Persiba Kembali Bermarkas di Balikpapan

Berita

by redaksi

Persiba Kembali Bermarkas di Balikpapan

Persiba Balikpapan akhirnya bisa menggelar pertandingan kandang di Balikpapan. Kepastian tersebut didapat setelah klub berjuluk “Beruang Madu” itu diizinkan kembali menggunakan Stadion Persiba Parikesit sebagai home ground mereka di Liga 1. Surat permohonan peminjaman kembali Stadion Parikesit kepada PT Pertamina selaku pemilik lahan tersebut baru mendapatkan respon positif.

Surat permohonan itu mendapat tanggapan melalui surat resmi dari PT Pertamina nomor E15000/2017/SO, disebutkan bahwa Pertamina menyetujui permohonan Persiba untuk meminjam kembali Stadion Parikesit untuk pertandingan kandang di Liga 1 Indonesia 2017 dari tangga 1-30 Juni mendatang, dengan syarat pengurus Persiba menandatangani kesepakatan kerja sama.

Pengurus Persiba, Ryan Chong, bersyukur atas kepastian timnya bisa kembali merumput di Balikpapan. Tak lupa Ryan juga berterima kasih kepada aparatur pemerintahan dan seluruh masyarakat Balikpapan yang sudah memberikan dukungannya agar Persib bisa berkandang kembali di Balikpapan.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian masyarakat Balikpapan, juga Pak Walikota yang telah memperjuangkan agar kami bisa kembali bermain di Balikpapan. Akhirnya Pertamina setuju untuk meminjamkan kembali Stadion Parikesit,” ucapnya seperti dilansir dari official media Persiba.

Skuat asuhan Milomir Seslija itu bisa langsung menggunakan Stadion Parikesit saat menjamu Borneo FC, Sabtu (3/6) mendatang. “PT LIB sudah memberi tahu kami apa saja yang harus kami benahi sebelum menggelar pertandingan di Stadion Parikesit. Tentunya itu kami perhatikan betul, dan beberapa poin di stadion tersebut akan kami benahi,” tegasnya.

Musim 2017 tampaknya menjadi musim yang berat bagi Persiba. Sejak pekan pertama Hingga berakhirnya pekan ke-7 Liga 1 Indonesia 2017 “Beruang Madu” harus memainkan laga kandangnya di Stadion Gajayana, Malang. Hal tersebut bukan karena sanksi partai usiran, namun lebih karena belum adanya stadion yang memenuhi kriteria untuk menggelar pertandingan Liga 1 di Balikpapan.

Persiba yang selalu menggunakan Stadion Parikesit sebagai home ground mereka harus terusir ke Malang karena adanya pembangunan di kawasan tersebut yang dilakukan PT Pertamina sebagai pemilik lahan area Stadion Parikesit. Akibatnya mereka harus terusir, karena selain itu Stadion Batakan yang akan menjadi markas baru mereka, belum rampung proses pengerjaannya.

Bisa Menjadi Awal yang Bagus Bagi Persiba

Kembali bertanding di Balikpapan tentu menjadi angin segar bagi Marlon da Silva dan kawan-kawan untuk lebih bersemangat lagi mengarungi kompetisi musim ini. Maklum, Persiba masih tertahan di posisi juru kunci klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017. Dengan adanya kabar bahwa mereka kembali ke Balikpapan harusnya menjadi motivasi lebih untuk merangkak keluar dari jurang degradasi.

Sampai pada pekan ke-7 Liga 1, Persiba juga menjadi satu-satunya tim yang belum pernah memetik kemenangan. Bahkan pada pertandingan terakhinya melawan Persipura Jayapura, mereka takluk 0-2. Padahal dalam partai tersebut mereka berstatus sebagai tuan rumah.

Trend negatif Persiba pada musim ini bisa disebabkan pula karena terusirnya mereka dari Balikpapan. Sebab selama bertanding di Stadion Gajayana sebagai home base selama Liga 1, mereka tidak pernah mendapat dukungan langsung supporter fanatiknya. Hal yang tentunya tidak mengenakan bagi para penggawa Persiba, karena bila mereka bertanding di Balikpapan pasti ceritanya akan berbeda.

Biar bagaimanapun dukungan supporter sangat dibutuhkan untuk memompa semangat dan motivasi bertanding para pemain di lapangan, juga memberikan tekanan pada lawan. Peran supporter sangat penting bagi sebuah kesebelasan, saking pentingnya bahkan dalam sepakbola sebuah adagium menyebut bahwa supporter adalah pemain ke-12.

Namun sebelum menjalani pertandingan perdana di Stadion Parikesit melawan Borneo FC, mereka harus terlebih dahulu menjalani partai tandang melawan Semen Padang di Stadion H. Agus Salim, Padang, Senin (29/5). Ryan menambahkan away ke Padang timnya membawa 20 pemain.

“Sementara yang tidak dibawa ke Padang akan langsung diberangkatkan ke Balikpapan pada Sabtu (27/5). Setelah melawan Semen Padang, semua pemain akan kembali ke Balikpapan, berkumpul dan langsung bersiap untuk menghadapi Borneo di pekan ke-9. Kami, bersyukur bisa kembali lagi ke Balikpapan. Semoga ini menjadi awal yang bagus,” katanya.

(SN)

Komentar