang tua dan sepupu saya tinggal di sini bersama saya. Saya sudah berbicara ke Kedutaan Brasil sebelum semuanya semakin buruk agar kami bisa meninggalkan Ukraina secepatnya. Anda tidak bisa diam saja di situasi seperti ini. Saya punya kekhawatiran tapi sekarang semuanya saya serahkan pada Tuhan," kata Bernard pada 2014 dinukil dari Samba Foot.

Saat itu, Bernard bersama sejumlah lima pemain Brasil lainnya, salah satunya Fred yang baru hijrah ke Manchester United, sempat enggan kembali ke Ukraina jelang musim baru dimulai. Namun karena ancaman dari pihak klub, akhirnya ia dan rekan-rekannya terpaksa kembali membela Shakthar.

Di antara rekannya yang lain, tinggal Bernard yang belum hijrah ke kesebelasan besar. Douglas Costa, Alex Teixeira, dan Fred sudah berada di kesebelasan besar saat ini. Alasannya Shakhtar ingin mendapatkan penjualan yang mahal dari pemain sayap kidal tersebut.

"Saya punya impian untuk bermain di kesebelasan besar, tapi saya di sini baru tujuh bulan. Saya investasi besar buat klub, dan presiden klub tidak mau melepas saya," katanya lagi.

Bernard bergabung dengan Shakhtar pada 2013 ketika usianya masih 21 tahun. Shakhtar memang mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendatangkannya, 25 juta euro. Tak heran Shakhtar mencari kesebelasan yang siap membayar lebih tinggi atau setidaknya mendekati harga Bernard saat dibeli.

Sekarang kontraknya di Shakhtar telah habis dan ia masih mencari kesebelasan. Sebenarnya usianya yang masih 25 tahun membuat ia mendapat banyak tawaran. Tapi ia ingin bermain untuk kesebelasan besar.

AC Milan dan Chelsea disebut-sebut sudah menjajaki Bernard. Namun hingga artikel ini ditulis, Bernard masih belum terikat kesebelasan mana pun. Milan lebih disibukkan dengan perekrutan Gonzalo Higuain dan Mattia Caldara, sementara Chelsea masih belum bergerak di bursa transfer.

Selain Bernard, masih banyak lagi pemain berkualitas yang belum punya kesebelasan. Beberapa di antaranya adalah Samir Nasri, Hatem Ben Arfa, Yaya Toure, Roberth Huth, Miguel Veloso, Glen Johnson, Alessio Cerci, dan Adam Maher. Tapi di antara nama-nama tersebut, mayoritas sudah dimakan usia, tidak ada yang lebih berpotensi dan berkualitas dari Bernard yang sudah mencatatkan 14 caps di Timnas Brasil.

Komentar