Bibiana Steinhaus Jadi Wasit Perempuan Pertama di Bundesliga Musim Depan

Berita

by redaksi

Bibiana Steinhaus Jadi Wasit Perempuan Pertama di Bundesliga Musim Depan

Bundesliga akan kedatangan wasit baru musim depan. Bibiana Steinhaus akan menjadi wasit perempuan pertama dalam sejarah Bundesliga setelah namanya masuk dalam daftar resmi wasit untuk Bundesliga musim depan. Perempuan berusia 38 tahun ini sebelumnya memimpin partai liga divisi kedua Jerman selama sepuluh tahun.

Steinhaus telah memimpin laga resmi di divisi kedua Bundesliga [2. Bundesliga] sejak 2007. Ia juga memiliki pengalaman memimpin di laga internasional termasuk laga final Piala Dunia Perempuan 2011 dan final Sepakbola Perempuan Olimpiade London 2012 lalu. Ia juga akan memimpin laga puncak Liga Champions Eropa Perempuan yang mempertemukan dua kesebelasan Prancis, Lyon dan Paris-Saint Germain pada 1 Juni mendatang.

“Ketika Lutz Michael Frohlich [ketua wasit Jerman] menghubungi saya [jadi wasit di Bundesliga], saya sempat tak bisa berkata-kata. Saya sempat tak percaya tapi juga bahagia, lega dan penasaran akan tantangan ini – sungguh sebuah emosi yang campur aduk!” ujar Steinhaus dikutip dari situs resmi Bundesliga.

“Menjadi wasit di Bundesliga selalu menjadi mimpi bagi saya. Ketika itu jadi kenyataan jelas membuat saya bahagia. Di satu sisi, ini menjadi pengakuan atas kerja keras saya selama ini, namun di sisi lain ini juga menjadi insentif agar saya bekerja lebih keras lagi," tegasnya dilansir The Sun.

Steinhaus pernah merasakan pengalaman ganjil selama menjalani karier sebagai wasit. Apalagi di era sepakbola modern ini, masih ada yang mengidentikkan “sepakbola hanya untuk pria saja”. Tujuh tahun lalu, ketika Steinhaus memimpin laga antara Hertha Berlin melawan Alemania Aachen (berakhir imbang tanpa gol), Bek Hertha Berlin, Peter Niemeyer tertangkap kamera tak sengaja menyentuh dada kiri Steinhaus.

Meski demikian, hal itu tak berbuntut panjang karena Niemeyer awalnya berniat ingin menepuk punggungnya namun tak menyadari posisi Steinhaus sedikit lebih jauh dari yang ia perkirakan.

Namun, perempuan yang pernah berprofesi sebagai polisi ini juga pernah membuat pelatih sekaliber Pep Guardiola, yang kala itu masih membesut Bayern Muenchen `bertekuk lutut`. Saat Pep memprotes salah satu keputusannya, Steinhaus tetap tenang meski Guardiola sempat menyentuh pundaknya sambil mengusir mantan pelatih Barcelona tersebut dengan halus.

Usai dirinya dipilih untuk jadi wasit Bundesliga musim depan, ia mengaku siap menghadapi tekanan ke depan di kompetisi tertinggi Jerman tersebut.

“Ini adalah target besar bagi siapapun, baik pria atau perempuan untuk bisa memimpin laga di Bundesliga. Saya telah bekerja keras selama beberapa tahun terakhir, dan sempat mengalami penurunan karier. Saya siap menghadapi tekanan [sebagai wasit perempuan pertama di Bundesliga] tersebut dan saya yakin bisa mempertahankan posisi saya di Bundesliga,” tandas Steinhaus dilansir ESPN FC.

Komentar