Montella: Semua Pemain Milan Tidak Bekerja Sebagai Tim

Berita

by redaksi

Montella: Semua Pemain Milan Tidak Bekerja Sebagai Tim

AC Milan kalah telak dari Lazio. Pada lanjutan Serie A 2017/2018 giornata tiga, Milan kalah 1-4 di kandang Lazio. Ciro Immobile menjadi bintang lapangan dengan mencetak hattrick. Gol lain diciptakan oleh Luis Alberto dan Ricardo Montolivo.

Pelatih Milan, Vincenzo Montella, mengakui kekalahan anak asuhnya. Lebih jauh, melihat permainan timnya pada malam itu mantan pemain AS Roma tersebut mewajarkan Milan kalah dari Lazio. Menurutnya, Lazio bermain lebih kompak dan padu.

"Memang benar bahwa saat ini Lazio lebih padu sebagai tim, karena mereka belum berubah seperti yang kami lakukan musim panas ini. Pelajaran yang dapat kami ambil dari pertandingan hari ini adalah kami belum sempurna. Dalam sepakbola Italia, Anda tidak bisa lepas dengan apapun," ujar Montella pada Mediaset Premium.

Montella juga menyoroti mental para pemainnya pada kekalahan ini. Tak seperti Lazio yang bermain kolektif, Montella masih melihat sejumlah pemain yang masih belum menyatu dengan sistem permainan tim. Montella menjelaskan bahwa tersebut menjadi hal negatif bagi permainan tim secara keseluruhan.

"Saya berpikir di level individu Lucas Biglia dan Montolivo bermain bagus. Masalahnya ada di sektor lain," tutur Montella. "Kekalahan yang sangat buruk dan ada begitu banyak elemen negatif yang saling terkait. Sebuah insiden [penalti], di level psikologis, mengubah permainan dan mereka perlahan mengambil kendali. Lazio melakukannya dengan sangat baik dan mereka bersih dalam penyelesaian akhir. Kami tidak punya kekuatan mental untuk melawan, karena semua ingin mengubah permainannya sendiri, tidak bekerja sebagai tim."

Apa yang dikatakan Montella secara tersirat menyoroti perbandingan komposisi skuat Milan dan Lazio. Secara kualitas individu, Milan mungkin punya lebih banyak pemain dengan kualitas lebih baik, dengan 11 pemain anyar pada bursa transfer musim panas ini. Namun, Lazio yang tak banyak berubah menunjukkan kerjasama tim yang sudah terjalin dibanding Milan yang masih menyesuaikan strategi dan gaya permainan masing-masing pemain.

Tak seperti Milan, Lazio memang tak merombak skuatnya pada musim ini. Sang pelatih, Simone Inzaghi, hanya menambal sejumlah sektor yang ditinggalkan pemain-pemain yang hengkang. Luis Nani didatangkan untuk mengisi pos yang biasanya diisi oleh Keita Balde Diao. Lucas Leiva direkrut untuk menjaga kualitas lini tengah sepeninggal Lucas Biglia yang bergabung ke Milan. Sisanya merupakan pembelian pemain muda.

Hasilnya terlihat pada laga melawan Milan, Inzaghi hanya menurunkan Lucas Leiva yang merupakan pemain anyar mereka. Pemain-pemain anyar seperti Davide Di Gennaro, Felipe Caicedo, Simone Palombo dan Adam Marusic tak dimainkan meski menghuni bangku cadangan. Sementara itu Luis Nani juga belum masuk dalam daftar pemain Lazio. Maka Lazio benar-benar masih mengandalkan pemain-pemain yang musim lalu mengantarkan ke final Coppa Italia.

Karenanya masalah kekompakan tim begitu disoroti Montella pada laga ini. Hal ini juga diamini oleh kapten anyar mereka, Leonardo Bonucci. Pemain yang diboyong dari Juventus dengan harga 40 juta euro tersebut mengatakan bahwa kekalahan dari Lazio disebabkan oleh timnya yang kalah padu.

"Kami tidak fenomenal sebelum laga ini dan kami bukan bencana setelah ini. Benar bahwa kami harus bekerja untuk menjadi lebih padu sebagai tim, mengorbankan diri sendiri untuk tim dan selalu memberi 100 persen. Di Serie A dan Eropa, 99 persen tidak cukup," kata Bonucci seperti yang dikutip football-italia.

"Ini tidak boleh mengubah ambisi kami, tapi jadi pelajaran berharga. Kami seharusnya lebih padu sepanjang laga, tapi penalti itu membuat kami ambruk. Kami harus memperbaiki detailnya," lanjut Bonucci.

Atas kekalahan ini, Milan untuk sementara menempati posisi ketujuh dengan raihan enam poin dari tiga laga. Sementara itu Lazio merangsek ke posisi empat dengan mengemas tujuh poin. Juventus, Internazionale Milan dan Napoli masih bertengger di tiga besar dengan hasil sempurna di tiga laga perdana mereka.

Komentar