Kado Spesial Ulang Tahun Ke-70 Mendiang Johan Cruyff

Berita

by redaksi

Kado Spesial Ulang Tahun Ke-70 Mendiang Johan Cruyff

Legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff, hari ini merayakan ulang tahunnya ke-70. Sosoknya kini sudah tiada karena penyakit kanker paru-paru yang dideritanya pada Maret 2016 lalu. Namun, pandangannya soal sepakbola modern serta filosofi Total Football yang beliau bawa akan selalu dijadikan pegangan bagi para pelaku sepakbola saat ini.

Untuk merayakan ulang tahunnya ke-70, kesebelasan Ajax Amsterdam akan mengganti nama resmi stadionnya dari Amsterdam ArenA menjadi Johan Cruyff ArenA. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada legenda Ajax dan tim nasional Belanda tersebut. Penggantian nama ini sendiri diumumkan oleh kesebelasan setelah melakukan kesepakatan dengan direksi kesebelasan, direksi stadion, walikota Amsterdam, dan kepala olahraga dan rekreasi Amsterdam.

Johan Cruyff adalah seorang pesepakbola yang terkenal menemukan filosofi Total Football – konsep sepakbola menyerang dan mendominasi lawan secara total, ditemukan oleh Ajax dan Belanda – yang mencapai final Piala Dunia 1974. Cruyff juga merupakan bagian dari tim legendaris Ajax yang memenangkan tiga kejuaraan Eropa pada tahun 1970-an. Selain itu, Cruyff juga bermain selama lima tahun di FC Barcelona yang turut membangun filosofi bermain kesebelasan tersebut hingga sekarang.

Ajax Amsterdam telah memberikan pernyataan resmi soal usulan penggantian nama stadion mereka melalui situs resmi kesebelasan.

“Direksi stadion [Amsterdam ArenA], Direksi kesebelasan Ajax, dan walikota telah menyetujui surat keinginan untuk mengubah nama stadion Amsterdam ArenA menjadi Johan Cruyff ArenA,” ujar pihak kesebelasan melalui situs resminya dikutip dari ESPN FC.

“Dengan perubahan nama tersebut, kami menginginkan yang terbaik untuk pesepakbola terbaik Belanda sepanjang masa atas apa yang telah beliau lakukan untuk mendapatkan penghormatan terbaik. Jordi Cruyff (putra Johan Cruyff) telah menyatakan dia sangat gembira dan terhormat dengan surat keinginan untuk mengubah nama stadion atas nama keluarganya,”

“Rincian soal pengubahan nama akan diberikan berupa kontrak yang akan diserahkan dalam enam bulan ke dewan kota, manajemen serta direksi pengawas stadion dan Ajax,”

“Seluruh pihak yang terlibat yakin ini akan menjadi keadilan bagi kenangan Johan Cruyff dan berharap agar Johan Cruyff ArenA bisa menjadi inspirasi bagi pemain di seluruh dunia,” tutup pihak kesebelasan dilansir situs resmi kesebelasan.

Tak cuma stadion, walikota dan kepala olahraga dan rekreasi Amsterdam juga akan menamai jalan, alun-alun, jembatan dan bagian lain sekitar kota tersebut dengan nama Cruyff. Barcelona juga tak mau ketinggalan memberikan penghormatan mereka dengan mengubah nama stadion tim cadangan mereka menjadi Estadi Johan Cruyff, dilansir Goal.com.

(ap)

Komentar