Tottenham dan City Lolos, Liverpool Sempurna

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tottenham dan City Lolos, Liverpool Sempurna

Bamidele Alli melewatkan tiga pertandingan pertama Tottenham Hotspur di Grup H Liga Champions musim ini karena larangan bertanding. Semalam ia tampil sejak menit pertama dan membawa Tottenham lolos ke 16 besar.

Dua gol Alli di masing-masing babak (menit ke-27 dan menit ke-56) membuat Tottenham menguasai pertandingan. Satu gol tambahan dari Christian Eriksen (menit ke-65) membuat gol balasan Cristiano Ronaldo di menit ke-80 tak berarti banyak.

“Penampilan Dele dan ia harusnya bisa mencetak hat-trick!” ujar Mauricio Pochettino, manajer Tottenham, sebagaimana dikutip dari situs resmi klub. “Ia pemain yang sangat penting bagi kami dan ia harus terus berusaha, terus berkembang.”

Berkat kemenangan atas Madrid dan hasil imbang antara Borussia Dortmund dan APOEL FC, Tottenham dipastikan lolos ke fase gugur. Bagi Pochettino, kemenangan ini membawa timnya naik tingkat.

“Kami kini bukan hanya berada di antara kesebelasan-kesebelasan terbaik Inggris, tetapi juga di antara kesebelasan-kesebelasan terbaik Eropa, dan hasil ini menjelaskan arah kami kepada orang-orang,” ujar Pochettino sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Pochettino menambahkan: “Kami sekarang mampu bersaing dengan kesebelasan-kesebelasan terbesar secara fisik dan mental. Tujuan kami adalah memenangi kejuaraan-kejuaraan besar. Terlepas dari berhasil atau tidaknya kami mencapai tujuan itu tahun ini, kami jelas berada di jalur yang benar.”

Selain Tottenham, Manchester City FC juga sudah pasti lolos ke fase gugur. Sergio Aguero menjadi bintang dalam kemenangan tandang 4-2 atas SSC Napoli.

Kesebelasan tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Lorenzo Insigne di menit ke-21. “Mereka menghancurkan kami di 20 menit pertama, terutama di sisi kiri,” ujar Pep Guardiola, manajer City, pasca pertandingan sebagaimana dikutip dari The Guardian. “Dalam 20 menit pertama saya menderita namun di saat bersamaan saya merasa seperti penonton, saya berpikir ‘Wow, mereka bermain bagus sekali.’”

Gol Nicolas Otamendi di menit ke-34 menyamakan kedudukan, dan gol John Stones di menit ke-48 membawa City berbalik unggul. Kedudukan kembali imbang setelah Jorginho mencetak gol lewat tendangan penalti di menit ke-62. Tujuh menit berselang, Aguero mencetak gol yang mengubah jalannya pertandingan. Napoli tak mampu menambah gol di sisa pertandingan sementara Raheem Sterling memperbesar keunggulan City di menit ke-90.

Gol Aguero, selain membawa City lolos ke 16 besar, juga membawanya ke puncak daftar pencetak gol terbanyak City. Dengan 178 gol, Aguero mematahkan rekor Eric Brook yang telah bertahan selama 78 tahun.

Sementara itu, Liverpool FC mantap menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup E berkat kemenangan atas NK Maribor. Liverpool menang tiga gol tanpa balas. Ketiga gol Liverpool tercipta di babak kedua. Para pencetak golnya adalah Mohamed Salah (menit ke-49), Emre Can (menit ke-64), dan Daniel Sturridge (menit ke-90).

“Saya senang, terutama untuk hasil pertandingan dan reaksinya,” ujar Jurgen Klopp, manajer Liverpool, sebagaimana dikutip dari situs resmi klub. “Kami tidak menampilkan permainan terbaik namun sebelum pertandingan kami tahu bahwa poin maksimum yang dapat kami raih adalah delapan. Tiga gol, bagus; nirbobol, bagus; delapan poin, sempurna.”

Tepat di belakang Liverpool adalah Sevilla FC dengan tujuh poin. Jarak Liverpool dengan FC Spartak Moskva di peringkat ketiga pun masih cukup dekat, hanya berselisih tiga poin. Maribor, dengan satu poin dari empat pertandingan, dipastikan tidak akan bisa lolos ke fase gugur.

Manchester United FC, seperti Liverpool, juga menang namun belum pasti lolos. Walau demikian United berada di posisi yang cukup aman. Mereka menduduki peringkat teratas Grup A dengan 12 poin. Pesaing terdekat, FC Basel 1893 dan PFC CSKA Moskva yang masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga, sama-sama baru mengumpulkan enam poin. SL Benfica, kesebelasan yang dikalahkan dua gol tanpa balas oleh United di matchday empat, terbenam di dasar klasemen tanpa satu poin pun.

United hanya membutuhkan satu poin dari dua pertandingan tersisa untuk lolos ke fase gugur. “Kami tidak lolos, belum,” ujar Jose Mourinho sebagaimana dikutip dari situs resmi klub. “Empat kemenangan dan itu masih belum cukup, jadi kami harus mendapat satu poin (yang kami butuhkan untuk lolos). Dua pertandingan, dan kami harus mendapat satu poin itu.”

Satu-satunya kesebelasan Inggris yang tidak menang di matchday empat adalah Chelsea. Di kandang AS Roma, Chelsea kalah tiga gol tanpa balas.

“Yang paling membuat saya kecewa adalah penampilan (kami) di babak kedua,” ujar Antonio Conte, manajer Chelsea, sebagaimana dikutip dari situs resmi klub. “Roma membuktikan mereka memiliki keinginan yang lebih besar, memiliki hasrat yang lebih besar, memilki semangat juang yang lebih besar, dan (mereka) mengalahkan kami. Kami kekurangan segalanya.”

Chelsea tergeser ke peringkat kedua, satu poin di belakang Roma yang telah mengumpulkan delapan poin. Dengan Club Atletico de Madrid di peringkat tiga (tiga poin) dan Qarabag FK di peringkat keempat (dua poin), Chelsea hanya membutuhkan tiga poin dari matchday lima untuk lolos. Lawan Chelsea berikutnya adalah Qarabag.

Komentar