Team of the Week Liga 1 2017 Pekan ke-10

Berita

by redaksi

Team of the Week Liga 1 2017 Pekan ke-10

Sembilan pertandingan tersaji di pekan ke-10 Liga 1 Indonesia 2017. Dari total laga yang dimainkan, tim tuan rumah mendominasi kemenangan. Ada lima partai yang berhasil dimenangkan tuan rumah di pekan ke-10. Hanya Bali United, PS TNI, dan Persegres yang gagal memetik poin penuh saat menjamu lawan-lawannya. Bali United harus takluk dari Bhayangkara FC, sementara Persegres ditaklukkan Persela Lamongan. Sementara PS TNI takluk dikandang sendiri saat jumpa Persija.

Terlepas dari kegemilangan tim tuan rumah di pekan ke-10 terdapat pula beberapa catatan gemilang yang ditorehkan oleh para pemain yang berlaga. Berikut adalah nama-nama pemain yang mampu tampil maksimal untuk timnya selama pekan ke-10 ini, dan masuk Team of the Week versi Pandit Football dengan formasi 4-3-3.

Penjaga Gawang (Awan Setho Raharjo)

Penjaga gawang Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo tampil gemilang di bawah mistar gawang saat timnya menghadapi tim tuan rumah Bali United. Dalam laga tersebut Awan Setho mencatatkan lima penyelamatan gemilang yang membuat gawangnya dari gempuran Marcos Flores dan kawan-kawan. Meski satu gol bersarang di gawangnya namun penampilan Awan Setho malam hari itu cukup baik. Ia juga banyak memotong umpan silang yang mengarah langsung ke kotak penalti.

Tercatat ada enam momen yang ia buat untuk meredam serangan Bali United melalui umpan silang. Dengan kegemilangannya, Awan Setho pun kami pilih sebagai kiper terbaik pekan ini, karena usahanya sukses membawa timnya menang 3-1.

Bek (Ryuji Utomo, Alfath Fathier, Kelvin Wopi, Boman Aime)

Di sektor pertahanan lainnya, ada tiga bek muda dan satu bek senior yang tampil memukau di pekan ke-10 Liga 1 Indonesia. Mereka adalah, Ryuji Utomo (Persija Jakarta), Alfath Fathier (Persiba Balikpapan), Kelvin Wopi, dan Boman Aime (Perseru Serui).

Kelvin Wopi tampil baik saat membela timnya menghadapi tuan rumah Arema FC. Kelvin tampil lugas dan disiplin di area krusial Perseru. Kedisiplinan itu ia catatkan dengan aksi bertahan yang baik. Total ia melakukan tujuh kali intersep, tiga tekel sukses, delapan sapuan, dan satu duel udara.

Tak berbeda dengan Kelvin, Boman Aime juga mampu tampil disiplin di pertahanan Perseru. Total ia melakukan 12 kali intersep, sembilan sapuan, dan enam kali usaha tekel untuk menghalau penyerangan dari Arema FC.

Tak mau kalah dengan dua seniornya, Ryuji Utomo dan Alfath Fathier juga berhasil menampilkan permainan gemilang. Ryuji tampil sangat lugas dan tanpa kompromi saat mengawal barisan pertahanan Persija dari gempuran PS TNI. Disiplin di lini pertahanan persija membuat para pemain PS TNI kewalahan.

Tak kalah dengan Ryuji, Alfath juga tampil lugas saat Persiba Balikpapan dijamu Persib Bandung. Walau pada akhirnya Persiba takluk 0-1 dari Persib, namun secara keseluruhan ia bermain dengan daya juang yang tinggi. Ia mecatatkan Sembilan intersep dan delapan tekel sukses. Ia pun aktif membantu serangan dengan melakukan tembakan ke arah gawang.

Tengah (Michael Essien, Tijani Belaid, Paulo Sergio Moreira)

Di pos gelandang, ada tiga pemain yang kami pilih untuk masuk Team of the Week versi Pandit Football. Mereka adalah Michael Essien (Persib Bandung), Tijani Belaid (Sriwijaya FC), dan Paulo Sergio Moreira (Bhayangkara FC).

Essien untuk kali pertama tampil penuh saat Persib menjamu Persiba. Kepercayaan yang diberikan Djadjang Nurdjaman tidak Essien sia-siakan. Ia tampil sangat baik di lini tengah Maung Bandung dengan menjaga keseimbangan lini depan dan lini belakang. Ia mencatatkan lima tekel sukses, dua intersep, dan menang dalam duel udara sebanyak enam kali. Mantan penggawa Chelsea itu juga pun aktif melakukan serangan. Essien mencatatkan empat sundulan ke arah gawang (satu on target).

Marquee player Sriwijaya FC, Tijani Belaid juga tampil gemilang di barisan tengah. Tijani berhasil membawa Sriwijaya menang atas Mitra Kukar. Ia menciptakan satu gol dan satu asis di pertandingan tersebut.

Selain itu ia juga mencatatkan dua umpan kunci dan tiga umpan terobosan yang menjadi peluang untuk timnya. Paulo Sergio juga gemilang dengan menciptakan gol tendangan jarak jauh yang mengatarkan timnya menang atas tuan rumah Bali United. Aksi gemilangnya dilengkapi dengan dua umpan kunci, delapan umpan silang, dan satu umpan terobosan.

Depan (Lerby Eliandry, Ivan Carlos, Thiago Furtuoso)

Si sektor penyerangan, ada satu sosok yang cukup menyita perhatian. Dia adalah penyerang Borneo FC, Lerby Eliandry, yang sukses masuk daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga 1. Masuknya Lerby dalam daftar pencetak gol terbanyak membuat angin segar di tengah minimnya penyerang-penyerang lokal yang tergerus dominasi penyterang asing. Dalam pertandingan pekan ke-10 melawan Barito Putera, Lerby tampil efektif dengan mencetak dua gol.

Dalam susunan pemain terbaik di pekan ke-10, Lerby kami sandingkan dengan dua striker asing yang juga punya catatan gemilang di pekan tersebut. Ada Ivan Carlos dari Persela Lamongan, yang pada pertandingan terakhirnya juga mencetak dua gol, yang semakin membuat ketajamannya ditakuti.

Selain itu, Ivan Carlos juga membuat lini depan Persela lebih aktif. Ada dua umpan kunci yang dilepaskan, dua umpan terobosan, dan lima aksi dribel yang secara tidak langsung melengkapi golnya yang membawa Persela menang atas tuan rumah Persegres Gresik Unted.

Satu lagi adalah Thiago Fortuoso. Penyerang Bhayangkara FC itu tampil sebagai pemain pengganti di babak kedua. Tanpa menyia-nyiakan waktu yang diberikan Simon McMenemy ia langsung mencetak dua gol. Ia juga mencatatkan empat tembakan mengarah ke gawang (dua menjadi gol).

Berikut adalah grafis Team of the Week pekan ke-10 Liga 1 2017 versi Pandit Football

Grafis: Mayda Ersa Pratama

Komentar