Persaingan Palace, Swansea, dan Hull Menghindari Degradasi

Berita

by redaksi

Persaingan Palace, Swansea, dan Hull Menghindari Degradasi

Liga Primer Inggris mendekati akhir musim. Chelsea hampir dipastikan menjadi juara musim ini dan hanya perlu satu kemenangan lagi pada dinihari nanti melawan West Bromwich Albion. Namun, ada satu persaingan yang tak kalah seru mempertaruhkan reputasi kesebelasan mereka. Crystal Palace (38 poin di klasemen), Swansea City (35), dan Hull City (34) kini tengah dalam persaingan sengit menghindari zona degradasi.

Sebelumnya, Hull City ditaklukkan Sunderland di markas sendiri 0-2, sementara Swansea menaklukkan Everton 1-0 untuk menghidupkan peluang menjauhi zona merah. Kekalahan Hull sementara membuat mereka berada di posisi ke-18, strip terakhir menuju Divisi Championship dan terpaut satu poin dari Swansea. Swansea selanjutnya akan menjamu Sunderland yang sudah terdegradasi. Sementara, Hull City akan melawan Crystal Palace yang juga berjuang keluar dari zona degradasi.

Pasukan Sam Allardyce saat ini mengemas 38 poin, terpaut tiga poin dari Swansea. Palace sempat menggebrak dengan meraih enam kemenangan dalam delapan pertandingan beberapa pekan yang lalu, termasuk kemenangan melawan Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Namun, tiga kekalahan beruntun setelahnya membuat nasib mereka kembali di ujung tanduk.

Jika Palace kalah dari Hull, posisi mereka akan semakin terancam karena harus memainkan laga terakhir untuk memastikan posisi mereka. The Eagles akan melawat ke markas Manchester United pada laga pamungkas mereka di pekan ke-38. Laga pamungkas Hull City juga berat, yakni bertandang ke Tottenham Hotspur. Sementara Swansea City menjamu West Bromwich Albion.

Manajer Swansea, Paul Clement, menyatakan kesebelasannya harus membuat Hull kesulitan dan kembali memanfaatkan momentum jika mereka terpeleset lagi.

“Bermain sesudah Hull [kalah] saat itu menguntungkan kami. Kali ini, kami harus memanfaatkan peluang ini karena kami bermain lebih dulu. Kami punya motivasi dan kami tahu rasanya saat akan menghadapi Everton kala itu. Jika kami menang, maka kami akan membuat Hull kesulitan, tapi kami harus mendapatkannya terlebih dahulu karena jika tidak, kami akan memberikan keuntungan itu buat mereka,” ujarnya soal zona degradasi dilansir BBC Sport.

Swansea berpeluang menjauh sebanyak empat poin jika mereka menang melawan Sunderland, yang sudah dipastikan terdegradasi bersama Middlesbrough, pada Sabtu ini (13/05). Mereka bisa saja tertinggal lima poin jika saja Swansea gagal taklukkan Everton dan Hull taklukkan Sunderland minggu lalu.

Sementara itu, manajer Hull City, Marco Silva, menegaskan dirinya takkan menyerah untuk menghindari degradasi melawan Crystal Palace. Kekalahan dari Crystal Palace akan membuat mereka terdegradasi dan Swansea menang. Hasil imbang juga tak menjamin Hull masih bertahan di Liga Primer. Kemenangan adalah satu-satunya jalan bagi Hull untuk mempertahankan kans berada di Liga Primer.

“Ini terasa seperti laga final bagi kami. Ketika kami keluar dari posisi tiga terbawah, saya katakan kepada mereka; berjuang sampai akhir. Itu pendapat saya dan kami akan berjuang. Saya percaya dengan tim ini,” ujar Silva yakin dikutip dari Belfast Telegraph.

Di sisi lain, Sam Allardyce, arsitek Crystal Palace berharap rekor pertemuan dengan Hull City dapat menjadi keuntungan mereka. Palace setidaknya butuh satu poin lagi untuk memastikan tetap berada di Liga Primer.

“Tidak kebobolan menjadi penting bagi kami. Mereka (Hull) harus menang, sedangkan kami cukup imbang. Apapun yang terjadi, bermain atau tidak, hasil tetap menentukan. Jika kami harus mendapatkan hasil buruk, maka itulah yang akan kami terima,” ujar Allardyce dikutip dari Daily Mirror.

Newcastle United dan Brighton & Hove Albion sudah memastikan tiket Liga Primer musim depan. Laga play-off Championship akan bergulir mulai besok untuk satu tempat terakhir. Play-off ini memiliki sistem semi-final dua leg dan final di Wembley. Semi-final mempertemukan Reading melawan Fulham dan Sheffield Wednesday melawan Huddersfield Town.

jadi, kira-kira siapa satu kesebelasan lagi yang akan terdegradasi dari Liga Primer dan satu kesebelasan lagi yang akan promosi ke Liga Primer? Selain perebutan juara dan posisi empat besar, pertarungan promosi dan degradasi ini juga patut dinantikan.

Komentar