Bandingnya Ditolak, Messi Harus Jalani Hukuman 21 Bulan Penjara

Berita

by redaksi 71075

Bandingnya Ditolak, Messi Harus Jalani Hukuman 21 Bulan Penjara

Banding Lionel Messi untuk hukuman penjara 21 bulan terhadap dirinya ditolak oleh pengadilan tinggi Spanyol. Sebelumnya, mega bintang Barcelona tersebut tersandung kasus penggelapan pajak bersama ayahnya, Jorge Messi sebesar 4,1 juta euro pada 2007 lalu. Setelah bandingnya ditolak, Messi juga harus membayarkan denda 2,1 juta euro.

Meski begitu, hukuman Jorge akhirnya dikurangi menjadi 15 bulan setelah ia beritikad baik mengembalikan uang penggelapan tersebut ke petugas pajak. Baik Messi maupun Jorge saat ini belum menjalani hukuman penjaranya, karena berdasarkan hukum Spanyol, seseorang yang terkena pidana bukan kekerasan kurang dari 2 tahun penjara bisa menjalani hukumannya dengan ‘percobaan’ selama dua bulan dan tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya.

Juru bicara kesebelasan Barcelona, Josep Vives, menyuarakan dukungan untuk Messi mewakili segenap pemain dan staf-staf Barca agar bisa menyelesaikan kasusnya dengan baik.

“Kami sekali lagi menegaskan dukungan penuh kami kepada Leo Messi, ayahnya Jorge Messi dan keluarganya. Siang ini, presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu, telah menghubungi keluarga Messi untuk memberikan dukungan ini. Mereka sangat berterima kasih tak hanya melalui sikap kami, namun juga bantuan dari kami selama ini yang mereka terima. Kami akan terus berdiri bersama Leo Messi, ayahnya dan keluarganya,” ujar Vives untuk Messi dikutip dari ESPN FC.

Messi dan ayahnya dituduh menipu sebuah kantor pajak Spanyol sebesar 4,1 juta euro pada 2007 silam dengan menggunakan jaringan perusahaan berbasis di Belize, Swiss dan Uruguay untuk menghindari pajak dari pendapatan hak gambar pemain. Saat sidang pertamanya pada 2016 lalu, Messi menegaskan sama sekali tak terlibat dalam praktik tersebut dan hanya fokus pada sepakbola.

Lionel Messi bergabung dengan akademi La Masia pada tahun 2000 sejak usia 13 tahun. Ia memulai debut kompetitifnya pada 2004 saat berusia 17 tahun dan kini ia telah mencetak 506 gol dari 584 penampilannya. Messi juga memenangkan lima penghargaan Ballon D’or sepanjang kariernya. Bersama Barcelona, ia telah memenangkan delapan gelar La Liga dan empat gelar liga Champions.

Saat ini, Messi tengah dalam perbincangan karena belum menandatangani perpanjangan kontrak bersama Barcelona. Ia masih memiliki sisa kontrak hingga Juni 2018 mendatang. Pihak klub sendiri menyatakan yakin bisa mempertahankan Messi dan mengklaim kesepakatan sudah tercapai.

(AP)

Komentar