Gol Kontroversial Dzagoev Pernah Terjadi di Piala Eropa 2008

Berita

by redaksi

Gol Kontroversial Dzagoev Pernah Terjadi di Piala Eropa 2008

Manchester United lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup A setelah mengalahkan CSKA Moskow dengan skor 2-1, Rabu (6/11) dini hari WIB tadi. Tapi satu-satunya gol CSKA yang diciptakan Alan Dzagoev menyisakan pertanyaan mengenai aturan offside. Pemain asal Rusia tersebut menyentuh bola sebelum bola masuk gawang, sementara beberapa pemain United mengangkat tangannya sebagai tanda offside.

Jelang turun minum, menyerang dari kiri pertahanan United, pemain CSKA, Mario Fernandes mengirimkan umpan silang mendatar ke dalam kotak penalti United. Bola tersebut lantas disambar oleh Vitinho. Tendangan Vitinho ini tidak hanya membentur pemain United, tapi juga membentur Dzagoev yang sebenarnya berusaha menghindari bola.

Saat bola mengenai Dzagoev, posisinya berada di belakang para pemain United yang berada di dalam kotak penalti. Dalam situasi normal, gol Dzagoev tidak disahkan karena posisinya offside, dan karena itu pula ia coba mengelak.

Tapi ternyata saat itu, ada satu pemain United lain yang membuat posisi Dzagoev tidak offside, yakni Daley Blind yang berada di luar lapangan usai berusaha memblok umpan silang Fernandes. Di sinilah kontroversi terjadi.

Berdasarkan aturan FIFA mengenai offside, gol Dzagoev memang sah. Golnya disahkan karena, memang, adanya Blind yang posisinya di "depan" Dzagoev. Blind, meski di luar lapangan, tetap terhitung sebagai pemain aktif. Karena pemain tidak aktif adalah pemain yang mendapatkan izin dari wasit untuk berada di luar lapangan, seperti misalnya pemain yang perlu mendapatkan perawatan dari tim medis.

Hal ini senada dengan apa yang dikatakan Ruud Gullit, yang menjadi komentator pada pertandingan tersebut.

"Karena sliding dari Daley Blind ke belakang gawang dan dia masih menjadi bagian dari permainan (pemain aktif) pada momen itu. Dia [Blind] masih di sana," kata Gullit. "Adapun pemain lain yang masih ada di sana [Fernandes] tidak menjadi offside karena tidak terlibat atau mengganggu tendangan tersebut. Jika dia [Blind] tidak ada di sana, maka itu akan jelas offside. Itu aturannya."

Mengenai gol ini, pemain United, Juan Mata, baru mengetahui aturan seperti itu. Menurutnya, mulai sekarang para pemain akan lebih waspada dengan pemain aktif meski berada di luar lapangan.

"Peraturan baru itu merugikan kami," kata Mata seperti yang dikutip Goal. "Kami bertanya kepada wasit karena kami melihat bahwa Daley Blind berada di luar, kami harus waspada karena mulai sekarang hal itu dihitung."

Situasi seperti ini sebenarnya bukan terjadi pertama kali. Pada 2008, di Piala Eropa, tepatnya di Grup C, gol seperti ini terjadi pada laga antara Belanda menghadapi Italia. Ketika itu pemain Italia berada di luar lapangan setelah bertabrakan dengan penjaga gawang Italia, Gianluigi Buffon. Saat itu bola masih terus berjalan, dan Belanda berhasil mencetak gol melalui Ruud van Nistelrooy, yang membelokkan tendangan Giovanni Van Bronckhorst. Posisi Nistelrooy akan offside jika tidak ada pemain Italia yang terkapar di luar lapangan.

Komentar