Misi Balas Dendam Persib Bandung Saat Menjamu Bali United

Analisis

by redaksi

Misi Balas Dendam Persib Bandung Saat Menjamu Bali United

Persib Bandung akan menjamu Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2017 pekan ke-25. Dalam laga yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten bandung, Kamis (21/09) itu, Maung Bandung bertekad bisa meraih poin penuh setelah di laga kandang sebelumnya di tahan imbang Semen Padang 2-2.

Kemenangan wajib diraih Persib Bandung apabila ingin mengakhiri kompetisi dengan posisi tiga besar, apalagi dukungan bobotoh akan menjadi pelecut semangat bagi Maung Bandung. Lima rekor pertemuan terakhir pun cukup imbang bagi kedua tim. Persib mengalami dua kekalahan, dua kemenangan, dan satu imbang.

Target menang bukan hanya dimiliki Persib, Bali United juga pasti mengincar poin penuh dalam pertandingan tersebut. Maklum saat ini mereka tengah berlomba bersama Bhayangkara FC untuk memperebutkan posisi puncak di tabel klasemen. Kemenangan atas Maung Bandung jelas akan membuat Serdadu Tridatu mengudeta posisi Bhayangkara dari puncak klasemen, sebab saat ini mereka hanya terpaut satu poin saja.

Persib tanpa Essien dan Tony, Bali United dengan kekuatan penuh

Maung Bandung dipastikan tidak akan diperkuat Tony Sucipto dan Michael Essien karena akumulasi kartu. Tantan juga berpeluang absen karena masih dalam proses pemulihan cedera. Meski begitu, mereka sudah bisa diperkuat kembali oleh Supardi Natsir yang sudah bergabung kembali bersama tim usai menjalankan Ibadah Haji.

Meski begitu Persib memiliki kedalaman skuat yang cukup baik. Untuk menggantikan posisi Essien, Kim Jeffrey Kurniawan atau hariono bisa diandalkan. Atau, menempatkan Dedi Kusnandar di posisi tersebut pun sangat memungkinkan. Sementara untuk posisi Tony, ada sosok Wildansyah yang memiliki kemampuan beroperasi di pos bek tengah dan bek sayap.

Sementara Bali United datang ke Bandung dengan kekuatan penuh, beberapa mantan pemain Persib pun siap diturunkan oleh Widodo Cahyono Putro. Termasuk Marcos Flores yang sudah dalam kondisi fit, usai sebelumnya mengalami cedera yang terpaksa tidak bisa tampil di dua laga sebelumnya melawan Borneo FC dan Persija.

Penampilan Bali United di Liga 1 ini memang cukup mentereng, Serdadu Tridatu konsisten menjaga penampilannya yang hingga kini tetap berada di papan atas. Komposisi pemain Bali United sebenarnya cukup seimbang pada setiap lini.

Irfan Bachdim dan Nick van der Velden menjadi pemain yang patut diwaspadai barisan pertahanan Maung Bandung. Apalagi juru gedor mereka, Sylvano Comvalius berhasil memimpin daftar pencetak gol terbanyak kompetisi dengan torehan 26 gol. Jadi, bukan tidak mungkin Comvalius menjadi ancaman bagi lini belakang Maung Bandung.

Pemain kunci

Dalam pertandingan nanti, ada dua sosok sentral yang agaknya bakal mencuri perhatian, dua sosok tersebut masing-masing berposisi sebagai penyerang, Ezechiel N’Douassel dari kubu Persib dan Sylvano Comvalius dari kubu Bali United.

Seperti yang kita ketahui, Penampilan N’Douassel sudah tidak diragukan lagi oleh bobotoh. Dia berhasil membuktikan kualitasnya sebagai striker yang tajam. Dari lima kali penampilannya bersama Maung Bandung, striker asal Chad ini berhasil menorehkan tiga gol dan empat asis. Tentu pencapaian yang luar biasa sekelas striker yang cepat beradaptasi dengan sepakbola Indonesia.

Sementara, penampilan Sylvano Comvalius tentu tidak usah diragukan lagi, Striker asal Kota Amsterdam ini kini berhasil menyita perhatian public sepakbola Indonesia berkat raihan 26 gol nya yang cukup fantastis. Melihat performanya, Comvalius berpeluang menjadi pencetak gol terbanyak kompetisi musim ini.

Sylvano Comvalius

Variable

Ezechiel N’Douassel

26

Gol

3

4

Asis

4

0,9/Game

Operan kunci

0,6/Game

1,3/Game

Dribel

0,8/Game

42%

Menang duel

45%

54%

Tembakan tepat sasaran

34%

Statistik Kedua Pemain

Permainan terbuka

Melihat data dan fakta di atas, pertandingan diprediksi bakal berjalan terbuka, mengingat kedua kesebelasan memiliki filosofi permainan agresif. Namun dalam pertandingan nanti Persib berkecenderungan tampil dengan memanfaatkan sektor sayap sebagai poros utama serangan mereka, dengan mengandalkan potensi kecepatan Febri Hariyadi di kanan dan Shohei Matsunaga di kiri atau bahkan Atep yang juga bisa bermain di sana.

Selain itu, umpan silang dari sayap juga bisa berpotensi menjadi ancaman mengingat ada sosok Ezechiel yang punya kemampuan yang bagus dalam duel udara. Selain itu, mobilitas Ezechiel juga bisa dimanfaatkan Persib untuk memecah konsentrasi pemain belakang lawan. Meski berposisi sebagai penyerang utama, namun penyerang asal Chad itu bukan tipikal penyerang yang senang berdiam diri di kotak 16 lawan.

Eze senang bergerak menjemput bola, hal yang kemudian membuatnya sulit untuk dikawal karena Eze pun memiliki kecepatan dan kemampuan passing yang baik.Kemampuan Eze, bisa menarik perhatian pemain Bali United, yang memungkinkan bagi pemain tengah Persib bisa merangsek ke kotak penalti dari lini kedua untuk menciptakan peluang atau bahkan mencetak gol.

Sementara Bali, kemungkinannya mereka akan bermain dengan pola serangan melalui bola pendek yang dialirkan dari belakang ke depan. Sosok sentral dari penyerangan mereka adalah Marcos Flores. Cenderung berperan sebagai pengatur serangan, Flores punya kemampuan distribusi yang baik. Selain itu, Bali United juga punya sosok Irfan Bachdim yang juga bisa beroperasi sebagai gelandang serang. Ia mampu menjadi katalis untuk menghubungkan lini tengah dan depan dengan baik.

Satu hal lain, Bali United juga punya lini sayap yang berbahaya. Mereka memiliki Yabes Roni di kanan ata Irfan Bachdim, dan Nick van der Velden di sayap kiri. Nilai plus untuk Velden, meski tidak memiliki kecepatan, namun pemain asal Belanda itu punya kemampuan mempertahankan bola yang bagus. Selain itu akurasi umpannya pun cukup baik. Sering kali ia menjadi kreator dari gol yang diciptakan barisan depan Bali United.

Dalam laga nanti, permainan diprediksi berjalan seimbang. Namun Persib masih diunggulkan meraih kemenangan dalam laga tersebut. Keuntungan bermain sebagai tuan rumah pastinya akan dimanfaatkan betul tim asuhan Emral Abus itu untuk mendulang poin penuh. Apalagi, pada pertemuan pertama keduanya di kompetisi, Persib takluk, sehingga pastinya ada ambisi dari mereka untuk membalas kekalahan tersebut.

(Rus/SN)

Foto: Panditfootball, Bali United

Komentar