Rekor Kandang Arema Melawan Rekor Tandang Persija

Analisis

by redaksi

Rekor Kandang Arema Melawan Rekor Tandang Persija

Liga 1 2017 sudah memasuki pekan ke-25 akhir pekan ini. Pekan ke-25 akan menghadirkan salah satu pertandingan “Big Match” antara tuan rumah Arema FC yang akan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Minggu (24/9/2017) malam.

Laga pada Minggu malam nanti menjadi misi balas dendam Arema karena di pertemuan terakhir ada putaran pertama lalu, "Singo Edan" harus mengakui keunggulan "Macan Kemayoran" dengan hasil akhir 0-2. Oleh karena itu, anak asuhan Joko Susilo tentu ingin memenangkan pertandingan untuk membalas kekalahan mereka di putaran pertama lalu.

Arema sendiri sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai mampu mencuri tiga poin di kandang Mitra Kukar pada Rabu (20/9/2017) malam kemarin. Arema mengincar kemenangan ketiga secara beruntun apabila mampu mengalahkan Persija pada Minggu malam nanti.

Sementara itu, Persija datang dengan modal kemenangan ketika menghadapi Perseru Serui pada Selasa (19/9/2017) kemarin. Mereka juga mengincar kemenangan dan berusaha menjauhkan jarak poin Arema dengan Persija menjadi lima poin. Kedua tim sekarang hanya terpaut dua tim, maka dari itu para pemain Persija tidak ingin posisi mereka di peringkat enam diakuisisi oleh Arema.

Arema sulit dikalahkan di kandang

Arema merupakan salah satu tim peserta Liga 1 yang memiliki rapor kandang yang cukup baik. Hingga pekan ke-25 Arema sudah memainkan 13 laga kandang. Penampilan di kandang pun cukup baik dengan hanya mengalami satu kekalahan saja ketika menghadapi Persipura Jayapura.

Catatan kemenangan Arema di kandang juga cukup baik dengan berhasil memenangkan tujuh pertandingan. Sementara itu lima pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Selanjutnya dalam hal mencetak gol, Arema sudah berhasil mencetak 19 gol ketika bermain di kandang sendiri dan bisa dibilang cukup produktif di antara peserta Liga 1 yang lain. Lalu, untuk lini pertahanan mereka di 13 laga kandang, pertahanan Arema cukup sulit ditembus lawan. Mereka hanya kemasukan delapan gol dari 13 laga.

Melihat catatan di atas, bisa dibilang Arema cukup memiliki penampilan yang sangat baik ketika bermain di kandang dan akan sulit dikalahkan oleh lawannya yang datang ke Stadion Kanjuruhan, Malang.

Rapor Tandang Persija harus di waspadai Arema

Persija merupakan tim dengan lini pertahanan terbaik di Liga 1 ini. Namun selain catatan itu, Persija juga merupakan salah satu tim yang sulit dikalahkan ketika mereka bermain tandang. Persija sudah memainkan 12 laga tandang, dan dari 12 laga itu Persija hanya mengalami empat kali kekalahan saja. Sisanya dua pertandingan berhasil mereka menangkan dan enam kali meraih hasil imbang.

Melihat catatan ini Persija yang akan bertandang ke kandang Arema tampaknya akan cukup sulit untuk dikalahkan. Jumlah gol yang masuk ke gawang mereka hanya delapan gol dari jumlah total gol memasukkan mereka yang berjumlah 16 gol. Ini membuktikan ketika mereka bermain tandang, gawang Persija cukup sulit untuk ditembus.

Untuk masalah mencetak gol tandang, Persija bisa di bilang cukup produktif karena mereka telah mencetak 14 gol ketika bermain tandang. Dengan kata lain produktivitas Persija cukup berbahaya bagi Arema apabila mereka lengah ketika bertahan. Melihat catatan tandang dari Persija, Arema harus cukup waspada. "Macan Kemayoran" produktif dalam mencetak gol dan kuat dalam menjaga pertahanan mereka.

Rapor masing-masing tim 5 pertandingan terakhir

Di lima pertandingan terakhir, Arema dan Persija menuai hasil yang sama. Arema dan Persija mencatatkan tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu hasil kalah. Arema memasukkan 10 gol dan kemasukan tujuh gol sementara Persija memasukkan tujuh gol dan kemasukan empat gol. Apabila kita lihat lagi kedua tim sama-sama berhasil mengantongi selisih 3 gol (Arema 10-7, Persija 7-4).

Melihat rapor kedua tim di atas, Arema terbilang lebih produktif dari pada Persija karena mereka mampu mencetak 10 gol di lima pertandingan terakhir, tapi lini pertahanan mereka juga sangat rapuh karena bisa kemasukan tujuh gol di lima pertandingan. Sedangkan Persija lebih kuat di lini pertahanan karena mereka hanya kemasukan empat gol saja di lima pertandingan. Tapi untuk urusan mencetak gol Persija masih kurang produktif daripada Arema karena hanya mencetak tujuh gol saja.

Melihat dari catatan lima pertandingan masing-masing tim di atas Arema akan cukup kesulitan untuk menembus kuatnya lini pertahanan Persija. Sedangkan Persija bisa saja mencuri gol ketika Arema yang asik menyerang dan lupa akan pertahanan mereka.

Statistik 5 Pertandingan Terakhir

Arema

Statistik

Persija

10

Gol

7

6

kemasukan gol

4

47%

Tendangan tepat sasaran

34%

49%

Menang Duel Udara

51%

31%

Tekel Sukses

36%

20%

Umpan Silang Sukses

26%

17

Umpan Kunci

18

22

Umpan Terobosan

17

49

Sapuan Bola

46

16

Blocked shots

11

Prediksi

Melihat dari catatan statistik lima pertandingan terakhir dari masing masing tim, keduanya hampir memiliki catatan statistik yang tidak jauh berbeda. Namun Persija lebih unggul sedikit dari Arema. Persija memang lebih unggul dari Arema dalam soal statistik tapi selisihnya tidak jauh berbeda dan bisa dibilang kedua tim cukup seimbang.

Jalannya pertandingan akan sangat ketat dengan cukup kuatnya kedua tim. Arema kuat ketika bermain di kandang dan Persija pun memiliki catatan penampilan yang sangat baik ketika bermain tandang. Cukup sulit menentukan siapa yang akan keluar sebagai pemenang di akhir pertandingan. Siapa yang bisa konsisten bermain dari menit awal, maka tim tersebut akan mampu memenangkan pertandingan.

(RH/sf)

Komentar