Siapa yang Mendominasi Liga Champions di Linimasa Twitter?

Berita

by redaksi

Siapa yang Mendominasi Liga Champions di Linimasa Twitter?

Liga Champions UEFA merupakan ajang paling prestisius di Eropa, dari waktu ke waktu jika membicarakan tentang ajang ini tidak akan ada habisnya, selalu saja ada fenomena yang menarik untuk diperbincangkan. Tak terkecuali di sosial media, bahasan tentang Liga Champion selalu laris dibicarakan, terutama di Twitter.

Twitter Indonesia telah merilis beberapa data menarik seputar Liga Champions periode Maret - Mei. Dari data tersebut, tidak ada nama Zinedine Zidane ataupun Massimiliano Allegri dalam daftar pelatih yang paling banyak dibicarakan di Twitter, padahal kedua pelatih tersebut berhasil membawa masing-masing klub tampil di Final Liga Champions.

Justru Arsene Wenger-lah yang paling banyak dibicarakan di Twitter sepanjang gelaran Liga Champions pada Maret - Mei. Tak mengherangkan memang, khususnya setelah #WengerOut semakin berkumandang saat Arsenal dibenamkan Bayern Muenchen 5-1 pada dua pertemuan di babak 16 besar.

Selain Wenger, Luis Enrique juga masuk ke dalam daftar pelatih yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Ia berada di bawah wenger satu peringkat. Keberhasilannya membuat Barcelona melakukan comeback dari ketertinggalan 4-0 dari Paris Saint-Germain menjadi salah satu penyebabnya. Banyak yang memuji kinerja Enrique saat babak 16 besar Liga Champions kontra PSG tersebut. Ketika Enrique memutuskan hengkang dari Barcelona pun menjadi topik tersendiri di lini masa Twitter.

Melengkapi tiga besar, Diego Simeone berada di posisi ketiga dalam daftar pelatih yang sering dibicarakan di Twitter. Pelatih ini kembali membuat kejutan dengan membawa lagi Atletico lolos ke semi-final Liga Champions. Raihan Simeone ini cukup banyak diperbincangkan karena ia terpaksa bertemu dengan Madrid di semifinal, meski pada akhirnya harus kalah (lagi).

Untuk dua nama terakhir di posisi lima besar, nama Leonardo Jardim dan Unai Emery menjadi pembicaraan terhangat. Pencapaian Jardim musim ini bisa dibilang mengagumkan, ia berhasil membawa Monaco ke semi-final liga Champions sebelum akhirnya takluk dari Juventus. Sementara itu Unai Emery turut serta menjadi pelatih yang sering diperbincangkan karena keberhasilannya membantai Barcelona 4-0 pada leg pertama sekaligus keputusannya strateginya yang membuat PSG tersingkir atas hasil leg kedua.

Pelatih kesebelasan Liga Champions yang paling banyak dibicarakan Twitter periode Maret-Mei:

  1. Arsene Wenger - Arsenal

  2. Luis Enrique - Barcelona

  3. Diego Simeone - Atletico

  4. Leonardo Jardim - Monaco

  5. Unai Emery - PSG

Momen yang paling banyak dibicarakan

Selain pelatih, pemain pun tentu tak luput dari bahan perbincangan. Masih dari sumber yang sama, Real Madrid, PSG, dan Bacelona menjadi topik yang sering dibahas di lini masa Twitter soal Liga Champions. Pada Barcelona, gol krusial Sergi Roberto ke gawang PSG jadi topik yang merajai lini masa dengan 58.000 cuitan per menit. Wajar Sergi Roberto banyak diperbincangkan. Tak ada yang menyangka bahwa gol `penting` itu lahir dari seorang Sergi Roberto, bukan dari seorang Messi, Suarez ataupun Neymar. Ia berhasil menjadi aktor di balik hal langka yang terjadi di UCL. Perbincangan soal keberhasilan Barca ini semakin menjamur karena banyak anggapan bahwa wasit pada pertandingan tersebut terlalu berpihak pada Barca. Cuitan-cuitan tersebut tidak bisa dihindarkan dan mengangkat popularitas Barcelona di Twitter.

Sang rival Real Madrid pun tidak mau kalah untuk merajai lini masa Twitter soal Liga Champions, kali ini diwakilkan oleh Marco Asensio dan Ronaldo. Gol Asensio ke Bayern Muenchen yang memastikan langkah Real Madrid ke semifinal berhasil menghasilkan 56.000 cuitan per menit. Sedangkan hattrick Ronaldo saat melawan Atletico di Ssemifinal bercokol di posisi 3 dengan menghasilkan 55.000 cuitan per menit, gol pembuka Ronaldo ke gawang Atletico sempat menjadi perdebatan karena banyak dianggap sudah dalam posisi Offside. Topik kontroversial memang selalu laris untuk dibicarakan di Twitter.

Lawan Madrid di Final, Juventus, turut merajai lini masa twitter lewat Paulo Dybala. Saat Juventus mengandaskan Barcelona pada leg pertama perempat final, Dybala membuka kran gol Juventus. Momen ini berhasil menghasilkan 53.000 Tweet per menit.

Tapi jika dilihat dari momen yang sering dibahas, ada topik soal PSG yang banyak dibicarakan. PSG berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Barcelona secara telak. Gol Edinson Cavani di Leg ke-1 dan Leg ke-2 di babak 16 besar Liga Champions, jika di akumulasikan berhasil mendapat 87.000 cuitan per menit.

Momen Liga Champions yang paling laris di linimasa Twitter periode Maret-Mei:

  1. Sergi Roberto mencetak gol kemenangan untuk Barcelona vs PSG, mengubah agregat menjadi 6-5 - 38.000 Tweet per menit.

  2. Asensio mencetak gol untuk Real Madrid menjadi 4-2 di leg 2 perempat final dalam laga melawan Bayern - 56.000 Tweet per menit.

  3. Ronaldo melakukan hattrick 3-0 dan membawa Real Madrid menuju kemenangan - 55.000 Tweet per menit.

  4. Dybala membawa Juventus menuju kemenangan di leg 1 perempat final saat melawan Barca - 53.000 Tweet per menit.

  5. Ronaldo mencetak gol menjadi 3-2 di laga melawan Bayern di stadiun Bernabéu- 50.000 Tweet per menit

  6. Messi mencetak gol saat melawan PSG - 48.000 Tweet per menit.

  7. Cavani mencetak gol menjadi 4-0 untuk PSG saat melawan Barca di leg 1 - 45.000 Tweet per menit.

  8. Isco mencetak gol penting di stadium Calderon yang membawa Madrid ke final - 45.000 Tweet per menit.

  9. Cavani mencetak gol ke gawang Barcelona di Camp Nou untuk mengubah skor menjadi 3-1 di leg 2 - 42.000 Tweet per menit.

  10. Neymar mencetak gol ke-2 dalam tiga menit saat pertandingan Barca vs PSG - 41.000 Tweet per menit.

Selain data-data di atas, berikut skuat pemain yang diperbincangkan di linimasa Twitter pada periode Maret-Mei:

Sumber: Rilis Twitter Indonesia

Komentar