Arsenal Samai Rekor Liverpool di Community Shield

Berita

by Redaksi 24

Redaksi 24

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Arsenal Samai Rekor Liverpool di Community Shield

Arsenal memastikan gelar juara Community Shield 2017 setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 4-1 (1-1) melalui babak adu penalti. Hasil tersebut membuat Arsenal sukses memperpanjang rekor kemenangan mereka atas Chelsea di Community Shield. Sebelumnya, pada 2015 sebagai pertemuan terakhir keduanya di ajang tersebut Arsenal pun mampu mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0.

Lebih dari pada itu, hasil yang ditorehkan Arsenal pada malam itu juga membuat mereka sukses menyamai pencapaian Liverpool yang sebelumnya berada di posisi dua sebagai pengoleksi gelar terbanyak kedua Community Shield dengan 15 piala. Akan tetapi, The Gunners masih membutuhkan tujuh trofi lagi di ajang pembuka Liga Primer Inggris itu untuk bisa menyalip koleksi trofi MU yang berada di posisi pertama sebagai pemegang gelar terbanyak dengan 21 trofi.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (6/8) malam WIB itu, hawa positif sudah menaungi Arsenal sejak awal pertandingan. Mereka terlihat lebih sering melancarkan serangan berbahaya ke jantung pertahanan Chelsea. Peluang emas pun banyak mereka dapatkan, seperti yang didapat Alexander Lacazette pada menit ke-7. Sayang, striker asal Prancis itu gagal meneruskan bola operan Iwobi.

Sementara Chelsea yang pada awal pertandingan lebih banyak tertekan lambat laun mulai bisa membangun serangan dengan baik pada pertengahan babak pertama. Hal tersebut kemudian membuat jalannya pertandingan semakin menarik untuk disaksikan karena kedua kesebelasan saling jual beli serangan. Namun hingga turun minum, skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Chelsea kemudian lebih banyak mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya pada menit 47 mereka berhasil memecahkan kebuntuan melalui sepakan Victor Moses yang gagal diantisipasi oleh penjaga gawang Arsenal, Peter Cech. Gol tersebut berawal dari sepakan pojok yang gagal diantisipasi dengan baik oleh barisan pertahanan Arsenal.

Bola justru mengarah kepada Gary Cahill yang langsung memberikan umpan sundulan ke area kotak penalti. Moses yang berhasil lepas dari pengawalan para pemain Arsenal kemudian melepaskan tendangan keras yang gagal dihadang oleh Cech.

Tertinggal satu gol, Arsenal kemudian mencoba untuk meningkatkan intensitas serangan mereka. beberapa pemain bertipikal menyerang seperti Olivier Giroud, Theo Walcott, dan Reis Nelson dimasukkan untuk menggantikan Dany Wellbeck, Lacazette, dan Iwobi. Intensitas Arsenal memang lebih meningkat, namun tidak ada satu pun gol yang berhasil dicetak hingga memasuki menit 80.

Namun petaka bagi Chelsea datang pada 10 menit sebelum laga usai, Pedro yang melakukan pelanggaran keras kepada Elneny diganjar kartu merah oleh wasit. Unggul jumlah pemain, Arsenal akhirnya mampu mencetak gol penyama kedudukan pada menit 82. Berawal dari sepakan bebas Granit Xhaka, Kolasinac berhasil memperdaya Thibaut Courtois untuk merubah skor menjadi 1-1. Sayang, tidak ada tambahan lagi gol yang tercipta setelah itu, pertandingan kemudian berakhir ke babak adu penalti.

Giroud Penentu Kemenangan Arsenal

Pada babak adu tendangan penalti, Chelsea mendapat kesempatan menendang lebih dulu. Gary Cahill yang didapuk sebagai eksekutor pertama berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk membawa timnya unggul 1-0. Namun Arsenal berhasil menyamakan kedudukan setelah Walcott berhasil mengeksekusi penalti dengan baik.

Karena adu penalti menggunakan format ABBA maka Arsenal kembali mendapat kesempatan untuk menendang. Nacho Monreal yang menjadi eksekutor kedua Arsenal berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa Arsenal unggul 2-1. Keputusan mengejutkan kemudian dilakukan Chelsea dengan menunjuk Cortouis sebagai eksekutor kedua mereka. Penunjukan tersebut nyatanya kurang tepat, karena kiper asal Belgia itu gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Kemudian, Antonio Conte menunjuk Alvaro Morata sebagai eksekutor ketiga. Lagi-lagi sepakan 12 pas penyerang asal Spanyol itu gagal menembus jala Cech. Arsenal berada di atas angin, Alex Chamberlain berhasil membawa Arsenal menjauh 3-1. Kemenangan Arsenal kemudian ditentukan oleh eksekusi penalti Giroud yang sukses memperdaya Cortouis untuk membawa timnya menang 4-1.

Bagi Arsenal, gelar yang mereka raih di Community Shield melengkapi gelar juara mereka di ajang pra musim menjadi tiga. Sebab sebelumnya The Gunners sukses meraih gelar juara di ajang International Champions Cup 2017 zona Tiongkok dan Fly Emirates Cup 2017.

Komentar