Skuat Seadanya di Awal Musim Liga Primer 2018/19

Berita

by redaksi

Skuat Seadanya di Awal Musim Liga Primer 2018/19

Sepak mula Liga Primer Inggris 2018/19 tinggal menghitung hari. Dibanding liga top Eropa lain, Liga Inggris memang memulai liga lebih cepat. Per 10 Agustus mendatang (11 Agustus dini hari), laga antara Manchester United melawan Leicester City akan menjadi penanda dimulainya Liga Primer. Hanya Ligue 1 Perancis yang juga memulai liga di hari yang sama.

Tapi bagi kesebelasan top Liga Primer, sepal mula lebih cepat tersebut bisa jadi petaka di awal musim. Pasalnya, sejumlah pemain andalan mereka belum kembali dari liburan, khususnya para pemain yang berlaga di Piala Dunia 2018.

Manchester City bisa dikatakan jadi kesebelasan yang paling tidak siap menghadapi musim baru. Skuat asuhan Pep Guardiola tersebut menjalani laga pra-musim dengan tidak diperkuat hampir 75% pemain utama. Celakanya lagi, para pemain utama City belum kembali padahal City harus menjalani pertandingan Community Shield melawan Chelsea pada Minggu (5/8) mendatang.

"Kami butuh pemain untuk bermain di laga itu (menghadapi Chelsea) tapi mereka belum kembali bermain dengan pemain yang sudah ada di sini. Jadi seperti yang saya katakan sebelumnya, ini bukan situasi yang ideal untuk pelatih mana pun, bukan untuk saya saja," kata Pep pada Sabtu (30/8).

Sepanjang pra-musim, City hanya diperkuat oleh empat pemain tim senior. Mereka adalah Aymeric Laporte, Riyad Mahrez, Benjamin Mendy, dan Leroy Sane. Kecuali Mendy, ketiga pemain tersebut memang tidak turut serta di Piala Dunia 2018. Walau begitu, Pep tidak ingin hal itu jadi alasan City untuk tidak tampil maksimal melawan Chelsea.

"Saya belajar sejak kecil, di akademi Barcelona, jangan banyak mencari alasan," kata Pep pada ESPN. "Kami senang meski kehilangan 16 pemain utama karena dipanggil Tim Nasional. Tapi itu bagus buat tim. Kami akan beradaptasi, sesederhana itu. Kita lihat berapa pemain yang siap melawan Chelsea dan seperti apa kondisi mereka nanti."

Rival Pep yang juga manajer Manchester United, Jose Mourinho, sama-sama merajuk dengan situasi pra-musim saat ini. Ia juga khawatir karena belum bisa berlatih dengan semua pemainnya.

Baca juga: Balada Musim Ketiga Mourinho

"(Nemanja) Matic, (David) De Gea and Fred baru datang pekan depan, tapi saya tetap belum diperkuat semua pemain saya," kata Mourinho pada Sky Sports pada 18 Juli. "Saya khawatir bukan karena akan melawan Liverpool, Real Madrid, atau AC Milan [di ICC], tapi saya khawatir karena saya tidak berlatih dengan semua pemain saya. Ini hanya bagus buat Luke Shaw dan Eric Bailly (keduanya baru sembuh dari cedera) dan Andres Pereira yang baru kembali dari masa pinjaman."

Sepekan berikutnya, Mourinho masih tidak senang dengan situasi yang dihadapinya pada pra-musim kali ini. Akhirnya bukan memantapkan strategi untuk musim baru, ia hanya menjalani pertandingan pra-musim agar timnya tidak menderita kekalahan.

"Kami di sini bermain bukan untuk meningkatkan kualitas, dinamika, atau kebiasaan kami. Kami bermain hanya berusaha bertahan dan tidak mendapatkan hasil yang buruk. Alexis [Sanchez] jadi satu-satunya pemain depan yang kami miliki. Kami tidak punya pemain sayap, tidak punya penyerang. Ini bukan tim kami, ini bukan skuat kami, bahkan tidak ada 30% skuat kami musim depan," ujar Mou usai United kalah dari Liverpool.

