Pemain-pemain yang Kemungkinan Dilego AC Milan

Analisis

by Randy Aprialdi 117514

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Pemain-pemain yang Kemungkinan Dilego AC Milan

AC Milan baru dipastikan merekrut Andrea Conti dari Atalanta sebagai pemain anyar ketujuh pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, Milan sudah mendatangkan Andre Silva (FC Porto), Fabio Borini (Sunderland), Franck Kessie (Atalanta), Hakan Calhanoglu (Bayer Leverkusen), Mateo Musacchio (Villarreal), dan Ricardo Rodriguez (VfL Wolfsburg).

Sebelum mendatangkan Conti, enam pemain itu sudah menghabiskan dana sekitar 99,5 juta euro. Sementara Conti dikabarkan dibeli dengan harga 24 juta euro. Total, Milan mengeluarkan 123 juta euro sejauh ini. Pengeluaran itu masih bisa bertambah karena Milan masih mencari-cari pemain baru.

Beberapa nama sudah dibidik dan masih dalam pengejaran seperti Andrea Belotti, Juan Cuadrado, Laurent Koscielny, Pierre-Emerick Aubameyang, Simon Kjaer dan lainnya. Adanya kedatangan, tentu saja bisa melahirkan kepergian. Baik pemain baru maupun yang masih di dalam incaran, membuat beberapa pemain Milan bersiap angkat kaki. Berikut beberapa pemain di tiga sektor Milan yang siap angkat kaki pada bursa transfer musim panas ini.

Lini Belakang

Sektor pertahanan adalah yang paling memungkinkan terjadi pengusiran berskala besar. Apalagi jika mengingat belum ada pemain belakang Milan yang keluar ke kesebelasan lain pada bursa transfer musim panas ini, terkecuali Ameth Lo yang tidak terpakai dan menghabiskan waktu pinjaman di Reggina selama musim lalu. Sementara Milan sudah mendatangkan dua bek baru yaitu Conti dan Musacchio.

Bek tengah adalah posisi yang paling padat di Milan saat ini. Kedatangan Musacchio dan pemain yang pulang dari masa pinjaman membuat Milan memiliki delapan bek tengah saat ini. Selain kedatangan Musacchio, Milan juga masih dikaitkan dengan bek tengah baru, yaitu Koscielny dari Arsenal dan Kjaer dari Fenerbahce. Maka sudah pasti bakal ada sekitar empat sampai lima bek tengah yang bakal angkat kaki.

Bek tengah yang sudah pasti akan pergi adalah Jherson Vergara, Rodrigo Ely, dan Stefan Simic. Ketiga pemain itu bukanlah pilihan pelatih Milan, Vincenzo Montella, karena pada musim lalu pun dipinjamkan ke kesebelasan lain. Mereka bisa dijual atau dipinjamkan pada bursa transfer musim panas ini. Apalagi kontrak Simic akan habis saat tahun depan.

Bek tengah yang senasib dengan Simic adalah Gabriel Paletta. Kontraknya akan habis tahun depan dan Paletta merupakan pemain paling tua di antara bek tengah lainnya. Kedatangan Musacchio pun sudah berkemungkinan besar Paletta tidak menjadi tandem Alessio Romagnoli lagi. Apalagi jika Milan menambah bek tengah baru, habislah keinginan Paletta yang masih ingin membela Italia pada Piala Dunia 2018. Melihat situasi tersebut, Torino pun berminat merekrut Paletta pada bursa transfer musim panas ini.

Dan jika ada bek tengah baru yang datang, kemungkinan besar yang akan pergi adalah Cristian Zapata. Durasi kontraknya lebih singkat daripada Gustavo Gomez, yaitu akan habis pada Juni 2019. Kesempatan bermain Zapata pun lebih sedikit daripada Gomez pada musim lalu. Zapata cuma diberikan kesempatan bermain 15 kali sementara Gomez 18 kali. Gomez dan Zapata memang bersaing untuk masuk ke skuat utama dari bangku cadangan sepanjang musim lalu.

