Hitung-Hitungan Indonesia Agar Lolos ke Semi-final SEA Games 2017

Berita

by Redaksi 24 34655

Redaksi 24

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Hitung-Hitungan Indonesia Agar Lolos ke Semi-final SEA Games 2017

Indonesia harus puas mengakhiri pertandingan keempatnya melawan Vietnam dengan hasil imbang 0-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa (22/08). Itu adalah hasil imbang kedua yang diraih Indonesia di SEA Games 2017, Malaysia. Sebelumnya, hasil imbang didapat mereka saat berhadapan dengan Thailand di laga perdana, juga dengan skor 1-1.

Hasil tersebut membuat Indonesia tertahan di posisi tiga klasemen sementara Grup B dengan 8 poin. Sementara Vietnam kokoh di puncak klasemen dengan 10 poin. Sementara di posisi dua, Thailand membuntuti juga dengan 10 poin setelah mereka berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Filipina di Stadion Selayang, Selangor. Thailand hanya kalah selisih gol dari Vietnam.

Hitung-hitungan peluang lolos

Hasil imbang tersebut secara kasat mata membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak semi-final agak berat. Namun peluang tersebut masih terbuka lebar. Masih banyak kemungkinan yang bisa diambil Indonesia pada pertandingan terakhir nanti melawan Kamboja. Indonesia mau tidak mau harus bisa meraih kemenangan atas Kamboja dengan skor telak untuk menambah perolehan poin mereka menjadi 11.

Penentuan posisi di babak grup SEA Games 2017 adalah, sesuai urutan: perolehan poin, selisih gol, dan kemudian jumlah gol. Jika semua tadi masih sama, maka peringkat akan ditentukan dengan tim paling fair play dihitung berdasarkan jumlah kartu dan terakhir undian jika tetap imbang.

Masalah bagi Indonesia bukan hanya itu saja, nasib mereka juga akan ditentukan pada pertandingan terakhir lainnya di Grup B antara Thailand melawan Vietnam. Tentunya diharapkan tidak ada main mata dalam pertandingan tersebut, artinya Indonesia berharap agar salah satu dari kedua kesebelasan tersebut bisa memenangkan pertandingan saat saling jumpa di laga terakhirnya.

Bila Vietnam kalah, maka Thailand otomatis meraih 13 poin dan Vietnam tertahan dengan 10 poin. Indonesia yang akan mendapatkan 11 poin bila menang atas Kamboja di laga terakhir akan lolos sebagai runner-up Grup B mendampingi Thailand.

Hasil yang tidak akan jauh berbeda juga akan dialami Indonesia, bila Vietnam meraih kemenangan atas Thailand. Tiket semi-final tetap digenggam Indonesia, kalau berhasil mengalahkan Kamboja di laga terakhir. Sebab, perolehan poin Vietnam akan bertambah menjadi 13 dan Thailand tertahan dengan 10 poin. Seperti sudah disebutkan di atas, kemenangan atas Kamboja akan membuat Indonesia meraih 11 poin, dan lolos mendampingi Vietnam sebagai runner-up grup.

Sementara bila hasil pertandingan antara Thailand melawan Vietnam berakhir imbang, dan Indonesia menang atas Kamboja, maka penentuan lolos ke babak semi-final akan ditentukan dengan hitungan selisih gol, karena Indonesia, Thailand, dan Vietnam akan sama-sama mengemas 11 poin. Melihat perolehan gol tiga kesebelasan itu, Indonesia berada di posisi buncit dengan plus empat gol, sementara Vietnam +11 dan Thailand +6 gol.

Artinya, Indonesia harus bisa meraih kemenangan dengan skor telak atas Kamboja, minimal mereka bisa menang dengan skor lebih dari selisih tiga gol (3-0, 4-1, 5-2, dst).

Bahkan kalau bisa menang dengan skor lebih lebih dari selisih delapan gol (8-0, 9-1, dst) mereka bisa menjadi juara grup, menggeser Vietnam. Tentunya sangat diharapkan kemenangan telak bisa diraih Indonesia untuk menjaga asa lolos ke babak semi-final.

Komentar