Gol Messi Tak Disahkan Wasit Meski Bola Sudah Lewati Garis Gawang

Berita

by redaksi

Gol Messi Tak Disahkan Wasit Meski Bola Sudah Lewati Garis Gawang

Kontroversi terjadi pada lanjutan La Liga Spanyol yang berlangsung Senin (27/11) dini hari tadi antara Valencia menghadapi Barcelona. Gol Barcelona yang dicetak Lionel Messi pada menit ke-30 tidak dianggap wasit, hal tersebut sempat membuat kubu Barcelona melancarkan protes beberapa saat setelah terjadinya insiden tersebut.

Insiden ini bermula ketika Barcelona menyerang lewat kiri pertahanan Valencia. Luis Suarez mengirimkan umpan silang mendatar pada Messi yang berada di tengah. Messi langsung menyambutnya dengan tendangan yang mengarah ke kiper Valencia, Neto Murara. Meski begitu, Neto tidak menahannya dengan maksimal sehingga bola justru memantul ke kolong kakinya. Bola itulah yang meluncur ke gawang, namun langsung dibuang oleh Neto yang masih bisa bereaksi.

Para pemain Barcelona yang melihat bola telah melewati gawang langsung merayakan gol tersebut. Akan tetapi wasit pertandingan tidak melihat itu sebagai gol, sehingga pertandingan tetap berjalan karena bola belum keluar lapangan. Valencia bahkan nyaris mencetak gol lewat serangan balik ini, hanya saja tendangan Simone Zaza menyamping di gawang Barcelona. Barulah para pemain Barcelona mempertanyakan keputusan tidak mengesahkan gol Messi pada wasit.

Dalam tayangan ulang, memang terlihat jelas bahwa bola tendangan Messi tersebut sudah melewati garis gawang, bahkan sudah cukup jauh dari garis. Hanya saja karena tidak adanya Goal Line Technology atau teknologi garis gawang, gol tersebut tidak terdeteksi oleh wasit sehingga akhirnya tidak disahkan.

Pada laga ini, pertandingan sendiri berjalan imbang. Barcelona mengontrol jalannya babak pertama, tapi babak kedua Valencia merespons dengan baik. Bahkan kubu tuan rumah berhasil unggul lebih dulu lewat gol Rodrigo Moreno yang memanfaatkan umpan Jose Gaya.

Namun Barcelona berhasil selamat dari kekalahan pada laga ini. Delapan menit jelang waktu normal berakhir, Jordi Alba berhasil menyamakan kedudukan. Gol Alba sendiri tercipta tak lepas dari aksi Messi yang memberikan umpan lob terukur untuk disambut Alba di mulut gawang Valencia.

Usai pertandingan, Alba merasa Barcelona layak menang pada laga ini. Tidak disahkannya gol Messi, menurutnya, merupakan hal yang fatal.

"Kami mengontrol pertandingan tapi mereka berhasil membuat kami harus mengejar lewat gol mereka. Tapi kami layak mendapatkan tiga poin," kata Alba pada laman resmi Barcelona. "Itu [tidak disahkannya gol Messi] jelas sebuah kesalahan dari wasit walau itu bisa terjadi pada siapa saja. VAR [Video Assistant Replay] saya rasa bisa membantu sepakbola."

Sebenarnya atas hasil imbang ini Barcelona tetap memuncaki klasemen sementara La Liga. Barca pun, bersama Valencia (dan Atletico), masih menjadi kesebelasan yang belum terkalahkan di La Liga musim ini. Jarak antara Barca yang berada di peringkat pertama dengan Valencia di peringkat dua pun masih empat poin. Tapi Alba tampaknya menyesali insiden tersebut terjadi di saat yang sangat krusial, sehingga menganggap VAR sudah sangat dibutuhkan di La Liga untuk menghindari hal seperti ini terulang.

VAR mulai dianggap bisa menjadi solusi untuk meminimalisasi kesalahan-kesalahan wasit. Bundesliga Jerman dan Serie A Italia sudah memakainya per musim 2017/2018 ini. Meski terdapat sejumlah keputusan yang luput dari pengamatan wasit lalu dikoreksi oleh VAR (di pertandingannya langsung), tapi hal itu tetap melahirkan kritik dari klub-klub itu sendiri. Meski begitu, rencananya VAR ini akan digunakan di Piala Dunia 2018.

Komentar