Luis Enrique Akhiri Musimnya dengan Piala Raja

Berita

by redaksi

Luis Enrique Akhiri Musimnya dengan Piala Raja

Barcelona sukses mengakhiri musim mereka dengan meraih Piala Raja ke-29 usai menaklukkan Alaves 3-1. Kemenangan ini juga menghindarkan Barca dari akhir musim tanpa gelar. Gelar La Liga menjadi milik Real Madrid musim ini, sementara di Liga Champions, Barcelona disingkirkan Juventus di perempatfinal.

Lionel Messi membuka keunggulan untuk timnya di menit ke-30. Tiga menit berselang, Alaves menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Theo Fernandez. Namun, di penghujung babak pertama, Barcelona mencetak dua gol cepat melalui Neymar dan Paco Alcacer. Skor ini bertahan hingga pertandingan usai

Pelatih Barcelona, Luis Enrique mengaku senang bisa mengakhiri musim terakhirnya bersama Barcelona dengan sebuah gelar. Enrique mulai menukangi Barca pada 2014 silam dan langsung meraih lima gelar dalam satu musim. Total ia telah meraih sembilan gelar bersama Blaugrana (2 gelar La Liga, 3 gelar Piala Raja, serta masing-masing satu gelar Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub).

“Tak ada kesedihan, hanya kegembiraan yang saya rasakan hari ini. Sayalah yang memutuskan untuk cukup sampai disini. Ini adalah waktu yang tepat bagi saya [untuk pensiun] dan bagi pemain. Intensitas yang saya rasakan saat menjalani profesi ini penuh dengan suka dan duka, jadi saya tidak malu mengumumkan itu,” ujar Enrique seperti dikutip ESPN FC.

Pencapaiannya bersama Barcelona yang mampu memenangkan 9 gelar selama tiga tahun kariernya hanya kalah dari manajer sebelumnya, Pep Guardiola (14 gelar) dan Johan Cruyff (11 gelar). Enrique memang gagal mengakhiri musim ini dengan trofi bergengsi, namun dirinya memilih mengapresiasi penggemar yang selalu setia mendukung mereka.

“Jika ada yang mengatakan saya memenangkan sembilan dari 13 trofi, saya akan sangat senang. Saya telah diberi 100% oleh tim saya dan saya juga memberikan 100% untuk mereka. Saya pikir takkan ada yang mencemooh saya untuk itu.”

“Bukan Liga Champions atau La Liga, tapi para penggemar menghargai usaha kami sepanjang musim ini. Banyak manajer yang akhirnya dipecat setelah hasil yang kurang bagus, jadi ini merupakan cara terbaik untuk pergi,” ujarnya dikutip dari Daily Independent.

Lebih lanjut, pria yang pernah melatih AS Roma ini juga memuji kontribusi Messi dalam kemenangan timnya. Ia menyebut Messi seperti tak pernah habis.

“Messi adalah pemain yang luar biasa dalam segala aspek dan saya beruntung bisa melihat versi terbaik dari dirinya. Tak diragukan lagi dia adalah pesepakbola kelas wahid dan untuk bisa seperti itu anda harus mengontrol setiap aspek anda dan kuat secara fisik. Dia sangat merawat tubuhnya sendiri, dan tentu kita masih akan melihat lebih banyak lagi dari Messi,” ujar Enrique mengenai Messi dikutip Reuters.

Pelatih baru Barca direncanakan akan diumumkan pada hari Selasa (30/5/2017). Enrique pun memberikan nasihat kepada pelatih baru Barca agar tetap menikmati setiap pertandingannya. Ia juga sempat berseloroh jika dirinya ingin mencoba olahraga lain.

“Saya tak tahu apa yang akan saya lakukan ke depannya. Mungkin saya akan berganti olahraga dan melatih di olahraga lain. Saya juga cukup baik di olahraga lain,” seloroh Enrique dilansir ESPN FC.

(AP)

Komentar