Pemain Indonesia yang Absen dalam Laga Semi-final Melawan Malaysia

Berita

by redaksi

Pemain Indonesia yang Absen dalam Laga Semi-final Melawan Malaysia

Timnas U22 Indonesia berhasil lolos dari lubang jarum. Lewat kemenangan 2-0 yang mereka raih atas Kamboja dalam pertandingan terakhir grup B, Kamis (24/8/2017) di Stadion Shah Alam, Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal, mendampingi timnas U22 Thailand yang juga lolos usai menang telak 3-0 atas timnas U22 Vietnam di Stadion MP Selayang, dalam waktu yang bersamaan.

Namun, Indonesia tetap harus waspada. Meski meraih kemenangan dan berhasil lolos ke babak semifinal, Indonesia mendapatkan sedikit ketidakberuntungan. Tiga pemain mereka, yaitu Hansamu Yama Pranata, M. Hargianto, serta Marinus Wanewar dipastikan absen dalam laga semifinal melawan timnas U22 Malaysia yang akan dihelat pada Sabtu (26/8/2017).

Ketiga pemain tersebut absen karena sudah mendapatkan kartu kuning di laga sebelumnya di fase grup. Hargianto mendapatkan kartu kuning ketika melawan Thailand. Marinus mendapatkan kartu kuning di laga melawan Timor Leste, sedangkan Hansamu mendapatkan kartu kuning di laga melawan Filipina.

Sebenarnya ada kebijakan pemutihan yang diterapkan oleh panitia sepakbola SEA Games 2017. Disebutkan di dalam regulasi sepakbola SEA Games 2017, poin 9.8.2 bahwa pemutihan kartu berlaku bagi pemain yang hanya mengantongi satu kartu kuning sampai akhir pertandingan fase grup.

Baca Juga: Pemutihan Kartu SEA Games 2017

Cukup disayangkan Hansamu, Hargianto, serta Marinus mendapatkan kartu kuning di laga melawan timnas U22 Kamboja ini. Akibat dari kartu kuning tersebut, ketiga pemain ini harus absen dalam laga melawan timnas U22 Malaysia di babak semifinal.

Meski begitu, masih ada beberapa stok pemain lain yang bisa menggantikan peran Hargianto, Hansamu, serta Marinus. Mengisi posisi Hargianto, ada opsi lain yang bisa dipilih seperti memainkan Hanif Sjahbandi atau Osvaldo Haay di tengah. Menggantikan Hansamu, ada nama Ryuji Utomo yang bisa menemani Andy Setyo ataupun Ricky Fajrin di lini pertahanan. Di posisi Marinus, ada Ezra Walian yang baru saja mencetak gol perdana di laga melawan Kamboja.

Menghadapi Malaysia di babak semifinal nanti, Luis Milla tidak perlu khawatir. Opsi-opsi pemain lain untuk menggantikan tiga pilar timnas yang absen tersebut masih ada, dan mereka bisa tampil menggantikan ketiga pilar timnas tersebut.

(sf)

Komentar