Valencia Akan Memaksimalkan Serangan Balik Menghadapi Real Madrid

Analisis

by redaksi

Valencia Akan Memaksimalkan Serangan Balik Menghadapi Real Madrid

Santiago Bernabeu akan kedatangan tamu-tamu kelelawar (bukan Batman), yaitu Valencia. Kedua kesebelasan sama-sama meraih kemenangan di pekan pertama La Liga Spanyol, dengan Real Madrid menang 3-0 atas Deportivo, sementara Valencia menang 1-0 atas Las Palmas.

Meskipun pada pekan pertama tersebut Sergio Ramos harus terkena kartu merah, tapi ini tidak lantas membuat Real tidak diunggulkan. Bagaimanapun, Los Blancos memiliki tren positif sejak mereka mengakhiri pra-musim, yaitu menjuarai Piala Super UEFA dan Piala Super Spanyol.

Sementara Valencia yang memiliki pelatih baru, Marcelino García Toral, masih meraba skuatnya di awal musim ini. Pertemuan melawan Real Madrid terasa begitu dini bagi Los Che.

Perkiraan susunan pemain

Cristiano Ronaldo masih harus menjalani larangan bertanding sebanyak lima laga yang ia terima saat berjumpa Barcelona di Piala Super Spanyol leg pertama. Ia akan absen bersama dengan Ramos. Absennya mereka berdua membuat Raphael Varane disiapkan menjadi bek tengah bersama dengan Nacho Fernandez, serta Gareth Bale yang kembali akan berduet dengan Karim Benzema di depan.

Sementara itu, Valencia bisa saja menurunkan beberapa pemain baru mereka, seperti Geoffrey Kondogbia, Gabriel Paulista, dan Jeison Murillo. Ketiga pemain tersebut berada dalam status yang fit. Hanya Luis Nani yang harus absen karena cedera.

Tanpa Ronaldo, Real Madrid tetap mengandalkan Isco

Pada tengah pekan yang lalu, Real Madrid mencoba menjaga kebugaran para pemainnya di awal musim ini dengan memainkan pertandingan persahabatan melawan Fiorentina yang mereka menangkan dengan skor 2-1.

Selain Ramos, Zinedine Zidane sepertinya tidak akan melakukan banyak perubahan susunan pemain saat melawan Valencia nanti. Dengan formasi andalannya, yaitu 4-3-1-2, saat Bale atau Ronaldo absen, akan membuat Isco bebas mengeluarkan magisnya dari lini tengah. Pada saat menang di kandang Deportivo di pekan pertama, Isco mencatatkan tiga dribel dan 83% akurasi operan.

Isco kembali akan dilindungi oleh trio Casemiro, Luka Modric, dan Toni Kroos di belakangnya. Saat membangun serangan, Kroos akan berada di posisi yang paling dalam untuk mengirimkan umpan-umpan akuratnya, di mana ia berhasil mencatatkan 74 umpan yang akurat (90%) di pekan pertama, yang merupakan angka terbaik di antara para pemain Real lainnya.

Kemudian permainan sayap Real Madrid akan ditampilkan oleh kedua bek sayap mereka, yaitu Marcelo di kiri dan Dani Carvajal di kanan. Dengan skema seperti ini, penampilan Los Blancos sedang baik-baiknya. Mereka juga tidak pernah gagal mencetak gol, apalagi di kandang sendiri.

Valencia akan memaksimalkan serangan balik dengan absennya Ramos

Di sisi yang lain, Valencia memang sempat mengalahkan Real Madrid 2-1 musim lalu. Tapi itu terjadi di Mestalla. Jika Valencia jeli, mereka akan memanfaatkan kesempatan saat Real sedang asyik-asyiknya menyerang, terutama saat Marcelo dan Carvajal naik.

Pada saat menyerang tersebut, biasanya Real mangantisipasi serangan balik lawannya dengan membuat Casemiro berada di posisi yang dalam, hampir sejajar dengan dua bek tengah, sehingga membentuk formasi seperti tiga bek.

Bentuk ini bisa jadi kurang sempurna dengan absennya Ramos, yang kemudian akan sedikit melemahkan pertahanan Real Madrid. Serangan balik yang dikombinasikan dengan umpan-umpan silang bisa saja membuat pertahanan Real Madrid kerepotan.

Absennya Ramos ini akan semakin membuat Casemiro, gelandang bertahan Los Blancos, bekerja keras untuk meminimalisir ancaman dari serangan Los Che.

Dari lini tengah Valencia, Kondogbia dan Daniel Parejo kemungkinan besar akan berduet sebagai gelandang tengah untuk memperkuat lini tengah Valencia. Real Madrid perlu mewaspadai ancaman dari lini kedua, terutama dari permainan Parejo.

Prediksi

Tanpa Sergio Ramos, Casemiro akan bekerja ekstra keras di lini tengah. Ini adalah kesempatan emas bagi Valencia untuk menciptakan banyak peluang, terutama lewat skema serangan balik. Real Madrid akan lebih kerepotan lagi jika Casemiro tidak bisa menyelesaikan pertandingan selama 90 menit, entah karena cedera atau kartu merah.

Menimbang Real Madrid yang sedang on fire, kemudian Valencia yang baru kedatangan beberapa pemain anyar (dan pelatih anyar), maka Los Che kemungkinan besar akan bermain defensif.

Jika Real Madrid sulit membuka pertahanan Valencia, mereka bisa mencoba banyak tembakan dari luar kotak penalti. Beberapa situasi set piece juga bisa menguntungkan kedua kesebelasan, asal tidak melibatkan banyak pelanggaran terlebih dahulu yang beberapa di antaranya berujung kartu.

Meskipun demikian, Real Madrid masih lebih kuat daripada Valencia secara umum, meskipun mereka bermain tanpa Ramos dan Cristiano Ronaldo.

(dex)

Komentar