Everton yang Sekarang Lebih Berbahaya, Untuk Chelsea

Analisis

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Everton yang Sekarang Lebih Berbahaya, Untuk Chelsea

Setelah meraih kemenangan dalam pertandingan pekan ke-2 Liga Primer menghadapi Tottenham Hotspur, Chelsea akan melanjutkan kiprah mereka dalam ajang Liga Primer menghadapi Everton di Stamford Bridge, Minggu (27/8/2017) malam.

The Toffees, dalam perjalanan mereka di Liga Primer, adalah tim yang kerap memberikan kesulitan bagi The Blues. Mereka kerap memberikan perlawanan sengit, meski pada akhirnya tak jarang juga Everton takluk dari Chelsea. Dalam laga nanti, Everton diperkirakan kembali akan memberikan kesulitan bagi The Blues, yang masih berjuang mencari bentuk penampilan terbaik mereka di awal musim 2017/2018 ini.

Sekarang, dengan berdatangannnya pemain-pemain berkualitas ke skuat The Toffees, Everton akan menjadi tim yang lebih berbahaya di Liga Primer, pada umumnya, dan juga semakin berbahaya bagi Chelsea, pada khususnya.

Hazard masih dalam proses pemulihan, Tom Davies berpeluang masuk skuat

Pemain penting Chelsea di musim 2016/2017, Eden Hazard, masih tidak akan tampil dalam laga melawan Everton. Kabar terakhir yang didapat dari jumpa pers jelang laga melawan Everton, Jum`at (25/8/2017), ia masih dalam tahap proses pemulihan, dan sedang mengembalikan kondisi fisiknya dengan tampil bersama tim U23 Chelsea. Gary Cahill pun belum bisa tampil akibat hukuman kartu merah yang ia terima di laga pertama melawan Burnley.

Selain kedua pemain tersebut, Chelsea bisa memainkan semua pemainnya. Cesc Fabregas sudah bisa main dan bisa dipasang sebagai inside forward di belakang penyerang. David Luiz pun bisa kembali ke posisi awalnya di posisi defender setelah dalam laga melawan Spurs menjadi gelandang bertahan bersama N`Golo Kante.

Sedangkan bagi Everton, Wayne Rooney masih akan menjadi andalan mereka di lini depan. Menggantikan Morgan Schneiderlin yang terkena kartu merah dalam laga melawan City, Tom Davies berpeluang besar untuk masuk skuat Everton dalam laga melawan Chelsea. Pemain-pemain lain macam Mason Holgate, Gylfi Sigurdsson, serta Leighton Baines dalam kondisi siap tempur lawan The Blues.

Meski kuat di kandang, sekarang Chelsea harus waspada

Chelsea memiliki rekor yang cukup apik dalam laga melawan Everton di Stamford Bridge. Dilansir dari Whoscored, Chelsea selalu memenangkan 23 laga kandang terakhir mereka kala menghadapi Everton. Sebuah catatan yang cukup baik, mengingat Everton juga kerap gagal menang dalam sembilan laga tandang terakhir mereka dalam ajang Liga Primer.

Namun bagi Everton yang sekarang, Chelsea tidak boleh memandang sebelah mata. Menang dalam laga awal melawan Stoke City serta mampu menahan imbang Manchester City di Stadion Etihad pada pekan kedua, adalah bukti bahwa Everton punya peluang untuk merepotkan Chelsea. Manajer The Blues, Antonio Conte pun bahkan berani menyebut bahwa Everton punya peluang untuk bertransformasi menjadi tim elit Liga Primer.

The Toffees pun memiliki skuat yang cukup mumpuni untuk memberikan kejutan. Selain Wayne Rooney, yang memberikan sebuah suntikan tenaga di lini depan, ada nama-nama macam Sigurdsson maupun Calvert-Lewin yang juga bisa memberikan tekanan dari lini kedua. Permainan direct serta sistem mirroring yang kemungkinan besar dipakai Koeman dalam menghadapi skema dasar 3-4-2-1 Chelsea juga menjadi sesuatu yang bisa memberikan kejutan kepada The Blues.

Tapi Conte adalah manajer dengan segudang strategi. Seperti yang ia tampilkan saat melawan Spurs, bisa saja dalam laga melawan Everton nanti manajer asal Italia tersebut sudah menyimpan strategi khusus.

Prediksi line-up dan prediksi pertandingan, Chelsea menang dengan skor tipis

Untuk posisi starting XI, kemungkinan besar tidak akan banyak perubahan yang dilakukan oleh Conte. Di lini belakang, Luiz kemungkinan besar akan kembali menjadi libero, mendampingi dua sweeper Antonio Rüdiger dan Cesar Azpilicueta. Cesc Fabregas akan mengisi posisi Hazard, dengan duo lini tengah akan diisi oleh Tiemoue Bakayoko dan N`Golo Kante. Marcos Alonso dan Victor Moses masih akan menjadi wing-back kiri dan kanan.

Di skuat Everton, nama Tom Davies kemungkinan besar akan mengisi posisi lini tengah Everton, mendampingi Idrissa Gueye/Muhamed Besic. Michael Keane, Ashley Williams, dan Phil Jagielka, jika Koeman menggunakan skema tiga bek, akan mengisi posisi tiga bek Everton. Rooney akan berada di depan, dibantu Calvert-Lewin dan Sigurdsson di belakangnya.

Untuk prediksi, kemungkinan besar Chelsea bisa memenangkan laga ini, tapi dengan skor tipis. Dengan kekuatan skuat yang dimiliki Everton sekarang, mereka akan menjadi kesebelasan yang lebih berbahaya dari sebelumnya.

Komentar