Adu Tajam Lini Serang Liverpool dan Arsenal di Anfield

Analisis

by Redaksi 24

Redaksi 24

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Adu Tajam Lini Serang Liverpool dan Arsenal di Anfield

Pekan ketiga Liga Primer Inggris bakal menyajikan pertandingan besar; Liverpool melawan Arsenal. Meski tak ada bumbu yang berpotensi membuat pertandingan berjalan panas, namun laga yang akan berlangsung di Stadion Anfield pada Minggu (27/8) malam WIB itu tetap akan menarik untuk disimak, mengingat status keduanya sebagai kesebelasan besar di sepakbola Inggris.

Arsenal pada pertandingan sebelumnya menelan kekalahan tipis 0-1 dari Stoke City. Hasil tersebut membuat mereka tercecer diposisi 11 klasemen sementara Liga Primer. Namun bukan hal mudah bagi Arsenal tentunya memetik tiga poin di Anfield. Liverpool tengah dalam semangat yang menggebu setelah memastikan diri lolos ke putaran final Liga Champions usai menumbangkan Hoffenheim dengan agregat 6-3 (2-1 dan 4-2).

Tak hanya itu pada pertandingan terakhirnya di kompetisi domestik melawan Crystal Palace, mereka juga sukses meraih kemenangan tipis 1-0 di Anfield. Total Liverpool telah mengemas empat poin dari dua laga yang dilakoni di Liga Primer. Tapi Liverpool juga bukan berarti tanpa cela.

Masalah Pertahanan Liverpool yang Rapuh

Liverpool punya modal yang kuat untuk memenangkan pertandingan tersebut. Selain kemenangan back-to-back yang mereka raih atas Arsenal musim lalu, Liverpool juga punya lini serang yang berbahaya. Memang mereka masih belum diperkuat Philippe Coutinho yang masih mengalami cedera punggung, namun trisula Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah menjadi ancaman nyata bagi Arsenal dari sektor depan.

Sementara di tengah, skema tiga gelandang Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, dan Emre Can tampaknya masih akan diandalkan Juergen Klopp selagi menunggu kesiapan Adam Lallana untuk bermain. Pemain asal Inggris itu saat ini juga masih dalam proses pemulihan cedera.

Tapi Liverpool bukan tanpa cacat, lini pertahanan mereka terbilang masih sangat mengkhawatirkan. Total sudah enam kali gawang Liverpool berhasil dibobol lawan dari empat pertandingan yang mereka lakoni di semua ajang (tiga gol oleh Watford dan tiga gol dari Hoffenheim dalam dua leg play-off Liga Champions). Catatan nirbobol mereka hanya terjadi di laga melawan Palace, selebihnya gawang mereka selalu berhasil dijebol lawan.

Ini menjadi peringatan, karena Arsenal punya pemain-pemain yang berpotensi untuk memorak-porandakan pertahanan Liverpool meski tanpa Alexis Sanchez dan Santi Cazorla yang masih mengalami cedera. Pemain-pemain semisal Alexandre Lacazette, Danny Welbeck, dan Alex Oxlaide-Chamberlain cukup berpotensi merepotkan pertahanan Liverpool yang diprediksi bakal digalang duet Joel Matip dan Dejan Lovren sebagai bek tengah, Trent Alexander-Arnold di kanan dan Alberto Moreno di kiri.

Namun, Arsenal juga memiliki permasalahan yang sama dengan Liverpool, yaitu area pertahanan. Catatan kebobolan mereka juga tidak lebih baik dari Liverpool. Dari dua pertandingan terakhir, empat kali gawang Peter Cech berhasil di bobol lawan (tiga dari Leicester dan satu dari Stoke City).

Permasalahan lini belakang Arsenal agak berbeda dengan Liverpool, karena permasalahan ini mengacu pada kurang sigapnya gelandang jangkar mereka, Granit Xhaka, untuk mengawal area luar kotak penalti yang memungkinkan pemain lawan bergerak bebas untuk masuk atau mengirim bola ke area penalti. Selain itu berpotensi pula bagi lawan untuk menciptakan peluang melalui tembakan jarak jauh.

Dalam laga nanti besar kemungkinan Arsenal akan menerapkan formasi 3-4-2-1, trio defender Skhodran Mustafi, Nacho Monreal, dan Kolasinac akan diapit empat gelandang yang terdiri dari Granit Xhaka, Aaron Ramsey, Hector Bellerin dan Chamberlain. Sementara Mesut Oezil dan Danny Welbeck akan mengapit di belakang Lacazette yang kemungkinan di plot sebagai penyerang utama.

Permainan Terbuka dan Potensi Jual Beli Serangan

Melihat skema yang akan diturunkan kedua kesebelasan dalam laga nanti, faktor yang sangat memantik perhatian tentunya keagresivitasan kedua tim dalam membangun serangan. Arsenal dan Liverpool sama-sama memiliki kualitas di lini serang, meski memang lini pertahanan kedua tim tersebut terbilang rapuh.

Melihat catatan gol yang berhasil diraih Liverpool dalam empat pertandingan terakhir, yakni 10 gol dari empat pertandingan, sisi produktivitas tentu dimiliki mereka. Selain itu atmosfer Anfield juga akan menambah aura positif bagi para pemain Liverpool. Diprediksi dalam laga nanti The Reds akan memenangkan pertandingan dengan skor meyakinkan.

Foto:Mirror.co.uk

Komentar