Leeds United Luncurkan Logo Baru, Dianggap Mirip PES

Berita

by redaksi

Leeds United Luncurkan Logo Baru, Dianggap Mirip PES

Dianggap sebagai simbol ketidakstabilan dan cerminan penampilan buruk, Leeds United melakukan pembaruan citra (rebranding) dengan meluncurkan logo baru. Logo baru ini diharapkan akan mencerminkan masa depan baru yang cerah, masa depan di Liga Primer Inggris, bukan di Championship, tentu saja.

"Mendekati 100 tahun Leeds United pada 2019 nanti, kami meminta para fans kami dan teman dekat lainnya mengenai apa arti 100 tahun berikutnya untuk mereka," kata pernyataan resmi kesebelasan yang bermarkas di Elland Road ini. "Kami menerima masukan yang baik dan terpesona dengan gairah dan dalamnya keterlibatan orang-orang."

Beberapa hal kunci yang menjadi pertimbangan utama dalam merancang logo baru Leeds adalah karena fans optimis mengenai masa depan Leeds, mayoritas fans tidak terikat dengan logo sebelumnya, mereka juga tidak takut akan perubahan, sementara Leeds sendiri memiliki masa lalu yang bergolak dan harapan masa depan yang cerah, serta fans yang diklaim siap untuk menyambut era baru dengan logo baru sebagai sinyal kuat akan perubahan.

Untuk itu, Leeds United meluncurkan logo seperti di bawah ini:

Pernyataan kesebelasan menulis: "Setelah proses panjang selama enam bulan, kami berkonsultasi kepada lebih dari 10.000 orang yang terhubung dengan Leeds United, melalui survei digital, pertemuan tatap muka dan interviu berkelompok, dan pertemuan dengan para legenda, pemain saat ini, staf kesebelasan, pemilik, rekan, dan perwakilan Leeds dan komunitas Yorkshire."

"Singkatan (LUFC) alih-alih mengeja Leeds United secara lengkap berkontribusi kepada logo yang tak mudah dikenali. Kami ingin mengucapkan dengan bangga: Kami adalah Leeds United."

Logo baru Leeds United ini bergambarkan seorang pria yang menepuk dadanya di bagian kanan bajunya, seperti seseorang yang bangga akan logo yang bersandar di jersey yang ia kenakan. Di Leeds United, salam ini sudah dikenal dengan "Leeds Salute". Selain itu, ada tulisan "Leeds United" di atasnya.

"Leeds lebih dari kesebelasan mana pun, didefinisikan oleh basis suporter, gairah, dan komitmen, dan sehingga kami pikir itu akan menjadi hal yang baru dan khas untuk membuat suporter menjadi jantung identitas kami," kata managing director, Angus Kinnear, dikutip dari Sky Sports.

"Ketika kamu bertanya kepada fans apa yang benar-benar menjadi simbol fans Leeds United, ya, salam hormat (menepuk logo di dada) "Leeds Salute". Salam hormat ini adalah sesuatu yang sangat kuat, yang diberikan oleh 35.000 fans ketika mereka bernyanyi "marching on together" (chant utama Leeds) pada setiap awal pertandingan, dan itu memberikan ciri kepada para fans untuk mengetahui satu sama lain di seluruh dunia."

Kinnear berpendapat jika para suporter akan menyukai logo baru ini dan logo ini sangat cocok dipakai di Premier League. Sejak 2004 Leeds belum pernah kembali ke Premier League. Namun, Kinnear percaya diri jika musim ini Leeds bisa mengamankan posisi play-off.

Baca juga: Teladan yang Buruk dari Leeds United

"Memperbarui logo bukan keputusan mudah, tapi kami bangga karena memiliki logo baru yang orisinil mencerminkan Leeds United dan menghormati kualitas dan loyalitas dari fans kami. Itu adalah simbol "kekuatan dalam persatuan" dan ekspresi bangga kepada identitas dan sejarah kesebelasan," lanjut Kinnear.

"Reaksi umumnya sangat positif, tapi kami sadar ketika kami melakukan perubahan besar, itu akan menimbulkan pro dan kontra dari fans. Apa yang kami lihat adalah setiap fans yang kami temui memuji dan percaya [dengan logo baru ini]," klaimnya.

Logo baru ini diklaim sudah diteliti (riset) selama enam bulan dengan berkonsultasi kepada 10.000 orang, dan siap dipakai untuk 100 tahun berikutnya. Meski Kinnear berpendapat jika mayoritas fans akan menyukainya, ternyata banyak juga yang memprotes keputusan peluncuran logo baru Leeds United ini.

"Jelas [mereka] tidak berkonsultasi kepada orang-orang yang tepat. Buruk," tulis akun @LeedsFanz di Twitter. Melalui media sosial yang sama, Oliver White, fans lainnya, juga mengutarakan penolakan: "Ini mengerikan. Semua "penelitian" dan hanya itu yang terbaik yang bisa kamu dapatkan?! Terlihat sepertinya sesuatu dari Pro Evolution Soccer di awal tahun 2000-an. Mengerikan!!"

"Kami sudah mirip Pro Evo," yang juga ditulis seorang fans, @Radebe_Leeds. Benarkah logo ini mirip sesuatu dari Pro Evolution Soccer?

Sebuah petisi daring di Change.org untuk menolak logo baru "Leeds Salute" ini langsung muncul dan berhasil mengumpulkan lebih dari 7.000 tanda tangan dalam satu jam setelah peluncuran logo. Jadi menurut kalian, bagaimana desain logo baru Leeds United ini?

Perbaruan: Leeds meluncurkan logo baru pada pukul 12:00 siang waktu Inggris (19:00 WIB), petisi untuk menolak logo baru langsung mencapai lebih dari 50 ribu enam jam kemudian, sehingga pada pukul 18:00 sore (Kamis, 01:00 WIB) pihak kesebelasan memutuskan untuk membuat ulang proses desain logo baru tersebut.

"Ketika kami melihat masukan hari ini, saya pikir jelas bahwa proses konsultasi yang kami lakukan, bahwa kami sangat yakin telah memberikan hasil [yang baik]; ternyata tidak cukup luas," kata Kinnear kepada BBC Radio Leeds.

"Kami perlu membuka kembali proses konsultasi itu dengan sangat jelas. Namun, fans juga harus benar-benar memercayai kami karena kami sangat terkesan dengan tingkat dukungan yang mereka berikan kepada kami dan rasa persatuan yang kami miliki antara dewan, suporter, dan pemain."

Setelah meluncurkan logo baru dengan penuh percaya diri, pembaruan ulang ini memang menunjukkan jika pihak Leeds tidak cukup baik dalam melakukan proses pembuatan logo baru, tapi juga sekaligus memberikan kesan kepada kita jika pihak Leeds sangat terbuka akan respons yang diberikan para pendukungnya untuk kemudian mengubah kembali logo baru tersebut.

Memangnya logo seperti apa yang para suporter Leeds inginkan? Kalian bisa memantaunya pada hashtag #AltLeedsBadge di Twitter. Beberapa di antaranya serius, tapi banyak juga yang bercanda.

(dex)

Komentar