Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Pemain Bertahan

Fantasy Premier League

by Redaksi 28

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Pemain Bertahan

Dalam memulai Fantasy Premier League, pemilihan pemain belakang juga penting layaknya memilih pemain tengah ataupun penyerang. Jangan salah, para tembok pertahanan ini akan memainkan peran penting di perjalanan liga nantinya.

Nirbobol (clean sheet) tetap menjadi sumbangan poin utama para pemain belakang. Akan tetapi ada faktor lain yang membuat bek bisa menyumbang poin tambahan pada saat bermain. Ini akan menguntungkan apabila pemain yang kita pilih banyak melakukan umpan, sapuan, blok, intersep, dan memenangkan tekel.

Selain itu, melakukan rotasi juga penting setiap pekannya, tergantung kesebelasan yang menjadi tuan rumah. Dengan mengganti dua atau tiga bek sesuai dengan pertandingan yang akan dijalani, kita akan dapat memaksimalkan potensi poin dari lini belakang.

Tips umum untuk memilih bek tidak selalu harus nirbobol, tapi justru dari potensi menyerang mereka melalui gol atau asis. Untuk itu, jangan terlalu terpaku dalam memilih bek. Jangan segan juga, misalnya, kita memilih jajaran bek yang seluruhnya adalah bek sayap karena posisi bek sayap (baik full-back atau wing-back) lebih menyerang dan berpotensi mendulang poin.

Lagipula dari daftar 10 bek dengan poin FPL terbanyak, enam di antaranya adalah bek sayap. Salah satu sorotan dalam pemilihan bek sayap juga karena mereka biasanya sering naik dan out of position (biasanya dalam formasi tiga bek, wing-back ada di sayap di lini tengah). Satu bek yang mencatatkan asis atau gol poinnya akan lebih tinggi daripada gelandang atau penyerang yang mencatatkan asis atau gol.

Kemudian khusus untuk bek tengah, sebaiknya kita memilih mereka yang gemar naik dan menjadi ancaman duel udara, terutama saat situasi bola mati.

Jika kamu ragu memilih pemain bertahan, pilih saja pemain yang bermain di kesebelasan yang memainkan pertandingan kandang dengan harapan kemungkinan nirbobol yang lebih tinggi dibandingkan jika bermain tandang. Beberapa pemain belakang yang bisa dipasangkan karena memiliki pertandingan kandang yang hampir selalu bergiliran adalah Bournemouth, Stoke City, dan Swansea City.

Bek harga ekonomis (£4.0 - £4.5)

Barisan lini belakang dengan banderol £4.0 sebagian hanya diisi oleh para pemain cadangan. Namun ada beberapa nama yang layak untuk dipertimbangkan, diantaranya adalah Angel Rangel (Swansea £4.0). Pemain Swansea ini patut dipertimbangkan karena ia mempunyai kepemilikan di atas 21%. Di musim lalu, ia tidak mendapat tempat reguler karena sering masuk ruang perawatan akibat cedera yang dialami. Namun, ia harus bersaing dengan Kyle Naughton (Swansea, £4.5) untuk mendapatkan tempat utama di sisi kanan Swansea musim ini.

Adrian Mariappa (Watford, £4.0) juga bisa menjadi pilihan. Menjelang akhir musim lalu, Mariappa tampil reguler dan cukup meyakinkan setelah sembuh dari cedera. Watford memiliki manajer baru, Marco Silva, yang bisa memberi strategi baru untuk pertahanan Watford. Jadi, bukan tidak mungkin ia akan mendapat kesempatan bermain lebih banyak.

Kevin Long (Burnley, £4.0) menjadi pilihan lain dalam jangka pendek. Ia bisa mendapat keuntungan dari kepergian Michael Keane ke Everton. Namun, James Tarkowski (Burnley, £4.5) mungkin cenderung lebih mendapat tempat di lini belakang Burnley menemani Ben Mee (Burnley, £4.5) yang sudah pasti mendapat jaminan sebagai starter. Mee berada di urutan kedua setelah pemain Bournemouth, Steve Cook untuk urusan sapuan, blok, dan intersep musim lalu. Jangan lupa juga Charlie Taylor (Burnley, £4.5) yang baru didatangkan dari Leeds United. Bek sayap kiri ini bisa saja bermain sebagai starter mengingat Stephen Ward sudah mulai uzur.

Geoff Cameron (Stoke City, £4.5) bisa menjadi bahan pertimbangan. Pemain asal Amerika Serikat ini sering dimainkan oleh Mark Hughes pada musim lalu. Nama lain seperti Glen Johnson (Stoke, £4.5) juga bisa dijadikan alternatif meskipun karena musim ini ia kemungkinan besar akan sering menjadi starter.

Pemain baru Everton, Cuco Martina (£4.5) bisa dijadikan sebagai pilihan mengigat Seamus Coleman, full-back kanan utama Everton, menderita cedera panjang. Namun jika melihat jadwal pertandingan awal Everton yang berat, para bek The Toffees kemungkinan akan mengalami kesulitan.

Kesebelasan promosi akan berperan banyak dalam daftar harga ini, karena hampir dari mereka bertiga memiliki jadwal yang relatif ringan. Dimulai dari Newcastle United, De Andre Yedlin dan Jamaal Lascelles (Newcastle, sama-sama £4.5) bisa dibilang merupakan starter meyakinkan dalam pertahanan kesebelasan asuhan Rafael Benitez. Sayangnya, Yedlin mengalami cedera hamstring pada pra-musim. Diperkirakan, ia menderita cedera sampai akhir Agustus nanti.

Kesebelasan promosi lain, Huddersfield, juga mempunyai Christopher Schindler dan Chris Lowe (Huddersfield, £4.5) sebagai pertimbangan pilihan. Musim lalu, Schindler dan Lowe sama-sama mencatatkan 2 gol dan 3 asis.

Beralih ke kesebelasan promosi Brighton & Hove Albion, nama Uwe Hunemeier (Brighton, £4.0) menarik perhatian dengan kepemilikan di atas 8%. Musim lalu, ia dimainkan di 11 pertandingan terakhir Brighton karena bek utama mereka, Shane Duffy (Brighton, £4.5) mengalami cedera sampai akhir musim. Namun, Duffy sudah dimainkan saat melawan Atletico dan berduet dengan Lewis Dunk (Brighton, £4.5) yang pada musim lalu mencetak 2 gol dan 2 asis bagi Brighton.

Rekrutan baru Brighton, Markus Suttner (Brighton, £4.5), juga bisa disoroti, pemain anyar yang berasal dari Bundesliga ini sudah menyumbang dua asis dalam pra-musim Brighton. Sedangkan musim lalu di Ingolstadt, ia mencetak 4 gol dan 5 asis. Satu hal yang menjadi pertimbangan utama adalah Brighton memiliki jadwal yang lumayan menarik sejak GW2.

Halaman selanjutnya: bek harga menengah.

Komentar