Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 14

Fantasy Premier League

by Yudha Asmara

Yudha Asmara

Hooligans12th x PanditFootball.

Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 14

Pada gameweek lalu, hampir saja kami dihukum oleh Mohamed Salah dan Eden Hazard, kalau saja kami tidak berani mengambil risiko untuk memasang dua gelandang yang sedang on fire ini. GW14 ini dua slot gelandang unggulan kembali kami berikan kepada dua gelandang trengginas tersebut. Jarak antar laga bagi Chelsea dan Liverpool juga cukup untuk pemulihan sehingga risiko rotasi cukup kecil.

Mohamed Salah (Liverpool, £9.7) menobatkan diri menjadi pemain Premier League pertama yang mencetak 10 gol tatkala menjebol gawang Courtois yang sudah tiga laga sebelumnya nirbobol. Sepuluh gol tersebut dibagi rata saat kandang dan tandang. Pemain yang sudah mengalami kenaikan £0.7 ini memang sama trengginasnya saat tandang maupun kandang. Bersama Eriksen, pemain bernama lengkap Mohamed Salah Ghaly (kalau salah gali, ya, tinggal tutup lagi saja lubangnya) ini mencatat 9 tembakan tepat sasaran saat tandang, namun Eriksen hanya mencatat 2 gol.

Kebobolan 25 gol (sebelas di antaranya di kandang) dan dengan hanya 2 nirbobol, Stoke City merupakan salah satu pertahanan terburuk di liga. Justru bermain di kandang, secara natural Stoke dituntut akan main lebih terbuka dan mungkin meninggalkan ruang untuk kecepatan dan penetrasi Mo Salah.

Statistik Eden Hazard (Chelsea, £10.7) telah kami paparkan di tulisan gelandang unggulan GW13 dan GW13 lalu Hazard kembali meraih poin bonus maksimalnya untuk yang ketiga kalinya dalam empat gameweek terakhir. Menjamu Swansea bukan perkara mudah, karena pertahanan mereka termasuk yang terbaik saat tandang. Namun Hazard sepertinya dapat hadir sebagai pemecah kebuntuan melalui dribbling atau tendangan bola matinya. Kombinasi cipta-peluang-dan-tembakannya (22) juga termasuk yang terbaik di 4 laga terakhir.

Satu gelandang yang mempunyai catatan kombinasi cipta-peluang-dan-tembakan lebih baik dari Hazard dalam dalam 4 GW terakhir adalah Alexis Sanchez (Arsenal, £11.8), yakni 12 tembakan dan 12 cipta peluang. Sanchez mungkin tidak sesubur dan tidak seakrab Hazard dengan poin bonus, bahkan gol minggu lalu juga dibuat dari titik penalti. Namun, lawan yang akan dihadapi nampak lebih empuk. Huddersfield hanya mencatat sekali nirbobol di tujuh laga terakhirnya, dan kebobolan 17 gol dalam kurun waktu tersebut (2,45 gol per laga). Angka kepemilikannya yang hanya 2,8% juga dapat menjadi faktor pembeda bagi mini league kalian.

Gameweek kali ini kami tidak memberi slot kepada gelandang asal Man City lebih karena kami tidak mau mengambil risiko dalam rotasi pemain atau variasi taktik Pep. Bisa saja Pep akan menurunkan dua penyerangnya langsung dan meminimalisasi produktivitas gelandang serangnya, apalagi di akhir pekan City ‘hanya’ akan menghadapi lawan dengan potensi gol banyak. Tapi jika kalian sudah memiliki Raheem Sterling atau Leroy Sane, kami sarankan tetap turunkan mereka di GW14 ini.

Pascal Gross sangat tidak beruntung kalah bersaing dengan Xerdan Shaqiri (Stoke, £6.0) untuk perebutan slot keempat di gelandang unggulan kami. Hal ini lebih disebabkan karena Brighton sudah menempatkan wakil di lini lainnya. Selain itu, dalam 4 GW terakhir, Shaqiri juga mempunyai statistik penyerangan yang dua kali lebih baik dari Gross (10 tembakan, 5 tepat sasaran dan 2 gol), serta lebih produktif dengan dua gol dan tiga asis dalam kurun waktu yang sama. Shaqiri akan menjamu Liverpool yang pertahanannya bagai Hulk dan Bruce Banner. Terbaik di kandang dan terburuk saat tandang, kebobolan 16 gol dari 6 kali tandang.

Demikianlah Hazard Salah Sanchez dan Shaqiri yang tergabung dalam Kuartet HS3. Bukan Hayo Sun Sing Suwe, tapi Hayo Semuanya Sukses Scoring!

***

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW14:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 28 November 2017

Komentar