Mengoptimalkan Free Transfer Unlimited di Tiga Pekan Pertama Liga Fantasia

Football Culture

by redaksi

Mengoptimalkan Free Transfer Unlimited di Tiga Pekan Pertama Liga Fantasia

Permainan fantasy football Liga Fantasia Serie A musim 2017/2018 akan bergulir mulai akhir pekan ini, yang dibuka dengan duel Juventus menjamu Cagliari pada Sabtu (19/8/2017) pukul 23:00 WIB. Menurut jadwal yang dirilis, dua pertandingan akan dihelat pada Sabtu waktu setempat, dan delapan laga pada keesokan harinya.

Bursa transfer musim panas Serie A sendiri tetap dibuka sampai akhir Agustus 2017. Sebab itu, apapun bisa terjadi di pekan-pekan awal kompetisi, seperti perpindahan pemain dari kesebelasan Serie A ke kesebelasan Serie A lainnya, atau ke tim divisi di bawahnya, atau pemain yang hengkang ke luar Serie A.

Pada Liga Fantasia musim 2017/18, diterapkan aturan Transfer. Sebelum kita membahas Free Transfer Unlimited di 3 (tiga) pekan pertama Liga Fantasia, kami coba menjelaskan tentang aturan Transfer.

Aturan Transfer di Liga Fantasia adalah sebuah aturan ketika manajer tim boleh menjual pemain dan membeli pemain setelah memilih/membeli 15 pemain ketika mendaftarkan tim.

Aktivitas menjual dan membeli ini berlangsung sekaligus dalam satu posisi yang sama, misalnya manajer menjual salah satu gelandang Roma, maka manajer wajib membeli gelandang dari Roma atau klub lainnya (manajer tidak bisa membeli pemain yang beda posisi).

Baca juga: Panduan Main Liga Fantasia Serie A Musim 2017/18

Mengingat bursa transfer musim panas Serie A masih berlangsung, Liga Fantasia membolehkan para manajer untuk Free Transfer Unlimited, yakni transfer berapapun secara cuma-cuma, tanpa dikenakan pengurangan poin, sampai deadline giornata ke-3 (pekan pertama September). Jadi, apabila Anda mendaftar atau sign-up setelah giornata 1 dan giornata 2 sudah digelar, maka Anda boleh transfer sesuka hati secara gratis (tidak kena minus poin) sebelum deadline giornata 3.

Setelah deadline giornata ke-3 (hingga giornata terakhir), maka Anda hanya mendapat Free Transfer dua kali di setiap giornata. Anda boleh transfer lebih dari dua kali, tapi dikenakan pengurangan 2 (dua) poin setiap melakukan transfer satu pemain dari total skor yang Anda miliki.

Ambil contoh, kalau transfer empat pemain sebelum deadline giornata ke-4, maka tim Anda dikurangi 4 poin (2 pemain x minus 1 poin). Atau, jika transfer 6 pemain, tim Anda dikurangi 8 poin (4 pemain x minus 2 poin).

Seperti musim lalu, Free Transfer Unlimited juga diberlakukan di tengah musim, mulai awal Januari hingga pekan pertama liga di bulan Februari. Hal ini disebabkan adanya bursa transfer musim dingin.

Dengan adanya kebijakan Free Transfer, manajer memperoleh kemudahan dalam menyusun line-up terbaik di tiga giornata pertama. Pada masa inilah, manajer mesti memaksimalkan kesempatan emas untuk meraup banyak poin sebagai modal mengarungi kompetisi yang panjang.

Memilih pemain yang berpotensi mendulang banyak poin di awal musim

Dari lini pertahanan, manajer perlu merekrut pemain yang dianggap tidak kebobolan. Karakternya adalah tim asal pemain ini akan melawan klub-klub yang relatif ringan atau menghadapi kesebelasan-kesebelasan promosi. Sebab, kiper atau bek yang nirbobol akan memperoleh 6 poin (untuk kiper) atau 4 poin (untuk bek).

Poin nirbobol diberikan kepada pemain yang tidak kemasukan gol selama main di lapangan minimal 60 menit. Misalkan, kiper atau bek tim A masuk dari bangku cadangan di menit 27 dan bermain hingga akhir laga serta timnya tidak kebobolan dari menit 27 sampai akhir, maka dia memperoleh poin nirbobol. Atau, jika pemain starter diganti di menit 65 dan timnya kebobolan di menit 67, maka pemain tersebut juga mendapatkan poin nirbobol.

Dalam kasus lain, ada pemain yang dikartu merah. Pemain tersebut otomatis kehilangan bonus nirbobol.

Baca juga: Main Liga Fantasia Serie-A 2017/2018 dan Menangkan Hadiahnya!

Kembali ke pilihan kiper atau bek yang patut dibeli, sebagai contoh untuk giornata ke-1, kiper dan bek Napoli, Lazio dan Sampdoria patut menjadi pilihan karena tiga kesebelasan ini bertemu tim promosi. Selain itu, pilihlah bek yang berpeluang bikin gol (atau asis) karena poin gol bek cukup tinggi, yakni 6.

Bek tengah dan bek sayap sama-sama berpeluang menghasilkan poin besar. Bek tengah suka mencetak gol ketika terjadi tendangan penjuru. Bek sayap berpotensi untuk memberikan asis, tak jarang pula membuat gol.

Di sektor gelandang atau penyerang, tentu manajer akan membeli pemain yang sering bikin gol atau asis. Salah satu cara untuk mengetahui pemain tengah atau pemain depan mana yang suka menorehkan gol atau assist adalah mengeceknya di situs statistik sepakbola, diantaranya Soccerway atau Whoscored.

Jadi, mumpung ada kesempatan Free Transfer Unlimited hingga pekan pertama liga di bulan September 2017 (giornata ke-3), manajer perlu melakukan bongkar pasang tim setiap menjelang deadline. Jangan lupa, manajer wajib klik Simpan tiap selesai melakukan perombakan skuat.

Selamat mengatur susunan pemain terbaikmu, manajer!

Komentar