Gelar Juara Ligue 1 Hampir Pasti Jadi Milik Monaco

Berita

by redaksi

Gelar Juara Ligue 1 Hampir Pasti Jadi Milik Monaco

AS Monaco hampir memastikan diri sebagai penguasa Prancis usai menaklukkan Lille 4-0. Dua gol Radamel Falcao, satu masing-masing dari Bernardo Silva dan gol bunuh diri bek Lille, Junior Alonso membuat Monaco semakin dekat mengangkat trofi Ligue 1. Namun, kemenangan Paris Saint Germain 5-0 atas Saint-Etienne secara matematis menunda perayaan Monaco sementara sampai pertandingan berikutnya.

Monaco sendiri hanya butuh satu poin lagi dari dua laga tersisa untuk memastikan gelar Ligue 1 pertama mereka sejak 2000 silam dengan mengemas 89 poin, unggul tiga poin dari PSG dengan 86 poin. Sepanjang sejarah, Monaco sudah memenangkan tujuh gelar liga (1961, 1963, 1978, 1982, 1988, 1997, dan 2000).

PSG membutuhkan keajaiban karena hanya menyisakan satu laga lagi. Meski demikian, peluang PSG bisa dikatakan hampir mustahil untuk naik ke puncak klasemen karena Monaco memiliki keuntungan selisih gol besar (17 gol). Ini artinya, PSG harus berharap Monaco kalah telak di dua laga terakhirnya lalu PSG menang dengan skor telak.

Pelatih Monaco, Leonardo Jardim, menyatakan takkan lengah sedikitpun meski baru saja menang besar atas Lille. Ia meminta anak asuhnya untuk memenangkan satu laga yang akan menentukan titel mereka dan tetap mengincar kemenangan.

“Kami meminta pendukung kami untuk datang pada hari Rabu. Kami harus mendapatkan poin yang kami butuhkan dan tidak menunggu sampai hari terakhir. Saya sangat menghormati sepakbola. Saya di sini bukan untuk bercanda – saya meminta pemain saya untuk melakukan satu usaha terakhir,” tegas Jardim dilansir USA Today.

Striker Monaco, Valere Germain, juga menegaskan perjuangan timnya belum selesai meski sudah sangat dekat [menuju gelar]. “Selama kami belum memastikan gelar di tangan, kami belum bisa merayakannya.”

Sementara itu, kemenangan ini menjadi pencapaian tersendiri bagi Radamel Falcao yang kembali mencetak 30 gol dalam satu musim di semua kompetisi. Terakhir kali Falcao mencapai torehan ini adalah saat masih berseragam Atletico Madrid musim 2012/13 silam dengan 34 gol. Pencapaian tertingginya adalah saat musim 2010/11 dengan torehan 38 gol bersama Porto.

Komentar