Semangat Kebhinekaan dan Peringkat Lima yang Sedang Diperjuangkan Indonesia

Berita

by redaksi

Semangat Kebhinekaan dan Peringkat Lima yang Sedang Diperjuangkan Indonesia

Perjalanan Indonesia dalam ajang Homeless World Cup 2017 sudah mencapai puncaknya. Berada di babak trofi yang mempertemukan delapan tim terbaik, Indonesia akan bersaing memperebutkan peringkat lima dengan Portugal.

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, melalui babak pertama dan kedua serta bersaing dengan 60 negara lainnya dalam ajang Homeless World Cup 2017, timnas Indonesia akhirnya dapat melaju ke babak trofi atau Trophy Stage. Di babak ini, Indonesia tergabung bersama delapan tim lain untuk memperebutkan trofi HWC 2017.

Walau berhasil lolos ke Trophy Stage, perjalanan Indonesia di babak ini menemui hambatan. Kekalahan 3-4 atas Meksiko membuat Indonesia gagal untuk meraih trofi HWC 2017. Tapi perjalanan Indonesia belumlah usai. Timnas Indonesia masih berpeluang untuk mengakhiri turnamen di peringkat kelima setelah meraih kemenangan atas Bosnia-Herzegovina dengan skor 4-3 dalam laga yang berlangsung Senin (4/9/2017) waktu setempat.

Memang dari segi persiapan, kekalahan Indonesia atas Meksiko disebabkan karena kesiapan Meksiko yang lebih baik daripada timnas Indonesia, baik itu secara individu maupun secara tim. Namun kegagalan Indonesia meraih trofi dalam ajang HWC 2017 ini lantas tidak membuat para pemainnya bersedih.

Kapten timnas HWC 2017, Pinsa Prahadian, menyebut bahwa ada hal yang lebih penting yang didapat oleh para pemain Indonesia melebihi kemenangan semata. Semangat kebhinekaan, serta semangat untuk menghapuskan stigma tampak nyata terlihat selama timnas Indonesia menjalani ajang HWC 2017 di Oslo, Norwegia ini. Ada hal-hal lain yang dipelajari oleh para pemain selama di Norwegia.

"Siapapun (lawan) di turnamen ini, di awal pertandingan selalu mengucapkan seoga beruntung kepada lawannya. Ada pelajaran tertentu dari ucapan itu. Selain itu, ada pelajaran lain yang bisa diambil, yaitu perbedaan itu nyata dan indah jika dilihat dari persamaannya, yaitu sama-sama bermain sepakbola," ujar pria yang baru saja berulang tahun ke-27 tersebut.

Sejauh ini timnas Indonesia untuk HWC 2017 yang dimotori oleh Rumah Cemara ini telah melaju ke babak trofi yang mempertemukan 8 tim peringkat teratas. Meskipun di babak 8 besar ini Indonesia berhasil menundukkan Bosnia-Herzegovina, namun kekalahan dari Meksiko membuat Indonesia hanya akan memperebutkan peringkat ke-5 dengan Portugal dalam laga terakhir yang akan berlangsung Selasa (5/9/2017) waktu setempat.

(sf)

Komentar