Unai Emery Siapkan Debut Kylain Mbappe Bersama Paris Saint-Germain (PSG)

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Unai Emery Siapkan Debut Kylain Mbappe Bersama Paris Saint-Germain (PSG)

Kylain Mbappe resmi dipinjam Paris Saint-Germain (PSG) dengan opsi penebusan seharga 180 juta euro. Harga untuk mempermanenkannya itu akan menjadikannya sebagai pemain termahal kedua setelah Neymar yang dibeli 222 juta euro dari Barcelona.

Mbappe akan menjalani debutnya untuk PSG ketika bertandang ke FC Mets di Stadion Saint-Symphorien, Sabtu (9/9) dini hari. Persiapan debut Mbappe itu sendiri dikatakan pelatihnya di PSG, Unai Emery. Ia menjanjikan Mbappe tetap dimainkan walau baru membela Prancis pada jeda internasional selama hampir dua pekan lalu. Pemain 18 tahun itu baru dimainkan Prancis pada dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia.

Mbappe menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Prancis atas Belanda pada pertandingan pertama jeda internasional lalu. Tapi ia gagal mencetak gol pada pertandingan kedua saat melawan Luksemburg dan pertandingan berakhir dengan skor 0-0, "Dia siap. Dia sudah bersama tim ini pada hari Senin dan Selasa. Tapi dia bermain dengan Prancis, dia baru saja menjalani beberapa sesi latihan ringan," kata Emery.

"Dia akan dimainkan, dia di dalam kondisi yang bagus. Saya pikir dia siap untuk berada di dalam kelompok ini dan bermain dengan kami dan itulah yang paling kami inginkan," sambung mantan Pelatih Sevilla tersebut, seperti yang dikutip dari Fourfourtwo.

Debutnya diperkirakan bakal diturunkan sebagai pemain pengganti salah satu dari pemain sayap PSG dalam formasi 4-3-3. Pemain sayap yang bisa digantikan pria didikan asli Monaco itu adalah Angel Di Maria atau Neymar. Sebetulnya tidak masalah bagi Mbappe untuk ditempatkan di sayap kanan maupun kiri karena ia biasa melayani penyerang tengah selama musim lalu di Monaco.

Pada saat itu Mbappe dijadikan penyerang kedua dan mampu memberikan delapan asis dari 29 penampilannya di Ligue 1 2016/2017. Kendati demikian, ia tetap produktif dengan menjaringkan 15 gol. Maka dari itu Mbappe juga cocok untuk menggantikan posisi Cavani di penyerang tengah. Jika melihat lini depan PSG sejauh ini, Neymar di sayap kiri selalu bermain waktu penuh. Berbeda dengan Di Maria yang sempat satu kali digantikan Julian Draxler pada posisi sayap kanan.

Maka ada kemungkinan Neymar-lah yang akan digantikan Mbappe nanti. Atau justru Di Maria yang menjadi bahan rotasi Mbappe yang mengandalkan kaki kanannya. Ketika memperkuat Prancis pada jeda internasional kemarin pun Mbappe menempati posisi sayap kanan. Menjadi rotasi Di Maria bisa mengalihkan Draxler menjadi rotasi Neymar, atau justru ia malah tersingkir dari skuat ini.

Kemungkinan lainnya, Mbappe juga bisa menggantikan posisi Edinson Cavani sebagai penyerang tengah. Namun yang jelas, Mbappe bisa memerankan posisi apapun di lini depan kesebelasannya tersebut, "Dia adalah pemain bertipikal menyerang. Kami memiliki semua pemain yang diinginkan untuk permainan menyerang dan kami juga bekerja untuk memahami bagaimana cara mereka bermain," aku Emery

"Posisi? Kami tahu dia (Mbappe) bisa bermain sebagai penyerang, tapi dia bisa dimainkan di sayap kiri atau bahkan di sayap kanan. Saya telah berbicara dengan Kylian dan kami telah membicarakan keinginan kami bagaimana dia akan bermain. Tapi dia selalu memikirkan kepentingan timnya terlebih dahulu," terang Emery lebih lanjut.

Setelah menghadapi Metz, PSG akan menjalani pertandingan pertamanya di Liga Champions musim ini dengan bertandang ke Glasgow Celtic di Stadion Celtic Park, Rabu (13/9) dini hari. Kemudian PSG langsung menjamu Olympique Lyonnais di Stadion Parc des Princes, Senin (17/9). Sementara PSG sendiri masih menduduki puncak klasemen Ligue 1 dengan raihan 12 poin sama seperti Monaco di bawahnya.

Komentar