Rangkuman Hal Menarik Serie A 2017/2018 Giornata Satu

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Rangkuman Hal Menarik Serie A 2017/2018 Giornata Satu

Serie-A 2017/2018 resmi dimulai dengan pertandingan antara juara bertahan Juventus menghadapi Cagliari. Musim ini menjadi pengenalan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Serie-A. Sementara itu, AC Milan menjadi kesebelasan dengan statistik terbagus dan SPAL bernasib lebih baik daripada kesebelasan promosi lainnya.

Debut Penggunnaan VAR di Serie-A

Pertama kalinya VAR diterapkan di Serie-A pada pertandingan pembuka Juventus menghadapi Cagliari di Stadion Allianz. Penggunaan teknologi tersebut langsung berbuah keputusan pada laga tersebut yang menganulir keputusan wasit jelang turun minum. Pada saat itu wasit membiarkan pelanggaran Alex Sandro kepada Duje Cop di dalam kotak penalti Juventus.

Melalui VAR, pelanggaran yang dilakukan Sandro itu berhasil ketahuan sehingga Cagliari berhak mendapatkan penalti. Tapi penalti yang dieksekusi Diego Farias itu berhasil dimentahkan Gianluigi Buffon. Juventus pun menang pada laga tersebut dengan skor 3-0 atas gol yang dicetak Mario Mandzukic, Paulo Dybala, dan Gonzalo Higuain.

SPAL Bernasib Lebih Baik

Ada tiga kesebelasan promosi pada Serie-A musim ini, yaitu Benevento, Hellas Verona, dan SPAL 2013. Tapi hanya SPAL yang bisa dikatakan beruntung dalam partai perdana Serie-A 2017/2018. Kesebelasan tersebut berhasil menahan imbang tuan rumah SS Lazio dengan skor 0-0. Nasib yang berbeda dengan Benevento yang sama-sama melakukan partai tandang di giornata 1 ini. Mereka dikalahkan Sampdoria dengan skor 2-1 di Stadion Luigi Ferraris.

Lebih ironis lagi nasib dari Hellas Verona karena di kandang sendiri mereka justru dikalahkan Napoli dengan skor 3-1. Hasil-hasil kesebelasan promosi itu membuat SPAL paling tinggi di klasemen sementara dari pada Verona dan Benevento. SPAL berada di peringkat 11, sementara Benevento di peringkat 15 dan Verona di peringkat 17 jurang degradasi.

Impresifnya Mauro Icardi Taklukan Fiorentina

Luciano Spalletti langsung memberikan tuahnya kepada Internazionale Milan ketika mengalahkan Fiorentina dengan skor 3-0. Ia juga beruntung memiliki penyerang seproduktif Mauro Icardi di kesebelasannya. Icardi langsung mencetak gol ketika pertandingan berjalan enam menit melalui penalti. Kemudian ia mencetak gol keduanya pada menit 15` setelah mendapatkan umpan silang dari Ivan Perisic.

Dua gol itu dicetak Icardi dari empat percobaan tembakan dan seluruhnya mengarah ke gawang. Raihan golnya pada giornata 1 ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sementara Serie-A musim ini bersama Fabio Quagliarella dari Sampdoria. Tidak hanya berupaya mencetak gol, Icardi juga memberikan dua umpan kunci kepada rekan-rekannya. Penyerang asal Argentina itu juga memenangkan tiga duel udara pada pertandingan ini.

AC Milan Memiliki Statistik Terbaik

Manuver transfer dan hasil pra-musim AC Milan langsung membuahkan sesuatu yang memuaskan. Walau bertanding di kandang Crotone, Stadion Ezio Scida, Milan berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor tiga gol tanpa balas. Gol Milan terjadi ketika pertandingan baru berjalan enam menit melalui eksekusi penalti Franck Kessie. Kemudian Patrick Cutrone menggandakan keunggulan pada menit 18`. Parade gol Milan ditutup oleh Suso pada menit 23` dan tidak ada lagi gol yang terjadi pada babak kedua.

Khusus Crutone, ia menjadi pemain terbaik pada laga ini karena memberikan asis kepada Suso selain mencetak gol pada beberapa menit sebelumnya. Pujian lain untuk Milan pada laga ini adalah catatan statistiknya yang lebih bagus daripada kesebelasan lain. Milan merupakan kesebelasan dengan penguasaan bola tertinggi sebesar 72,3% dan operan paling akurat dengan rasio 90,3%. Kesebelasan berjuluk I Rossoneri itu pun memuncaki klasemen sementara Serie-A 2017/2018.

Kartu-kartu Giornata 1

Serie-A giornata 1 ini dihiasi dengan dua kartu merah yang masing-masing didapatkan Crotone dan Napoli. Kartu merah langsung Crotone didapatkan Federico Ceccherini ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Sementara kartu merah Napoli didapatkan Elseid Hysaj karena mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 82`. Kartu kuning pertamanya didapatkan pada menit 51`.

Sementara kartu kuning terbanyak pada giornata 1 ini didapatkan Milan dan Genoa. Masing-masing kesebelasan itu mendapatkan tiga kartu kuning pada partai perdana Serie-A musim ini. Kartu kuning Milan didapatkan Leonardo Bonucci, Manuel Locatelli dan Cutrone. Sementara Genoa didapatkan Luca Rossettini, Miguel Veloso dan Santiago Gentiletti.

Komentar