Penumpukan pemain juga terjadi di sektor bek sayap yang saat ini memiliki delapan pemain termasuk Conti yang bermain sebagai full-back kanan. Bahkan Conti pun bisa dimainkan sebagai full-back kiri. Tapi pada posisi asli Conti di full-back kanan, pemain paling gusar dengan kedatangannya adalah Mattia De Sciglio yang kontraknya akan berakhir pada tahun depan. Sampai saat ini pun masih belum ada tawaran perpanjangan kontrak kepada pemain asli binaan Milan tersebut.

Maka kemungkinan ia akan dijual pada bursa transfer musim panas ini cukup besar daripada dilepas gratis saat tahun depan. Sementara kesebelasan yang paling santer dikaitkan dengannya adalah Juventus untuk mengisi pos sepeninggalan Dani Alves. Situasi di sektor kiri pun sama atas kedatangan Rodriguez. Pemain yang kemungkinan dijual adalah Luca Antonelli yang rentan cedera dan cuma dimainkan tujuh kali pada musim lalu.

Tapi Leonel Vangioni pun bisa terancam dilepas karena Conti bisa dimainkan di sisi kiri jika Rodriguez cedera. Posisi full-back kanan masih bisa diisi Ignazio Abate atau Davide Calabria jika itu terjadi. Vangioni sendiri sudah diincar oleh Getafe. Khusus Calabria, pemain muda ini bisa saja dipinjamkan ke kesebelasan lain, hal itu bisa terjadi pada bursa transfer musim panas sekarang, atau jika ia tidak terpakai selama setengah musim perdana nanti.

Calabria sendiri merupakan full-back bermasa depan cerah dan termasuk pemain Italia U21 saat Piala Eropa U21 2017 lalu. Dan full-back muda lainnya yang pasti dilepas dalam masa pinjaman adalah Gian Filippo Felicioli. Pemain 19 tahun tahun itu pun dipinjamkan ke Ascoli pada musim lalu. Hellas Verona pun dikabarkan sudah siap meminjam Felicioli untuk musim depan.

Lini Tengah

Pada bursa transfer musim panas ini, sudah ada empat gelandang yang dilepas Milan (tidak termasuk Matteo Pessina yang dipinjamkan ke Como musim lalu dan sekarang menjadi bagian transfer Conti). Terbaru, Juraj Kucka dilepas ke Trabzonspor. Sebelumnya, Milan sudah melepas Andrea Poli ke Bologna dan mengembalikan peminjaman Mario Pasalic (Chelsea) dan Matias Fernandez (Fiorentina).

Tapi tetap saja lini tengah Milan tetap penuh sesak, baik nanti menggunakan formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1. Posisi gelandang tengah untuk menjadi poros ganda saja sudah ada enam pemain termasuk kedatangan Kessie. Dan kemungkinan pemain pada posisi tersebut yang akan dilepas adalah Andrea Bertolacci dan Jose Mauri. Bertolacci musim lalu cuma dimainkan 15 kali karena selebihnya sering menderita cedera.

Sementara Mauri pun harus dipinjamkan ke Empoli selama musim lalu. Sebetulnya Riccardo Montolivo ada kemungkinan dilepas, namun peluangnya kecil karena ia adalah kapten kesebelasan ini. Ditambah dengan biaya untuk operasi dan perawatan cedera lututnya tentu tidaklah murah. Dan tentu saja Milan tidak ingin uangnya mubazir begitu saja setelah membiayai Montolivo.

Apalagi Montolivo adalah pusat permainan Montella sejak masih bersama-sama di Fiorentina pada musim 2011/2012. Pilihan lain untuk Montolivo adalah akan dijual pada bursa transfer Januari 2018 atau pada bursa transfer musim panas musim depan, mengingat kontraknya akan habis pada 2019 nanti.

Bersambung ke halaman berikutnya

Komentar