Langkah Terjal PSG Meraih Gelar Juara Prancis

Analisis

by redaksi

Langkah Terjal PSG Meraih Gelar Juara Prancis

Memasuki bulan Mei, umumnya kompetisi-kompetisi elite Eropa sedang memasuki pekan-pekan krusial. Sebab, kompetisi hanya tinggal menyisakan kurang lebih satu bulan lagi sebelum berakhir. Umumnya, klub-klub di Eropa saat ini tengah gancar-gencarnya memburu kemenangan untuk bisa menjadi juara, lolos ke kompetisi Eropa, atau menghindar dari ancaman degradasi.

Namun, tidak semua kompetisi di eropa menawarkan persaingan sengit perebutan juara hingga akhir musim. Bundesliga menjadi salah satu kompetisi yang satu bulan sebelum berakhir telah menelurkan juaranya. Bayern Muenchen, didapuk sebagai kampiun Bundesliga musim 2016/2017. Posisi Muenchen dipuncak klasemen memang sudah tidak bisa diganggu lagi.

Tim asuhan Carlo Ancelotti itu unggul 22 poin dari RB Leipzig yang menguntit diposisi dua. Mustahil rasanya bagi Timo Werner dan kawa-kawan bisa menyusul raihan poin “The Bavarian” meski kompetisi masih tersisa tujuh laga.

Meski begitu, beberapa kompetisi seperti Liga Primer Inggris atau bahkan Ligue 1 Prancis masih menawarkan nuansa persaingan sengit bagi para kontestannya untuk meraih gelar juara. Lupakan sejenak Liga Primer Inggris, yang dari musim ke musim memang dikenal sebagai kompetisi kompetitif.

Sebab, lebih menarik untuk melihat peta perburuan gelar di Ligue 1. Kompetisi level tertinggi sepakbola Prancis itu, dalam beberapa tahun terakhir memang tidak terlalu menarik untuk diikuti. Maklum, sebelum kompetisi berakhir, atau bahkan di awal musim orang-orang sudah yakin kalau Paris Saint Germain (PSG) bakal menjadi kampiun Ligue 1.

Prediksi tersebut selalu saja menjadi kenyataan, bahkan dalam empat tahun kebelakang ini. Dalam empat musim terakhir PSG memang menjadi raja sepakbola Prancis. Tidak ada tim yang mampu mengalahkan dominasi klub berjuluk “Les Parisiens” itu di kompetisi domestik.

Pada musim lalu, saat kompetisi masih menyisakan delapan pertandingan. Hal tersebut, membuat PSG didaulat sebagai peraih gelar liga tercepat di antara klub-klub pada 5 kompetisi top Eropa (Premier League, La Liga, Serie A, Bundesliga, Ligue 1).

Namun pada musim 2016/2017 kondisinya berbeda. Sekarang, PSG justru terdampar di posisi dua klasemen Ligue 1 dibawah AS Monaco, dengan selisih tiga poin. Langkah mereka untuk meraih titel Liga Prancis untuk kali ke-5 secara beruntun terasa berat musim ini. Maklum, selain selisih tiga poin, Monaco juga unggul satu pertandingan dari PSG. Sehingga, bila Monaco mampu menyapu bersih empat laga tersisa, maka mereka dipastikan keluar sebagai juara dengan selisih enam poin.

Selain itu, PSG juga saat ini tengah diganggu isu bakal hengkangnya sang arsitek, Unai Emery ke AS Roma. Secara tidak langsung, hal tersebut tentu mengganggu moral Julain Draxler dan kawan-kawan untuk fokus meraih kemungkinan juara musim ini.

Tidak ada cara lain bagi PSG untuk terus melaju meraih kemenangan demi kemenangan di tiga laga tersisa sambil berharap Monaco tergelincir di dua pertandingan yang mereka lakoni. Memang sulit berharap seperti itu, mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi Monaco rata-rata tim papan tengah atau bawah yang di atas kertas bisa dengan mudah mereka kalahkan.

Pada pekan ke-36, Monaco bakal berjumpa Nancy Lorraine yang merupakan penghuni peringkat 19 di klasemen sementara Ligue 1. Melihat statistik, tentu Monaco jauh lebih diunggulkan meraih kemenangan di laga tersebut. Begitu pula dengan calon lawan mereka lainnya seperti LOSC Lille dan ST Etienne. Satu-satunya lawan yang berpotensi menjadi juru selamat bagi PSG adalah Stade Rennes, yang duduk di papan tengah klasemen.

Namun, meski pada akhirnya Monaco kalah dari Rennes, sementara tiga lainnya berhasil mereka menangkan, skuat asuhan Leonardo Jardim itu tetap menjadi juara Ligue 1, karena unggul tiga poin atas PSG.

Tentu, ini bukan situasi yang menguntungkan bagi PSG. Namun, peluang masih tetap terbuka bagi Marco Veratti cs untuk memenangkan title pada musim ini. Sebab, Monaco masih harus membagi konsentrasi di Liga Champions. Ya, setelah menyingkirkan Manchester City di babak perempatfinal, tim berjuluk “Les Rouges et Blancs” itu berhak mendapatkan satu tempat di babak semifinal melawan Juventus. (SN)

Pertandingan terakhir AS Monaco di Ligue 1

Monaco vs Nacy Lorraine

Monaco vs LOSC Lille

Monaco vs Stade Rennes

Monaco vs ST Etienne

Pertandingan terakhir PSG di Ligue 1

PSG vs Bastia

PSG vs ST Etienne

PSG vs Caen

Komentar