Coutinho Akui Kehebatan Salah dan Firmino

Berita

by redaksi

Coutinho Akui Kehebatan Salah dan Firmino

Kehadiran Mohamed Salah di skuat Liverpool musim ini sempat membuat nasib Philippe Coutinho terancam. Apalagi gelandang asal Brasil itu sempat dikaitkan dengan Barcelona pada musim panas lalu usai Liverpool rekrut Salah. Namun kenyataannya, Coutinho bisa bahu membahu dengan Salah, juga Roberto Firmino dan Sadio Mane, dalam meneror lini pertahanan lawan.

Coutinho yang pada awal musim absen karena cedera langsung nyetel dengan Liverpool yang kadung mengandalkan Salah-Firmino-Mane di lini depan. Mantan gelandang Internazionale Milan ini pun harus berpindah posisi ke gelandang, sebelumnya di kiri penyerang. Meski begitu, ia langsung berkontribusi dengan mencetak tiga gol dan dua asis dari enam kali bermai di Liga Primer.

Ternyata Coutinho mulai merasakan keuntungan dari permainan Salah. Menurutnya, faktor yang membuat Liverpool punya lini serang tajam saat ini adalah kemampuan Salah dalam memanfaatkan ruang.

"Pergerakan Salah adalah kunci," ujar Coutinho pada laman resmi. "Dia sangat cepat dan selalu bergerak jadi ia selalu mendapatkan momen untuk masuk ke ruang kosong. Itu memudahkan siapapun yang menguasai bola, saya sudah sering mengatakan itu. Saya juga selalu berusaha yang terbaik untuk bermain dengannya dan menolong tim."

"Dia pemain bagus. Semuanya (pemain dan fans) sangat terkesan dengan bagaimana ia beradaptasi di sini, beradaptasi dengan tim di negara baru. Segalanya layak ia dapatkan. Dia selalu berlatih dengan keras, dan di situlah kami membutuhkannya. Itu bagus untuk Liverpool," sambung Coutinho.

Tidak hanya pada Salah, Coutinho juga mengapresiasi apa yang ditunjukkan oleh kompatriot sesama Brasil di Liverpool, Firmino. Menurutnya, wajar jika manajer Liverpool, Juergen Klopp, menyebut jika Firmino merupakan motor utama tim.

"Roberto [Firmino] juga sangat penting, ia pemain lain yang punya kualitas mumpuni. Dia pemain yang mendapatkan respek besar dari pemain lain di klub maupun timnas. Di lapangan, dia pemain yang sangat berteknik dan punya banyak kualitas yang membuat pemain lain lebih diuntungkan," tutur Coutinho.

"Ketika bertahan, tanpa bola, ia juga bisa diandalkan untuk memberikan pressure pertama pada lawan. Tapi secara natural, kami, termasuk Salah dan Sadio, merupakan pemain cepat dan Firmino bertugas membukakan ruang untuk kami dengan permainan satu-dua. Walau sebenarnya jangan terlalu berfokus pada kami, karena Liverpool merupakan kumpulan para pemain hebat.

Coutinho, Firmino, Salah dan Mane menjadi kuartet tajam di Liga Primer Inggris. Jika dikombinasikan, 18 gol dan delapan asis sudah diciptakan keempatnya di Liga Primer. Perlu diketahui, saat ini Liverpool total mencetak 24 gol. Ini artinya, 75% gol Liverpool datang dari keempatnya, dengan Salah sebagai pencetak gol terbanyak (sembilan gol).

Komentar