Tak Semua Kesebelasan Unggulan Liga Europa Lolos ke Fase Gugur

Berita

by redaksi

Tak Semua Kesebelasan Unggulan Liga Europa Lolos ke Fase Gugur

Liga Europa usai melaksanakan pekan ke-5 musim 2017/2018 pada Jumat (24/11) dini hari WIB tadi. Sejumlah kesebelasan pun telah memastikan diri lolos ke babak 32 besar, khususnya kesebelasan-kesebelasan yang berasal dari lima liga top Eropa. Walau begitu, beberapa kesebelasan unggulan lain pun tersingkir lebih dini.

Tiga wakil Italia, yaitu AC Milan, Lazio dan Atalanta, memastikan lolos ke fase gugur atas hasil pada malam tadi. Milan berhasil menang 5-1 menghadapi Austria Wien. Kemenangan besar juga diraih Atalanta yang sukses menggulung Everton dengan skor 5-1, sama seperti Milan. Sementara itu Lazio, meski bermain imbang 1-1 menghadapi Vitesse, tetap dipastikan lolos ke babak berikutnya.

Meski hanya mendapatkan satu poin, Lazio juga tetap dipastikan akan menjadi juara grup K. Sebenarnya status juara grup sudah mereka dapatkan sejak pekan keempat. Lazio akan ditemani oleh wakil asal Prancis, Nice, yang menempati posisi kedua dengan sembilan poin, terpaut empat angka dari Lazio. Pada posisi tiga, Zulte-Waregem, tidak akan bisa menyalip keduanya karena hanya mengumpulkan lima poin dengan satu laga tersisa.

Sama seperti Lazio, Milan juga mengunci posisi juara grup. Kemenangan atas Wien membuat mereka mengumpulkan 11 poin. Jumlah tersebut tidak akan mampu digeser oleh AEK Athena yang bermain imbang 2-2 malam tadi.

Apa yang dihasilkan Milan dan Lazio tidak dialami oleh Atalanta. Meski kini tengah memuncaki klasemen grup E, Atalanta punya poin sama dengan Lyon yang tempati peringkat kedua. Meski begitu, Atalanta dan Lyon sudah memastikan diri lolos ke babak berikutnya karena poin keduanya (11) tidak lagi mampu disusul tim peringkat ketiga, Apollon (3).

Selain wakil Italia dan Prancis di atas, dua kesebelasan asal Spanyol juga telah mendapatkan tiket ke babak 32 besar. Mereka adalah Villareal dan Real Sociedad. Tapi nasib berbeda didapat oleh Athletic Bilbao, karena meski menempati posisi kedua, posisi mereka masih bisa digeser oleh Zorya yang menempati posisi keetiga (selisih dua poin). Situasi yang sama seperti Bilbao dirasakan juga oleh wakil Prancis lain, Marseille, yang masih menentukan nasibnya di laga pamungkas fase grup.

Sementara itu, Arsenal bisa menjadi satu-satunya wakil Inggris di babak 32 besar. Meski kalah dari Koln malam tadi, Arsenal sudah mengunci puncak klasemen grup H. Sedangkan wakil Inggris lain, Everton, sudah dipastikan tersingkir sejak jauh-jauh hari, apalagi hingga saat ini mereka hanya mengumpulkan satu poin saja.

Akan tetapi, wakil Inggris di fase gugur Liga Europa bisa kembali bertambah jika Manchester United dan Liverpool mengalami kekalahan di laga terakhir fase grup Liga Champions. United bisa tertendang ke Liga Europa jika mereka kalah telak dari CSKA (jika kalah tipis United aman di Liga Champions), sementara Liverpool kalah dengan skor berapapun dari Spartak (dan Sevilla mengalahkan Maribor) akan membuat mereka turun derajat ke Liga Europa karena kalah head-to-head dari Spartak.

Di tempat lain, wakil Jerman di fase grup tampil buruk. Kini, tinggal Koln yang berpeluang lolos ke babak berikutnya. Hoffenheim dan Hertha Berlin dipastikan tersingkir karena masih tempati posisi juru kunci. Wakil Jerman di babak 32 besar bisa bertambah seandainya RB Leipzig gagal menang menghadapi Besiktas di laga terakhir.

Sedangkan Dortmund, dua poin yang mereka miliki sama dengan APOEL. Di laga terakhir, Dortmund akan hadapi Real Madrid, sementara APOEL akan berjumpa Tottenham. Nasib Dortmund, tersingkir ke Liga Europa atau tersingkir karena tempat juru kunci, akan bergantung pada hasil kedua laga tersebut.

Komentar