Tentang Timnas Brasil yang Akan Jadi Lawan Perdana Indonesia di Turnamen Toulon

Berita

by redaksi

Tentang Timnas Brasil yang Akan Jadi Lawan Perdana Indonesia di Turnamen Toulon

Timnas U19 Indonesia akan memulai perjalanan mereka dalam ajang Turnamen Toulon 2017 pada Kamis (16/2017) dini hari waktu Indonesia. Brasil menjadi lawan perdana bagi timnas Indonesia. Laga melawan Brasil ini sendiri akan dilangsungkan di Stade d`Honneur Marcel Roustan.

Mendapat undangan dari pihak penyelenggara turnamen, Indonesia pun mengirimkan timnas U19 yang sedang dalam rangka persiapan menuju Piala AFF U18 2017 yang digelar di Myanmar, September mendatang. Ini adalah keikutsertaan perdana Indonesia dalam ajang ini, sama halnya seperti Bahrain, Wales, dan Kuba.

Berada satu grup dengan Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia, turnamen ini diharapkan dapat memberikan efek yang baik bagi timnas Indonesia. Bertemu dengan para pemain muda yang berkualitas, secara tidak langsung akan menguatkan kualitas dari para pemain Indonesia itu sendiri.

Pada Kamis (1/6/2017) dini hari WIB, Indonesia pun dijadwalkan akan menjamu Brasil dalam laga perdana mereka di turnamen Toulon. Sebesar apakah peluang Indonesia dalam menghadapi Brasil?

Menakar Kekuatan Brasil

Brasil dikenal sebagai negara penghasil talenta-talenta mumpuni di dunia sepakbola. Oleh karena itu, tak heran jika Brasil menjadi tim yang cukup dijagokan dalam ajang turnamen Toulon 2017 ini. Apalagi mereka adalah kolektor terbanyak kedua trofi Turnamen Toulon dengan koleksi delapan trofi, di bawah Prancis yang sudah mengumpulkan 12 trofi.

Menghadapi turnamen Toulon 2017, pelatih timnas Brasil U20, Carlos Amadeu memanggil pemain-pemain yang berlaga di tim cadangan dan pemain yang bermain di tim U20 Liga Brasil. Level competitiveness para pemain ini pun tidak perlu dipertanyakan karena mereka berlaga di tim cadangan liga dan juga berlaga di tim U20 klub liga, yang berarti mereka sudah diasah lewat kompetisi usia muda berformat liga.

Dengan level competitiveness yang baik, serta kemampuan individu yang di atas rata-rata, Brasil akan menjadi lawan perdana yang cukup menyulitkan bagi timnas Indonesia walau mereka tidak diperkuat oleh salah satu pemain mereka yang menjadi buah bibir di Eropa, Vinicius Junior. Sekadar info, beberapa pemain yang mengantar Brasil menjuarai Copa America U17 pada 2017 silam juga ikut memperkuat timnas Brasil U20 di turnamen Toulon ini.

Bagaimana Persiapan Indonesia?

Walau beberapa pemain muda Indonesia tidak ditempa lewat kompetisi usia muda seperti halnya pemain-pemain Brasiil, bukan berarti Indonesia tidak memiliki peluang untuk mempersulit atau malah menaklukkan Brasil. Pendekatan taktik Indra Sjafri yang kerap menekankan pada bola-bola pendek akan memberikan warna pada pertandingan tersebut, karena Seleccao mungkin akan memeragakan hal yang sama.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Indra pun menekankan kepada para pemainnya agar tidak gentar, karena secara strategi Indra menemukan celah bagi para pemain Indonesia untuk mencetak gol.

"Saya sudah perhatikan Brasil, serangan mereka sangat bagus. Tapi, saya melihat ada celah untuk kami mencetak gol. Yang penting pemain kita jangan takut dan harus optimis," ujar Indra.

Optimisme tinggi juga diungkapkan oleh kapten timnas U19, Rachmat Irianto. Menurutnya Indonesia tak gentar meski berada dalam kepungan tim-tim kuat. Optimisme tersebut muncul setelah mendapatkan banyak pelatihan baik itu fisik maupun mental, yang dibimbing lagsung oleh Komando Pasukan Khusus, beberapa hari lalu.

"Kami sudah melakukan pelatihan dengan Kopassus, kami sudah dilatih mental di sana agar kami tak takut melawan tim yang lebih kuat. Saya rasa semua lawan berat, yang penting kami berusaha semaksimal mungkin dan bermain tak kenal lelah sesuai instruksi pelatih," tegasnya.

Akankah Indonesia mampu mengejutkan Brasil?

(sf)

Komentar