David Luiz Kini Sudah Lebih Dewasa

Berita

by redaksi

David Luiz Kini Sudah Lebih Dewasa

Bek Chelsea asal Brazil, David Luiz, menilai dirinya kini sudah lebih dewasa dibanding saat musim pertamanya bersama Chelsea 2011 lalu. Ia menambahkan kombinasi kedewasaan, kerja keras, kepercayaan menjadi atribut dirinya saat ini. Luiz menuturkan ia mendapatkan itu semua berkat perjalanan kariernya selama ini yang sudah merasakan dilatih oleh beberapa pelatih berbeda.

Di usianya yang ke-30 kini, ia telah berubah menjadi pemain yang lebih baik dari sebelumnya. Pengalaman juga berperan besar menjadi guru yang paling baik dalam perubahan dirinya.

“Anda harus seperti itu [berubah] jika anda orang biasa. Saya rasa pengalaman memberikan anda banyak hal, dan sebagai pesepakbola dan orang biasa, anda harus seperti itu jika ingin belajar dan ingin terbuka,” ujar Luiz soal transformasi dirinya dilansir Sky Sports.

“Saya bisa membaca banyak pertandingan sekarang, saya lebih mengerti pola pertandingan, dan sekarang tekanan yang saya rasakan di pertandingan besar sudah berbeda. Jika anda ingin memperbaiki diri, anda harus berpikir anda adalah pemain yang lebih baik dari sebelumnya. Saya sudah bekerja dengan banyak pelatih berbeda, dari berbagai liga dan negara dan mereka turut membantu saya jadi lebih baik.”

Luiz juga ditanyakan apakah Liga Inggris kini sudah berbeda dari saat ia pertama kali mencicipi kompetisi tersebut 2011 lalu.

“Saya rasa intensitasnya masih sama seperti dulu, dan level persaingannya pun sama, karena selalu antara enam atau tujuh tim yang memperebutkan gelar [Liga Primer]. Saya tak melihat banyak perbedaan sekarang,” ujarnya soal Liga Primer dilansir Goal.com.

Luiz juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah bermain dengan formasi tiga bek ala Antonio Conte saat muda dulu dan dengan polesan Conte, dirinya kini menjadi pemain yang lebih kuat di belakang.

“Saya mulai bermain pada formasi ini [3-4-3] sejak saya masih kecil, sudah lama sekali, dan sekarang saya kembali lagi untuk bermain di formasi ini. Pada formasi ini, anda bekerja banyak secara taktis, dan [Antonio] Conte memberikan saya banyak saran untuk membaca pertandingan.”

Jelang akhir musim ini, tekanan akan semakin besar mengingat Chelsea yang sudah semakin dekat dengan gelar Liga Primer. Namun, Luiz menyatakan tekanan tersebut wajar jika bermain untuk klub besar.

“Saya rasa anda harus menikmatinya, anda harus menikmati hidup yang dijalani, jadi kita harus menikmatinya selagi bisa. Tentunya bagus jika kita dalam tekanan, itu artinya kita sedang memperjuangkan sesuatu yang besar,” tutup Luiz dikutip dari Sky Sports.

Komentar