Manchester United Lakukan Pelanggaran Tes Doping Pada Final Liga Europa

Berita

by redaksi

Manchester United Lakukan Pelanggaran Tes Doping Pada Final Liga Europa

Juaranya Manchester United di Liga Europa musim 2016/2017 meninggalkan sedikit masalah. UEFA baru saja merilis pernyataan bahwa Manchester United terbukti melanggar aturan mengenai kewajiban tes doping pada dua pemainnya, Daley Blind dan Phil Jones, usai final menghadapi Ajax Amsterdam yang berkesudahan 2-0 untuk United tersebut.

"Setiap tim punya tanggung jawab untuk memastikan para pemainnya mengikuti tes doping yang dilakukan di ruang kontrol doping setelah dari lapangan begitu pertandingan selesai," bunyi rilis resmi UEFA. UEFA mengatakan MU melanggar aturan ini karena tidak mengarahkan dua pemainnya untuk menjalani tes doping ini.

Selain itu, bek MU, Phil Jones, dihukum dua kali larangan bertanding di pertandingan Eropa dan denda 5 ribu euro dengan tuduhan menghina dan mengeluarkan kata-kata kasar pada petugas kontrol doping. Dengan begitu, Jones tidak bisa diturunkan pada laga Piala Super Eropa menghadapi Real Madrid pada 8 Agustus mendatang dan pertandingan pertama di grup Liga Champions.

Tak hanya Jones, Delay Blind juga mendapatkan hukuman dari UEFA terkait hal ini. Blind dianggap melakukan pelanggaran setelah tidak mematuhi prosedur tes doping. Namun tak seperti Jones, pemain asal Belanda tersebut hanya didenda 5 ribu euro saja, yang membuatnya bisa tetap berlaga menghadapi Real Madrid.

Blind sendiri bermain 90 menit pada laga melawan Ajax Amsterdam, sementara Jones yang merupakan pemain cadangan tidak dimainkan pada laga tersebut.

United sebagai tim pun didenda sebesar 10 ribu euro terkait masalah ini. Meski gitu, segala vonis terhadap United dan para pemainnya ini belum jadi keputusan akhir karena United berhak mengajukan banding.

Sebelumnya, bek United, Eric Bailly, baru saja dijatuhi hukuman larangan tiga kali bertanding di kompetisi Eropa. Bailly mendapatkan hukuman ini akibat kartu merah langsung yang ia dapat pada laga United menghadapi Celta Vigo pada leg kedua semifinal Liga Europa, 11 Mei lalu. Berbarengan dengan ini, MU juga mendapatkan peringatan dari UEFA karena terlambat memulai pertandingan.

Atas hukuman-hukuman ini, artinya MU tidak akan diperkuat Bailly dan Jones di lini pertahanan. Meski begitu, MU masih bisa memainkan Blind untuk bertandem dengan bek anyar asal Swedia, Victor Lindelof. Selain itu MU juga masih punya bek tengah lain seperti Chris Smalling.

Komentar