Timnas U23 Tergabung di Grup Maut Sepakbola SEA Games

Berita

by redaksi

Timnas U23 Tergabung di Grup Maut Sepakbola SEA Games

Tim nasional U23 Indonesia akan melewati rintangan berat dalam meraih medali emas sepakbola SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Tim Garuda akan tergabung dengan juara bertahan Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste di Grup B. Sementara itu, di Grup A, tuan rumah Malaysia akan tergabung dengan empat negara lainnya yakni Singapura, Laos, Brunei dan Myanmar.

Sebelumnya, Indonesia sempat dua kali lolos final SEA Games saat gelaran 2011 di Jakarta dan 2013 di Myanmar. Namun, Indonesia gagal di kedua kesempatan tersebut. Mereka takluk dari Malaysia dalam babak adu penalti pada edisi 2011 dan ditaklukkan Thailand 0-1 di edisi 2013. Terakhir, di edisi 2015, Indonesia harus puas finis di peringkat keempat setelah ditaklukkan Thailand di semifinal dan Vietnam di laga perebutan medali perunggu.

Tahun ini, timnas U23 ditargetkan meraih medali emas di cabang sepakbola SEA Games. Selain medali emas SEA Games, pelatih timnas Indonesia, Luis Milla, juga ditantang membawa timnas U23 finis di empat besar sepakbola Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta. PSSI juga menegaskan medali emas SEA Games cabang sepakbola adalah target mutlak.

Timnas U23 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Bali untuk kualifikasi Piala Asia U23 pada 19 Juli mendatang dan SEA Games di bulan Agustus sejak 30 Juni hingga 10 Juli. Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono mengatakan tidak ada laga persahabatan yang digelar saat pemusatan latihan maupun setelah kompetisi.

"Tidak jadi [uji coba internasional], hanya fokus latihan saja di Bali. Termasuk setelah SEA Games nanti, saya rasa tunggu hasil dari Pra Piala Asia dan SEA Games. Kami serius di kualifikasi. Target SEA Games tetap medali emas, tidak berubah," ujar Joko Driyono.

Terakhir kali Indonesia meraih medali emas sepakbola SEA Games adalah tahun 1991 silam di Manila. Kala itu, cabang sepakbola masih menggunakan tim senior untuk bertanding. Mereka menang 4-3 dalam babak adu penalti melawan Thailand.

Namun, saat timnas U23 mulai ditunjuk untuk cabang sepakbola pada 2001, prestasi terbaik Indonesia adalah runner-up di dua edisi yakni 2011 dan 2013. Thailand menjadi tim dengan torehan prestasi terbanyak sejak pergantian ini dengan 6 emas disusul Malaysia dengan dua emas.

Kini, di SEA Games 2017 Indonesia tergabung dengan grup yang relatif berat. Thailand dan Vietnam akan menjadi rintangan terberat Indonesia. Thailand menjadi lawan terberat mereka karena tim Gajah Putih hampir selalu menjadi batu sandungan Indonesia di Asia Tenggara. Terakhir, Indonesia ditaklukkan 0-5 di semifinal SEA Games 2015 lalu.

Vietnam juga beberapa kali menghentikan langkah Indonesia di sepakbola SEA Games. Terakhir, mereka menaklukkan Indonesia 5-0 di laga perebutan medali perunggu SEA Games dua tahun lalu. Meski demikian, dibanding Thailand, Indonesia memiliki rekor pertemuan lebih baik melawan Vietnam.

foto: @theafcdotcom

(AP)

Komentar