Manajer anyar Chelsea, Maurizio Sarri, juga belum bisa melatih tim dengan kekuatan penuh. Sejak konferensi pers pertamanya, ia sudah menyadari bahwa menangani Chelsea akan menjadi hal yang sulit di awal musim karena ia harus membuat tim barunya ini bisa memainkan sepakbola yang ia inginkan dalam waktu singkat.

"Cara saya bermain berbeda dengan cara Antonio Conte, jadi akan butuh waktu. Banyak pemain yang masih harus kembali dari [libur usai] Piala Dunia. Yang paling penting adalah bagaimana menerapkan sebuah filosofi sepakbola dalam waktu yang singkat," kata mantan pelatih Napoli tersebut.

Andreas Christensen jadi pemain teranyar yang baru bergabung dengan tim (28/8). Willian masih belum bergabung karena masalah paspor. Sementara itu Eden Hazard, Thibaut Courtois, Oliver Giroud, dan N`Golo Kante masih belum bergabung. Ini menjadi perhatian gelandang Chelsea, Cesc Fabregas.

"Kami perlu belajar lagi. Sudah dua tahun kami bermain dengan sistem bermain Antonio Conte, di sistem 5-4-1 atau 3-5-2, tergantung pertandingan. Kami butuh waktu untuk beradaptasi dari tiga bek ke empat bek, karena ini berbeda," ujar Fabregas dinukil dari Talk Sport. "Kami belum melibatkan semua pemain, banyak yang masih berlibur karena mereka bermain di Piala Dunia. Saya harap semuanya bisa berjalan baik untuk kami."

Liverpool juga mengalami hal serupa. Ada sembilan pemain Liverpool yang terlambat bergabung dengan tim karena mengikuti Piala Dunia 2018. Meski sejumlah pemain sudah mulai bergabung, akan tetapi ada empat pemain yang dipastikan baru akan bergabung mendekati sepak mulai Liga Primer.

"Henderson tidak ada, Alexander-Arnold tidak ada, Simon Mignolet tidak ada, dan Dejan Lovren akan jadi pemain yang datang paling terakhir. Pra-musim ya seperti ini. Kami di posisi yang bagus tapi kami belum mendekati seperti apa cara bermain sepakbola yang saya inginkan," kata Klopp pada Express.

Satu-satunya kesebelasan top Inggris yang terbilang lancar dalam menjalani pra-musim adalah Arsenal. Sama seperti Liverpool, mereka juga sebenarnya menyumbang sembilan pemain di Piala Dunia 2018. Lima pemain baru bergabung awal Agustus; Nacho Monreal, Granit Xhaka, Stephan Lichsteiner, David Ospina dan Danny Welbeck. Tapi sisanya sudah ikut berlatih, dan bisa dibilang Arsenal menjalani pra-musim dengan pemain utamanya karena diperkuat pemain-pemain seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Henrikh Mkhitaryan, Hector Bellerin, Bernd Leno, Sokratis Papasthapoulos, Alexander Lacazette hingga Mesut Ozil.

Baca juga: Benarkah Pemain Kelelahan Setelah Piala Dunia?

***

Ajang Piala Dunia 2018 menjadi penyebab utama para pemain bintang kesebelasan top Inggris tidak atau belum menjalani pra-musim. Jika pun sudah mengikuti latihan, mereka sebenarnya masih diragukan kondisinya karena masalah seperti adaptasi, kebugaran, hingga mental menghadapi musim yang baru. Klub papan atas Liga Primer kemungkinan akan bermain dengan skuat seadanya di awal musim.

Bagi kesebelasan-kesebelasan Liga Inggris, ini menjadi tambahan masalah karena pada 9 Agustus mendatang bursa transfer sudah ditutup. Mereka punya sisa waktu yang sebentar untuk mendatangkan pemain anyar. Dengan para pemain-pemain yang terlambat mengikuti pra-musim, bisa jadi awal musim Liga Primer 2018/19 tidak akan dihiasi pemain-pemain top andalan masing-masing kesebelasan.

Komentar