Pesta Perayaan Gelar Bundesliga Bayern dan Penghormatan untuk Philipp Lahm

Berita

by redaksi

Pesta Perayaan Gelar Bundesliga Bayern dan Penghormatan untuk Philipp Lahm

Bayern Munchen sudah memastikan gelar Bundesliga kelima beruntun beberapa minggu sebelumnya. Namun, pada laga terakhir Bundesliga tadi malam, ada perayaan spesial selain merayakan titel liga mereka yakni Philipp Lahm yang resmi mengakhiri kariernya bersama The Bavarians usai membantu Munchen mengalahkan Freiburg 4-1.

Kapten Munchen itu dimainkan 90 menit penuh dan fans terus meneriakkan namanya sepanjang pertandingan sambil berterima kasih atas jasanya selama ini. Tak hanya bersama Bayern, Lahm juga menjadi pemain andalan bersama timnas Jerman dimana ia turut membawa Jerman juara Piala Dunia 2014 dan mencatatkan 113 penampilan.

“Tentu perasaan saya hari ini bercampur aduk, merayakan [kemenangan] bersama mereka untuk terakhir kalinya. Hari ini adalah hari yang emosional. Saya telah mengalami begitu banyak,” tukas Lahm dikutip dari NBC Sports.

Lahm telah menjalani 16 tahun kariernya yang sebagian besar dihabiskan bersama Munchen. Telah tampil sebanyak 517 kali bersama Munchen, ia menjadi salah satu fullback kreatif dan presisi di Jerman. Ia tak pernah mengandalkan agresivitas dalam menekel lawan. Menariknya, sepanjang kariernya Lahm tak pernah menerima satupun kartu merah baik langsung maupun akumulasi kartu.

“Saya telah merasakan pengalaman luar biasa bersama para fans dan tim ini. Ini adalah hidup saya untuk berada di lapangan dan khususnya menikmati masa-masa saya bersama para staf tim. Saya tentu akan merindukannya. Saya tak sabar menantikan masa setelah disini, namun hari ini akan menjadi terakhir kalinya saya bersama mereka.”

“Saya selalu melihat sepakbola sebagai permainan kolektif; mencetak gol untuk fans dan staf. Saya rasa itulah yang akan saya rindukan. Beberapa hari terakhir ini saya menjalani latihan [bersama Munchen] tapi hari ini sangat emosional. [Merupakan momen] sangat menyentuh jika rekan-rekan anda berterima kasih atas jasa anda. Saya beruntung telah diberkahi banyak momen hebat tidak hanya bersama tim tapi juga fans dan staf. Sulit dipercaya,” ujar Lahm dilansir ESPN FC.

Kiper gaek Juventus, Gianluigi Buffon turut menyampaikan ucapannya kepada Lahm yang resmi mengakhiri karier semalam. Kiper asal Italia tersebut menyebut Lahm adalah pemain yang penuh determinasi.

Usai pertandingan, pesta pun dimulai ketika para pemain Bayern dan stafnya meneguk segelas bir serta menyiramkannya kepada sesama pemain maupun kepada wartawan yang meliput. Lahm juga tak luput dari ‘siraman’ bir tersebut. Perayaan berlanjut di Marienplatz dan nyanyian untuk sang kapten terus dilantunkan. Ini membuktikan sosok Lahm menjadi sosok yang akan dirindukan ketegasannya di lini belakang. Selamat menjalani pensiun, Philipp Lahm!

(ap)

Komentar